×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Hal yang pertama kali muncul di Harry Potter and the Goblet of Fire

0

Film

5 Hal yang pertama kali muncul di Harry Potter and the Goblet of Fire

Inilah hal-hal yang pertama kali muncul pada film Harry Potter and the Goblet of Fire alias Harry Potter 4.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Reta

08 / 04 / 2021 10:29

Bagi penggemar Harry Potter alias Potterhead, apakah sampai hari ini kamu masih sering mengulang membaca novel Harry Potter atau menonton filmnya? Kalau iya, kebetulan sekali, sebab artikel ini membahas film Harry Potter and the Goblet of Fire.

Inti cerita Harry Potter and the Goblet of Fire adalah Turnamen Triwizard yang seharusnya hanya diikuti tiga orang. Namun, karena suatu keadaan, Harry, yang sebenarnya belum cukup umur untuk mengikutinya, terpaksa mengikutinya. Jumlah peserta pun berubah menjadi empat orang.

Artikel ini tidak membahas Turnamen Triwizard, tetapi tentang hal-hal yang pertama kali muncul pada film Harry Potter and the Goblet of Fire alias Harry Potter 4. Apa saja? Simak ulasan di bawah ini.

1. Latar tempat pertama saat adegan pembuka bukan di Private Drive.

Bapak tua penunggu rumah orang tua Voldemort

Loading...

Foto: https://www.zimbio.com/The+50+Most+Depressing+'Harry+Potter'+Deaths+Ranked/articles/ZFdK9uHrFp3/34+Frank+Bryce

Adegan pembuka film Harry Potter 1—3 berlokasi di Private Drive nomor 4 dan sekitarnya. Private Drive nomor 4 adalah alamat kediaman keluarga Petunia Dursley, tante Harry. Pada Harry Potter 1, adegan pembukanya berlokasi di jalanan depan rumah Petunia. Di sana, Dumbledore dan McGonagall menanti Hagrid yang membawa Harry yang saat itu masih bayi.

Pada Harry Potter 2, latar tempat adegan pembukanya adalah di rumah Petunia, yakni di kamar Harry. Di sana, Harry berusaha menenangkan Hedwig, burung hantunya yang merengek minta keluar dari sangkar. Pada Harry Potter 3, kamar Harry kembali menjadi latar tempat adegan pembuka. Di sana, secara diam-diam, Harry mencoba merapalkan mantera lumos maxima.

Pada Harry Potter 4, untuk pertama kalinya, adegan pembuka tidak lagi berlokasi di Private Drive, tetapi di rumah orang tua Voldemort. Apakah Potterhead masih ingat adegan pembuka film yang tayang pada 2005 itu?

Adegan pembukanya berupa seorang bapak tua si penunggu rumah yang tengah memanaskan air, lalu ia melihat lampu salah satu ruang di rumah yang masih menyala. Ternyata, orang yang berada di ruang tersebut adalah Voldemort dan dua pengikutnya, Wormtail dan Bartemius Crouch junior.

2. Pertama kali diperkenalkan kepada siswa non-Gryffindor dan Slytherin.

Cedric Diggory

Foto: https://www.wizardingworld.com/features/unsung-heroes-of-harry-potter-stories-cedric-diggory

Hogwarts, sekolah sihir tempat Harry menimba ilmu punya empat asrama, yakni Gryffindor, Slytherin, Hufflepuff, dan Ravenclaw.

Pada film Harry Potter 1—3, tokoh yang diperlihatkan hanyalah siswa Gryffindor (Harry, Hermione, Weasley bersaudara, Neville, Seamus, dan Dean) dan Slytherin (Draco, Crabbe, dan Goyle). Siswa dari dua asrama lain jarang muncul, bahkan hampir tidak pernah. Muncul pun hanya sekelebat.

Pada film Harry Potter 4, untuk pertama kalinya, penonton diperlihatkan secara jelas siswa dari asrama lain, yakni Hufflepuff yang muncul sebagai salah satu tokoh kunci. Para Potterhead pasti tahu siapa namanya. Ya, Cedric Diggory.

Cedric memang tidak terangan-terangan diperkenalkan sebagai siswa Hufflepuff. Namun, dari dasi dan syal Hogwarts yang ia kenakan—berwarna kuning dan hitam—Potterhead tahu bahwa ia menghuni asrama Hufflepuff.

Cedric pertama kali muncul pada film ketika ia dan ayahnya bertemu keluarga Weasley beserta Harry dan Hermione. Saat itu, mereka semua hendak pergi bersama untuk menonton final Piala Dunia Quidditch yang mempertemukan tim Bulgaria dan Irlandia. Cedric juga termasuk salah seorang peserta Turnamen Triwizard. Pada babak akhir turnamen, ia dan Harry bekerja sama mengambil piala Triwizard.

3. Pertama kali diperkenalkan kepada sekolah sihir lain.

Beauxbatons

Foto: https://aminoapps.com/c/harry-potter/page/item/beauxbatons-academy-of-magic/bPTn_I8VlwrW1vLdEnebl2GdMZjwZ

Ketika menonton Harry Potter 1 sampai 3, penonton mungkin tidak tahu bahwa ada sekolah sihir lain di Inggris selain Hogwarts. Ketika menonton Harry Potter 4, penonton akhirnya tahu sekolah sihir lain itu, yakni Beauxbatons dan Durmstrang. Siswa-siswi kedua sekolah tersebut datang ke Hogwarts untuk mengikuti Turnamen Triwizard.

Semua murid di Beauxbatons berjenis kelamin perempuan. Pada acara penyambutan di great hall Hogwarts, mereka menari. Kepala sekolah Beauxbatons bernama Maxime. Adalah Fleur Delacour, murid dari Beauxbatons yang terpilih berkompetisi pada Turnamen Triwizard.

Berkebalikan dari Beauxbatons, semua murid di Durmstrang berjenis kelamin laki-laki. Mereka menampilkan atraksi permainan tongkat saat acara penyambutan di Hogwarts. Igor Karkaroff adalah nama sang kepala sekolah. Ketika penentuan peserta Turnamen Triwizard dari Durmstrang, nama yang terpilih adalah Viktor Krum, sang seeker Quidditch yang sangat terkenal.

4. Pertama kali ada pelajaran nonshihir.

Professor McGonagall dan Ron Weasley

Foto: https://www.popsugar.com/travel/photo-gallery/41271958/image/41273284/Here-Professor-McGonagall-giving-Ron-dance-lessons-Harry-Potter yang diambil dari Everett Collection

Belajar berdansa untuk Yule ball. Itulah pelajaran pertama yang bukan tentang sihir yang diikuti oleh siswa-siswi Hogwarts yang dapat penonton saksikan pada Harry Potter 4. Yulle ball merupakan pesta dansa yang selalu diselenggarakan pada perhelatan Turnamen Triwizard.

Siapa yang mengajari siswa-siswa Hogwarts berdansa? Jawabannya adalah kepala asrama Gryffindor, McGonagall. Didampingi Filch yang memutar musik, McGonagall mencontohkan cara berdansa berpasangan dengan Ron. Potterhead masih ingat ekpresi kaget Ron ketika diminta meletakkan tangannya di pinggang McGonagall?

5. Pertama kali Harry berhadapan dengan Voldemort yang utuh.

Voldemort

Foto: https://dreager1.com/2016/10/03/voldemort-vs-cyber-end-dragon/

Harry memang sudah berhadapan dengan Voldemort pada Harry Potter 1. Namun, saat itu, Voldemort tidak punya tubuh sendiri. Ia menumpang di tubuh Quirell. Pada Harry Potter 4, untuk pertama kalinya, Harry berhadapan dengan Voldemort yang tubuhnya sudah utuh dari kepala hingga kaki.

Harry tidak menyangka bahwa ia pada akhirnya akan kembali bertemu Voldemort. Babak akhir Turnamen Triwizard lah yang mengantarkannya pada penyihir yang berjuluk Pangeran Kegelapan itu. Begitu bertemu, tak pelak, keduanya pun berduel.

Voldemort merapalkan sihir kematian avada kedavra, sedangkan Harry berusaha melucuti tongkat Voldemort dengan merapalkan expelliarmus. Berkat bantuan kedua arwah orang tuanya yang tiba-tiba muncul, Harry selamat dalam duel tersebut.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red