Semakin berkembangnya teknologi, terutama Internet, aksi kejahatan sekarang tak hanya banyak terjadi di dunia nyata, tetapi juga di dunia yang tak kasat mata. Telah banyak kasus kejahatan yang menimpa berbagai negara karena ulah para hacker. Tak jarang pula dari para hacker tersebut yang tertangkap basah ketika melakukan aksinya dan berakhir dengan menebus kesalahannya di dalam penjara. Meskipun demikian, tak bisa disangkal kalau aksi yang mereka lakukan memang keren. Hal itu menjadi buah perhatian bagi para pembuat film di berbagai negara, terutama Hollywood. Seperti berikut, Oliswel telah merangkum beberapa judul yang mengangkat tema tersebut ke dalam daftar film tentang hacker terbaik yang pernah ada di sepanjang sejarah perfilman. Apa saja?

1. THE MATRIX (1999)

5 Film tentang hacker ini seru abis, kamu wajib nonton

Film rekomendasi Oliswel yang pertama adalah The Matrix, film bergenre fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Andy Wachowski dan Lana Wachowski ini mampu menjadi salah satu film terbaik karena hal ini ditandai dengan 4 penghargaan Oscar yang didapatkan The Matrix. Film hacker terkenal yang dirilis tahun 1999 ini mengisahkan seorang hacker yang berusaha membebaskan umat manusia dari kehidupan semu yang dipengaruhi mesin.

Thomas Anderson sebagai tokoh utama yang memiliki nama samaran Neo bergabung bersama pasukan Morpheus yang memberontak dan ingin menghancurkan sistem The Matrix tersebut dengan segala upaya. Mampukah Neo bersama timnya membebaskan umat manusia dari pengaruh The Matrix?

2. WHO AM I (2014)

5 Film tentang hacker ini seru abis, kamu wajib nonton

Who Am I: No System Is Safe merupakan film bertema hacker yang patut Anda tonton. Film yang diproduksi di Jerman ini dibintangi oleh Tom Schiling, Elyas MBarek, dan Wotan Wilke yang tergabung dalam sebuah organisasi hacker paling diburu di dunia karena keahlian para anggotanya.

Benjamin (Tom Schiling) awalnya berperan sebagai seorang remaja yang sering dikucilkan dan diganggu oleh teman-teman sekolahnya. Kehidupan Benjamin kemudian berubah semenjak bertemu dengan Max (Elyas MBraek) dan Stephan (Wotan Wilke) yang membutuhkan kemampuan Benjamin untuk meretas situs terkenal dunia dan diajak bergabung bersama CLAY. Akhirnya CLAY menjadi kelompok hacker paling rahasia dan paling dicari Europe Interpol. Pertempuran di dunia cyber antara sesama hacker harus melibatkan mereka dalam masalah yang begitu rumit, terutama dalam pelacakan sosok bernama Mr. X.

3. 23 (1998)

Film hacker paling keren yang diproduksi oleh Jacob Clau dan Thomas W. ini mengambil latar belakang dari kisah nyata yang dialami oleh seorang hacker muda bernama Karl Korch yang meninggal secara misterius dan dianggap bunuh diri pada tahun 1989. Film mengenai hacker asal Jerman ini mengisahkan sepak terjang Karl Korch sebagai peretas muda yang masih berusia 19 tahun yang memperhatikan kekacauan dunia masa perang dingin.

Bersama temannya, Karl menemukan latar belakang kekuasaan politik dan ekonomi di dunia yang akhirnya membuat mereka percaya ada sebuah teori konspirasi yang terjadi di dunia dan mereka ingin menegakkan keadilan dengan cara meretas situs-situs jaringan di dunia dengan cara memata-matai aktivitas KGB. Akankah Karl dan rekannya mampu berjuang untuk menegakkan keadilan yang telah sirna itu?

4. LIVE FREE OR DIE HARD (2007)

5 Film tentang hacker ini seru abis, kamu wajib nonton

Siapa yang tak kenal dengan film hacker action Die Hard? Dalam sekuel keempatnya ini, Len Wiseman yang bertindak sebagai sutradara menghadirkan Bruce Willis sebagai tokoh utamanya. Film yang rilis tahun 2007 yang lalu ini masih menjadi salah satu film bernuansa hacker yang sangat digemari. Kisah dalam film yang menceritakan hacker ini bermula saat Thomas Gabriel (Timothy Olyphant) yang merasa dibuang saat bertugas di NSA karena karyanya yang tidak dihargai.

Sejak saat itu, Thomas merekrut hacker profesional dan bertujuan melumpuhkan semua jaringan komputer yang ada di seluruh Amerika Serikat. Sialnya, Mat Farrel (Justin Long) sebagai salah satu bawahannya malah membelot dan justru membantu John McClane (Bruce Willis) dan FBI dalam melakukan penangkap kepada pemimpinnya yang tak lain adalah Thomas Gabriel.

5. WARGAMES (1983)

5 Film tentang hacker ini seru abis, kamu wajib nonton

Walaupun sudah rilis sangat lama namun Oliswel tetap rekomendasikan film hacker paling bagus ini untuk Anda tonton karena mempunyai cerita yang sangat sayang untuk dilewatkan. Selain menghadirkan ketegangan dan kemampuan hacking yang mumpuni, film ini juga memadukan humor yang lucu dan nampak natural. Bergenre fiksi ilmiah, film hacker game ini mengisahkan seorang ahli retas yang masih muda bernama David Lightman yang gemar bermain video game.

Ketika sedang asyik bermian game, secara tak sengaja David ternyata telah meretas program militer yang mampu memprediksi akhir perang dingin dan yang menandakan awal perang dunia ke-3. Bersama kekasihnya, David mencoba untuk memberitahu pemerintah tentang hal tersebut demi menjaga perdamaian dunia yang baru saja tercipta.