Indonesia memang mempunyai makanan atau kuliner yang beraneka ragam, dan tentunya pada masing-masing makanan mempunyai ciri khas yang berbeda. Kuliner asal Indonesia memang terkenal memiliki cita rasa yang nikmat. Hal itu berulang kali diakui oleh masyakat dunia. Kue Indonesia selain sangat beragam jenisnya, juga banyak kue yang memiliki nilai filosofis ataupun historis.

Pada setiap negara memiliki berbagai macam kue dengan kelezatan dan bentuk yang berbeda-beda. Variasi tersebut menjadi ciri khas masing-masing kue yang dimiliki oleh berbagai negara. Namun, di antara ragam kue yang ada terdapat beberapa jenis yang diakui sebagai kue yang terenak di dunia.Berikut adalah 5 kue terenak di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber (13/06).

1.Cheesecake, Amerika Serikat.

5 Kue terenak di dunia ini salah satunya dari Indonesia

Cheesecake adalah kue yang menggunakan keju sebagai salah satu bahan utama yang dominan dan biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup. Kue ini dibuat menggunakan keju yang bertekstur lembut, telur, susu, dan gula. Amerika mungkin dikenal sebagai surganya kue penutup makan. Seperti yang dilansir dari laman goodnewsfromindonesia.id (13/09), sampai saat ini Cheesecake yang dianggap paling enak dan memiliki nilai historis. Cheesecake dahulu hanya merupakan gumpalan keju manis yang sudah ada sejak Yunani Kuno. Namun saat ini yang populer adalah kue keju dingin yang baru ada semenjak munculnya krim keju pada tahun 1872 di Amerika Serikat. Sejak saat itu cheesecake menjadi jadi sangat populer.

Kelezatan dari jenis kue yang memiliki bahan utama keju ini tentunya membuat semua orang ketagihan. Teksturnya yang lembut dan dan rasa keju yang manis membuat jenis kue ini menjadi favorit hidangan penutup di mana-mana.

2.Lamington, Australia.

5 Kue terenak di dunia ini salah satunya dari Indonesia

Lamington adalah ikon kue nasional Australia. Kue bolu ini dilapisi cokelat dan taburan kelapa serta punya beragam isian seperti Raspberry. Seperti yang dilansir dari laman qraved.com, kue yang mirip dengan bolu ini tidak sengaja ditemukan oleh Gubernur ke-8 Queensland, Lord. Awal ditemukannya adalah saat salah satu pelayannya tidak sengaja menjatuhkan kue bolu ke dalam cokelat cair. Karena beliau tidak ingin membuangnya, maka kue tersebut dicelupkan ke dalam parutan kelapa agar tidak lengket dan menempel di tangan.

3.Tiramisu, Italia.

5 Kue terenak di dunia ini salah satunya dari Indonesia

Tiramisu berarti "menjemputku" dalam bahasa Italia. Kue ini bercita rasa manis, berkafein, dan bisa ditemukan di hampir semua restoran di Italia. Tiramisu merupakan kue khas Italia yang terbuat dari lapisan kue yang dicelupkan ke dalam kopi dan ditumpuk menggunakan keju mascarpone. Selain rasa yang original dengan rasa kopinya yang khas, kini seiring perkembangan banyak pula yang menyajikannya dengan berbagai paduan rasa seperti stroberi, pistachio, hingga matcha.

4.Black Forest, Jerman.

5 Kue terenak di dunia ini salah satunya dari Indonesia

Di negara asalnya, kue Black Forest ini bernama asli Schwarzwalder Kirschtorte. Seperti yang dilansir dari laman goodnewsfromindonesia.id (13/09), nama tersebut berasal dari nama sebuah liquor di daerah pegunungan Barat Laut di Jerman yang dibuat dari hasil suling buah Ceri. Itu sebabnya Black Forest dengan cita rasa asli umumnya mengandung alkohol.

Kue yang berupa sponge cokelat ini dilapisi krim dan buah ceri segar diatasnya. Black Forest yang sering dijadikan sebagai kue dan hidangan dalam perayaan ulang tahun ini adalah jenis kue khas Jerman yang paling dikenal di dunia.

5. Lapis Legit, Indonesia.

5 Kue terenak di dunia ini salah satunya dari Indonesia

Kue tradisional khas Indonesia yang menjadi salah satu dari kue-kue terenak di dunia versi CNN. Seperti yang dilansir dari situs CNN (24/08), Lapis Legit asli Indonesia dinilai punya cita rasa yang sangat kaya. Kue ini memang sejatinya bukan kekayaan kultur asli Indonesia, namun merupakan kue hasil penyerapan budaya dari kolonial Belanda yang membekas di Indonesia seperti layaknya kue Spikoe. Beberapa bahkan menganggap antara spikoe dan lapis legit adalah kue yang sama.