×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

0

Film

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

Tahun 2019 akan segera berakhir. Suplai karakter jagoan dari gender perempuan di film aksi diharapkan tidak akan berkurang di masa mendatang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

14 / 11 / 2019 09:08

Bagaimana pakem atau standar sebuah film aksi? Biasanya ada jagoan tangguh. Kemudian ada ledakan, benturan, pukulan, tendangan, kejar-kejaran dan sederet lagi aksi seru yang memacu adrenalin. Genre ini tidak lain ditujukan untuk memberikan tampilan hiburan penuh aksi yang membuat penonton menikmati berbagai hal yang buat mereka mustahil (atau sulit) dilakukan dalam hidup.

Kamu mungkin punya mobil keren tapi mencoba kebut-kebutan seperti film-film “Fast and Furious” di kehidupan nyata dengan mobilmu? Jelas bukan tindakan bijaksana. Jadi mendingan kamu nonton film kebut-kebutan mobil saja ketimbang ngebut beneran dan nabrak orang hingga tewas. Benar, kan?

https://www.youtube.com/watch?v=IhdRvRAmfk4

Standar lain film aksi adalah tokoh jagoannya biasa memiliki gender laki-laki. Sejak pita seluloid ditemukan sepertinya hampir 99% film aksi memiliki pola karakter seperti ini. Sejak film hitam putih dan bisu, jagoan film aksi biasanya seorang aktor tampan memesona. Aktor-aktor era klasik keemasan Hollywood seperti John Wayne, Humphrey Bogart, James Dean, Clint Eastwood, hingga era modern masa kini seperti Robert Downey Jr, Chris Evans, Ben Affleck dan Henry Cavill memiliki persamaan: mereka semua adalah laki-laki.

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

Loading...

"Do you feel lucky, punk?!" tanya Dirty Harry alias Clint Eastwood (Sumber gambar: Medium)

Bagaimana dengan wanita? Apakah jagoan wanita dalam film aksi tidak ada?

Well, jika melihat masa lalu, konsep “jagoan perempuan” bukanlah hal normal di perfilman dunia. Wanita masih pada posisi “damsel in distress”; berfungsi sebagai yang diselamatkan dan bukan sebaliknya. Namun zaman dan era senantiasa berubah dan setidaknya dalam dua dekade terakhir terlihat mulai semakin banyak karakter jagoan cewek yang muncul di layar bioskop. Entah siapa yang memulai (“Charlie’s Angels” tahun 2000 atau malah “Terminator 2: Judgment Day” yang merupakan produk 1991?), yang jelas saat ini penonton film aksi di bioskop tidak hanya disuguhi jagoan cowok berotot gede seperti The Rock tapi juga cewek-cewek jago baku gebuk, tembak, serta kebut-kebutan. Beberapa malah punya kemampuan terbang dan menerbangkan apa pun dengan kekuatan pikiran saja! Seram, kan?

Berikut beberapa di antara mereka yang muncul sepanjang tahun 2019 di bioskop-bioskop dunia.

1. Captain Marvel. 

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

(Sumber gambar: Decider)

Dari film: “Captain Marvel”

Sumber asal: buku komik superheroes Marvel

Aktris pemeran: Brie Larson

Jagoan solo dengan kekuatan kosmik luar biasa ini berasal dari buku komik Marvel dan dulu sempat mengalami masalah dalam judul karena “Captain Marvel” tadinya merupakan IP alias properti intelektual DC Comics. Film Captain Marvel merupakan pemanasan sebelum “Avengers  Endgame” yang rilis di tahun 2019 juga.

Karakter pilot pesawat tempur bernama Carol Danvers mengalami kecelakaan dan akibatnya memiliki kekuatan super kosmik dan membuatnya bergabung dengan ras alien di luar angkasa. Bisa dibilang Captain Marvel merupakan karakter superheroes Marvel yang kuat banget. Seharusnya bisa jadi idola baik fans cewek maupun cowok. Tapi sayang aktris pemeran Captain Marvel, Brie Larson, sering melakukan blunder dengan agenda feminis yang dia usung sehingga banyak pihak (terutama pria) tersinggung dengan kata-kata pedas Larson.

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

(Sumber gambar: Yahoo News)

Terlepas dari kontroversi yang dibuat Brie Larson, karakter Captain Marvel akan tetap dikenang sebagai jagoan cewek superheroes Marvel yang keren.

https://youtu.be/nd9AbokphkQ

2. Jean Grey. 

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

(Sumber gambar: Inverse)

Dari film: “X-Men: Dark Phoenix”

Sumber asal: buku komik superheroes Marvel

Aktris pemeran: Sophie Turner

Sophie Turner mungkin lebih kamu kenali sebagai anak perempuan Ned Stark, alias Sansa, dari saga “Game of Thrones” HBO. Tapi di film bioskop, Turner memerankan karakter komik paling ‘imba’ dari serial X-Men.

Sebagai Dark Phoenix, Jean Grey merupakan karakter yang mampu mengguncang semesta dengan kekuatan kosmik. Mutant ini punya potensi lebih untuk dikelola dalam cerita sehingga pasca deal Fox dan Disney fans X-Men berharap karakter ini, bersama X-Men lain yang populer seperti Logan/Wolverine, bisa masuk ke Marvel Cinematic Universe sehingga makin melebarkan semesta Marvel di jagat film superheroes dunia.

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

(Sumber gambar: X-Men Films)

Tapi dengan flop-nya film Dark Phoenix tampaknya harapan tadi masih harus disimpan dulu.

https://youtu.be/42phqLyDnwM

3. Scarlet Witch/Wanda Maximoff.

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

(Sumber gambar: The News)

Dari film: “Avengers Endgame”

Sumber asal: buku komik superheroes Marvel

Aktris pemeran: Elizabeth Olsen

Karakter Scarlet Witch lahir di era ‘60an lewat komik X-Men. Sepanjang beberapa dekade kemudian Scarlet Witch mengalami beberapa kali rombak ulang desain hingga latar belakang. Memulai karir di buku komik sebagai mutant supervillain, belakangan Scarlet Witch lebih sering diplot sebagai bagian Avengers. Yang secara otomatis menjadikannya sebagai superhero ketimbang supervillain seperti sebelum-sebelumnya. Di film Avengers: Endgame penonton dapat menyaksikan emosi dan kekuatan dahsyat Wanda; hal wajar karena dia kehilangan orang-orang yang dicintai.

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

(Sumber gambar: Hollywood Reporter)

Karakter Scarlet Witch merupakan mutant di origin awalnya seperti X-Men. Tak heran dia memiliki power dahsyat seperti yang terlihat baik di komik maupun film.

https://youtu.be/L-U55CTScfU

4. Sarah Connor. 

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

(Sumber gambar: Red Bull)

Dari film: “Terminator: Dark Fate”

Sumber asal: film “Terminator” dan “Terminator 2: Judgment Day”

Aktris pemeran: Linda Hamilton

Film Terminator: Dark Fate mungkin tidak sesukses yang diharapkan banyak pihak. Banyak hal bisa disalahkan; tapi sepertinya tidak untuk Linda Hamilton yang berperan bagus sebagai Sarah Connor. Sarah Connor adalah gambaran jagoan perempuan tangguh karena terpaan masalah dan cobaan sepanjang hidup. Mulai dikenal lewat film “The Terminator” (1984), Sarah Connor terus berjuang bertahan hidup melawan berbagai cyborg terminator yang dikirim dari masa depan untuk menghabisi dia dan putranya John.

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

(Sumber gambar: SoraNews24)

Cyborg Terminator mungkin berhasil dalam banyak misi mereka kecuali satu: “Terminating Sarah Connor”.

https://youtu.be/2GTXXVGegiA

5. Alita. 

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

(Sumber gambar: 20th Century Fox)

Dari film: “Alita: Battle Angel”

Sumber asal: buku komik Jepang/manga “Gunnm”

Aktris pemeran: Rosa Salazar

Secara pribadi, inilah karakter cewek jagoan dalam film 2019 paling keren buat saya. Paket lengkap! Berasal dari komik Jepang genre cyberpunk rilis di era ‘90an karya Yukito Kishiro-sensei dan berjudul asli “Gunnm”, Alita (dalam versi Jepang bernama Gally) adalah cyborg yang mengalami amnesia dan ditemukan dengan bentuk tubuh tak sempurna di tempat pembuangan sampah oleh Dr. Ido yang kemudian memberikannya tubuh dan nama baru. Menguasai ilmu bela diri “Panzer Kuntz” yang legendaris, Alita berusaha menguak misteri masa lalu hidupnya (sebelum ditemukan Dr. Ido). Ending film Alita: Battle Angel memberikan kesan kalau sekuel film ini bisa terjadi.

5 Jagoan perempuan dari film bioskop dunia tahun 2019

(Sumber gambar: Twitter/AlitaMovie)

Melihat pendapatan film yang sebesar US $404,9 juta dari modal US $170 juta sepertinya hal itu mungkin saja terjadi. Saya harap sih begitu!

https://youtu.be/lZSRgvIKZLo

Tahun 2019 akan segera berakhir dan bisa jadi akan semakin banyak jagoan film aksi perempuan yang bisa kita lihat di layar bioskop nanti. Entah itu dari genre superheroes atau tidak. Kita nantikan saja sama-sama.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red