×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Hidangan khas Lebaran ini enaknya kebangetan, kamu suka yang mana?

0

N/A

5 Hidangan khas Lebaran ini enaknya kebangetan, kamu suka yang mana?

Merayakan Lebaran kian mantap dengan memasak aneka hidangan nikmat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Reta

20 / 05 / 2020 09:20

Nggak terasa, hari kemenangan alias Lebaran sudah di depan mata. Walaupun Lebaran tahun ini harus #dirumahaja, semoga kamu tetap bersemangat. Ngomong-omong soal Lebaran, hidangan khas Lebaran apa nih yang biasanya kamu dan keluargamu masak?

Di bawah ini tersaji 5 rekomendasi hidangan khas Lebaran. Ada makanan berat, ada pula makanan ringan. 

1. Semur.

5 Hidangan khas Lebaran ini enaknya kebangetan, kamu suka yang mana?

Foto: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Semur_Daging_Kentang.JPG#/media/Berkas:Semur_Daging_Kentang.JPG (by Gunawan Kartapranata)

Loading...

Kuahnya berwarna cokelat, rasanya manis serta di dalamnya ada daging, kentang, dan tomat. Bumbunya pun menggunakan campuran rempah-rempah. Hmmm, menggugah selera! Itulah semur, hidangan Lebaran yang biasa ditemui pada masyarakat Betawi.

Tahukah kamu, semur terinspirasi dari masakan Belanda bernama haache? Haache adalah daging rebus yang disajikan dengan kuah cokelat. Rasanya asin. Warna cokelat pada kuah berasal dari kaldu sapi yang salah satu bahan pembuatnya yakni tulang sapi dipanggang terlebih dahulu.

Diperkirakan, orang Betawilah yang bereksperimen menciptakan haache versi Indonesia yang dikenal dengan nama semur. Itu terjadi kala Indonesia masih dijajah Belanda. Kalau haache asin, semur memiliki rasa manis. Kalau kuah cokelat pada haache berasal dari kaldu sapi, kuah cokelat pada semur berasal dari kecap manis.

Tahukah kamu, nama semur berasal dari bahasa Belanda stomen atau smoren? Artinya merebus suatu bahan dalam waktu yang cukup lama dengan api kecil sampai bahan tersebut benar-benar empuk. Dulu, lauk pada semur hanyalah daging, namun kini bisa juga menggunakan ayam, ikan, ataupun bakso.

2. Ayam gagape.

5 Hidangan khas Lebaran ini enaknya kebangetan, kamu suka yang mana?

Foto: https://salamisimon1.blogspot.com/2014/11/jom-kenali-resepi-ayam-masak-lengkuas.html

Kuahnya kental dan berwarna kuning. Rasanya asin dan gurih serta ada campuran santan. Seperti namanya, lauknya berupa ayam. Hmmm, terlihat yummy saat melihat gambar di atas. Kamu mungkin bertanya-tanya, “Mirip opor, ya?”

Ayam gagape memang mirip opor. Bisa dibilang ini adalah opornya orang Makassar. Ya, dari Ibu Kota Sulawesi Selatan tersebutlah hidangan Lebaran ini berasal. Bahan utama untuk memasak ayam gagape sama seperti bahan pada opor, yakni rempah-rempah, santan, dan tentu saja ayam.

Lantas, apakah nggak ada perbedaan antara ayam gagape dan opor? Oh, jelas ada. Ayam gagape menggunakan taburan parutan kelapa, sedangkan opor nggak. Parutan kelapa itu membuat kuah makin kental dan rasa makin gurih. Adalah singkong rebus, makanan yang biasa menjadi pendamping ayam gagape.

3. Sambal goreng kentang.

5 Hidangan khas Lebaran ini enaknya kebangetan, kamu suka yang mana?

Foto: https://devitashiyamawati.wordpress.com/tag/simple-menu/

Berwarna merah. Bisa pedas, bisa nggak. 'Tokoh' utama di sana sudah jelas, apalagi kalau bukan kentang. Saat mencium baunya, rasanya nggak sabar ingin segera mencicipinya. 

Merayakan Lebaran tanpa kehadiran sambal goreng kentang seperti ada yang kurang, ya. Pasti banyak keluarga di Indonesia, mungkin termasuk keluargamu yang memasak sambal goreng kentang untuk disantap bersama saat Lebaran.

Cukup mudah, kok, memasak sambal goreng kentang. Pertama, goreng kentang yang sudah dipotong-potong. Lalu siapkan bahan-bahan untuk membuat bumbu, yakni bawang, cabai, lengkuas, dan lain-lain. Tumis bahan-bahan tersebut dan campurkan dengan kentang goreng. Supaya makin enak, jangan lupa tambahkan rempela atau hati dan petai.

4. Kaasstengels.

5 Hidangan khas Lebaran ini enaknya kebangetan, kamu suka yang mana?

Foto: https://craftlog.com/id/memasak/ext-kue-kering-kastengel-keju-kraft-renyah-gurih-Sjz3

Bentuknya menyerupai kotak. Di atasnya ada taburan keju. Asin. Mantaplah dibuat cemilan. Itulah kaasstengels, camilan hits yang biasa dihidangkan saat Hari Raya, termasuk Lebaran. Kesulitan membaca kaasstengels? Supaya gampang diganti kastengel saja.

Nama asli kastengel adalah kaasstengels yang merupakan bahasa Belanda. Kaas berarti keju dan stengels berarti batang. Artinya kue keju batangan. Di negara asalnya, kastengel berukuan cukup panjang, yakni 30 cm yang mirip baguettes, roti Prancis. Saat diadopsi di Indonesia, ukurannya nggak lagi begitu panjang, hanya sekitar 4 cm.

Dulu, di Belanda, kastengel sempat menjadi pengganti uang. Ketika masyarakat masih hidup dengan sistem barter, kastengel merupakan salah satu barang yang saling ditukarkan karena bahan pembuatnya, yakni keju dianggap sebagai bahan yang berharga.

5. Nastar.

5 Hidangan khas Lebaran ini enaknya kebangetan, kamu suka yang mana?

Foto: https://craftlog.com/id/memasak/ext-cara-membuat-nastar-keju-tanpa-oven-dan-mixer-lembut-lumer-di-mulut-SjwG

Tanpa perlu perkenalan panjang lebar, kamu pasti sudah tahu, kan, cemilan yang satu ini? Bisa dibilang nastar adalah 'raja' camilan di Hari Raya, termasuk saat Lebaran. Saat kamu bersilaturahmi ke sanak saudara, di antara kue-kue yang disajikan di sana kemungkinan besar ada nastar, bukan? Nama nastar berasal dari bahasa Belanda, yakni ananas yang berarti nanas dan tart yang berarti kue. Resep nastar terinspirasi dari resep pai.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red