Di tengah derasnya arus informasi ini, seringkali berita jika mengangkat topik kepolisian yang negatif lebih terkesan lebih heboh dibanding hal positif atau perbuatan baik mereka. Akibatnya perbuatan baik aparat keamanan yang bisa menginspirasi banyak orang justru kurang dapat perhatian dan bahkan jarang orang yang tahu.

Oleh karena itu, berikut nih guys, ada lima kisah dari sekian banyak kisah dari para petugas kepolisian yang menginspirasi dan bikin terharu serta sungguh sangat layak untuk jadi teladan seperti dilansir dari troab.com, Selasa (15/5).

1. Seorang polisi menyewakan dan membayarkan tagihan buat motel bagi sebuah keluarga

5 Kisah inspiratif yang bakal mengubah pandanganmu terhadap polisi

foto : Wood dan Lt. Natt/www.goodnewsnetwork.org

Akibat krisis keuangan, Keluarga Robert Wood terpaksa tidur di mobil ketika kembali dari Oregon ke Alaska. So, kita tahu kan, kalau tidur di mobil, maka mobil mesti diparkirkan. Nah seperti biasa Wood memilih memarkirkan mobilnya di taman kota dan bersiap untuk tidur. Saat itulah Letnan Natt melhat kendaraan tersebut dan menegur Woodkarena gak boleh parkir disana.

Ketika memberikan penjelasan kepada Wood, Letnan Natt ne ngelihat anak-anak Wood tertidur pulas. Tanpa berpikir panjang Natt ngajakin Wood buat ngikutin dia ke sebuah motel. Disana ia memeriksa keluarga Wood. Awalnya keluarga Wood menolak, gimana bisa bayar motel? Nah, Letnan Natt pun berkata bahwa ia akan membayarkan semua tagihan dan bersikeras agar Wood dan keluarganya tinggal di motel saja.

Kebetulan juga karena Universitas Fellowship Church telah memberikan dana khusus untuk Polisi Eugene untuk membantu orang-orang seperti Wood. Letnan Natt memanfaatkan dana tersebut tanpa memikirkan ketenaran tetapi ceritanya yang berjudul "Good Samaritan cop" dipasang di Facebook dan menjadi viral. Saya meneteskan air mata di mata saya, Wood memposting ke Facebook pada 25 Februari 2017 lalu, memuji tindakan kebaikan petugas polisi itu. Bintang keberuntungan yang penuh kasih sayang. Saya meneteskan air mata di mata saya." ungkapnya!

2. Seorang polisi berhenti dan bermain dengan anak-anak

5 Kisah inspiratif yang bakal mengubah pandanganmu terhadap polisi

foto : Petugas Shoihet dengan anak-anak bermain/www.rackcdn.com

Pas masih anak-anak pasti pernah kanbercita-cita jadi polisi walau udah gede bekerja pada bidang yang lain. Polisi begitu keren dengan aksinya! Nah begitupun dengan anak-anak di kecil di tempat perawatan Watt's Gigglez dan Grinz di Murrayville, British Columbia suka menonton mobil polisi yang melintas. Mereka lambai-lambai tangan. Dan mereka makin semangat jika polisi membalas lambaian tangan mereka.

Nah suatu ketika, bukan balasan lambaian tangan aja nih dari polisi ke anak-anak tersebut. Tapi justru petugas polisi yang bernama Shoihet ini turun dari mobil polisinya dan ngehampirin anak-anak tersebut. Dia kemudian gak sekedar ngampirin aja, justru duduk dan bermain bersama anak-anak tersebut! Keren bukan? Hal gini bikin anak-anak tentunya jadi gak takut dan makin seneng deh lihat polisi!

3. Petugas polisi diundang pesta minum teh oleh seorang gadis yang ia selamatkan

5 Kisah inspiratif yang bakal mengubah pandanganmu terhadap polisi

foto : Petugas Ray dengan Bexley/www.s-nbcnews.com

Biasanya, setelah selesai kasus, jarang nih biasanya antara korban dengan petugas bakal tetap berkomunikasi. Namun berbeda dengan cerita ini nih.Kisah ini dimulai pada 25 Juli 2015, seorang anak benama Bexley saat berusia 22 bulan tiba-tiba gak bisa nafas. Ibunya yang gak paham kenapa anaknya tiba-tiba membiru kemudian menelpon 911.

Patrick Ray dari Departemen Kepolisian Rowlet yang ada dekat dengan TKP kemudian menyelamatkan si balita tersebut dengan pertolongan pertama dan kemudian Bexley dibawa ke rumah sakit. Setelah itu, tak terjadi hubungan lagi antara polisi tersebut dengan Bexley hingga setahun kemudian Bexley pengen ngundang petugas polisi yang nyelametin dia dengan mengundang ke acara minum teh.

Petugas Ray tentu senang banget, karena dia yang gak punya anak perempuan merasa beruntung di undang dalam acara minum teh oleh anak yang ia selamatkan. Sebagai apresiasi, Petugas Ray juga ikut etika minum teh dengan Bexley, yakni duduk di kursi kecil! Duh momen yang sangat manis ya?

4. Petugas polisi memasak makanan buat anak dari ibu yang ia selamatkan

5 Kisah inspiratif yang bakal mengubah pandanganmu terhadap polisi

foto : Aksi polisi cuci piring/www.gelestatic.it

November 2015, Departemen Kepolisian Belanda di Eindhoven menerima panggilan darurat dari seorang ibu lima anak yang menderita gula darah rendah (hipoglikemia). Sang ibu kemudian diantarkan ke rumah sakit dan kelima anaknya ditinggal dengan petugas di rumah.

Petugas kepolisian melihat anak-anak tersebut kelaparan dan belum makan, karena ibunya yang sedang sakit gak bisa memasak! Polisi yang tidak disebutkan namanya tersebut kemudian memasakkan telur goreng, roti lapis dan menyiapkan buah untuk kelima anak tersebut. Aksi polisi-polisi tersebut terabadikan dalam foto dari momen mereka dari nyiapin makanan dan cuci piring. Momen tersebut kemudian di upload ke Facebook dan menarik 72.203 orang untuk nge-like dan menarik 6000 komentar yang memuji perbuatan baik para polisi tersebut. Duh bener-bener menyentuh ya?

5. Membantu memotong rumput bagi seorang penyandang disabilitas

5 Kisah inspiratif yang bakal mengubah pandanganmu terhadap polisi

foto : Polisi di Michigan membantu memotong rumput/www.goodnewsnetwork.org

Ketika Petugas Joe Hutson sedang berpatroli, ia melihat seorang pria penyandang disabilitas yang sedang duduk di kursi roda mau memotong rumput. Saat itu ia dan rekannya John Khillah memutuskan membantu pria tersebut. Khillah pergi ke kantor dan mengambil mesin pemotong rumput dan alat pemangkas daun dari Stasiun Keselamatan Publik Kalamazoo. Kedua petugas polisi di Michigan, AS ini kemudian membantu pria penyandang disabilitas tersebut buat memotong rumput. Aksi kedua petugas ini sontak menarik perhatian orang yang melintas dan mereka sangat kagum akan aksi keduanya.

Gimana guys, menginspirasi banget kan aksi-aksi polisi diatas! Tentu masih banyak kisah-kisah keren para polisi seperti mereka di dunia ini!