×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Cara ampuh untuk mengatasi kista ovarium

0

Kesehatan

5 Cara ampuh untuk mengatasi kista ovarium

Kista ovarium memang bukanlah penyakit ganas seperti kanker, namun bukan berarti kamu tidak mengobati kista yang tumbuh di ovarium.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

02 / 04 / 2020 19:16

 

Kista adalah suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya kantung berisi cairan atau benjolan jinak yang di dalamnya berisi cairan, udara, maupun zat semipadat yang dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun. Di antaranya adalah ginjal, kulit, otak, tulang, hingga rahim.

Salah satu jenis kista yang sering menyerang wanita adalah kista ovarium. Kista ovarium merupakan kista yang tumbuh di indung telur (ovarium). Namun, banyak wanita yang menghubung-hubungkan kista ovarium dengan kanker rahim. Padahal, kista sendiri bukanlah penyakit ganas seperti kanker.

Dalam kebanyakan kasus, kista ovarium yang tumbuh merupakan kista jinak yang tidak bersifat kanker. Namun ada beberapa jenis kista yang berpotensi menjadi ganas. Selain itu, kista sering kali muncul tanpa menimbulkan gejala apa pun sehingga baru diketahui ketika sedang menjalani pemeriksaan USG atau ketika ukurannya sudah membesar dan menimbulkan gejala.

Meskipun kebanyakan kista bersifat jinak, bukan berarti kamu bisa mendiamkannya begitu saja. Berikut ini beberapa perawatan kista ovarium yang dapat kamu lakukan.

Loading...

1. Menerapkan pola makan sehat.

Makanan yang kamu konsumsi tentunya dapat memengaruhi perkembangan kista, termasuk kista ovarium. Oleh sebab itu, menerapkan pola makan sehat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan guna mencegah perkembangan dan pertumbuhan kista.

2. Kompres air panas.

Suhu yang tinggi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat meredakan gejala akibat kista ovarium. Caranya pun cukup mudah, yakni kamu hanya perlu mengompres perut atau punggung bawah kamu selama 20 menit, menggunakan handuk yang telah dibasahi air hangat atau bantal pemanas.

3. Olahraga teratur.

Olahraga secara teratur juga dipercaya dapat membantu meredakan gejala kista ovarium. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot. Kamu dapat mencoba berbagai macam olahraga, mulai dari olahraga ringan hingga olehraga yang cukup berat sekalipun.

4. Mengonsumsi obat-obatan.

Obat-obatan seperti ibuprofen, acetaminophen, dan naproxen, juga dapat membantu meredakan gejala-gejala yang timbul akibat kista. Apabila gejala kista ovarium tidak kunjung mereda meskipun telah mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

5. Menjalani operasi.

Operasi menjadi metode pengobatan terakhir yang dapat dilakukan untuk menangani kista. Operasi penanganan kista pun bisa operasi pembedahan kecil atau pembedahan besar, tergantung dari lokasi tumbuhnya kista.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red