Film animasi atau kartun adalah salah satu jenis film yang cukup digemari banyak orang. Hingga saat ini sudah lebih dari ribuan atau bahkan ratusan ribu judul film animasi telah diproduksi dan ditayangkan di bioskop ataupun di televisi di seluruh dunia. Dari sekian banyak jumlah itu, film animasi produksi Jepang dan Amerika Serikat adalah yang paling populer di dunia. Sementara film-film animasi yang diproduksi Indonesia masih sangat sedikit. Oleh karena itu, Indonesia perlu bahkan harus memiliki industri penghasil film-film animasi. Kenapa? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Minimnya hiburan di televisi untuk anak-anak.

5 Alasan mengapa Indonesia harus punya industri animasi

Foto: imdb.com

Saat ini, film-film kartun yang tayang di televisi tidaklah sebanyak dan sesering dulu. Selain itu film-film kartun tersebut kerap kali ditayangkan berulang-ulang. Hal ini tentu bisa saja mengurangi minat anak-anak untuk menonton televisi lantaran acara yang mereka senangi semakin berkurang. Nah, di sinilah pentingnya industri animasi. Yaitu menghadirkan banyak tontonan yang menghibur dan menarik bagi mereka berupa film animasi atau kartun.

2. Membuka banyak lapangan pekerjaan.

5 Alasan mengapa Indonesia harus punya industri animasi

Foto:depositphotos.com

Proses pembuatan film animasi yang berkualitas baik membutuhkan waktu yang lama sekaligus jumlah tenaga kerja yang sangat banyak. Untuk sebuah adegan berdurasi lima menit saja, waktu yang dibutuhkan seorang animator bisa memakan waktu hingga seminggu bahkan sebulan. Karena itulah tenaga kerja, khususnya animator, yang dibutuhkan untuk sebuah film animasi sangatlah banyak. Ditambah lagi tenaga kerja yang diperlukan untuk membuat film animasi bukan hanya animator saja. Tentu dibutuhkan juga penulis skenario, editor, pengisi suara, dan masih banyak lagi. Dengan adanya industri animasi, ada banyak lapangan kerja yang terbuka, kan?

3. Sekolah-sekolah animasi bertambah banyak.

5 Alasan mengapa Indonesia harus punya industri animasi

Foto:myanimelist.net

Yang namanya industri tentu butuh tenaga kerja. Namun sebelum memasuki dunia industri, para calon tenaga kerja haruslah punya bekal yang cukup untuk bidang pekerjaan mereka, kan? Untuk itu, pendidikan khusus kejuruan animasi sangatlah diperlukan. Jika di Indonesia ada banyak perusahaan animasi, sekolah-sekolah khusus animasi bisa makin bertambah banyak.

4. Meningkatkan generasi muda yang kreatif.

5 Alasan mengapa Indonesia harus punya industri animasi

Foto:animenewsnetwork.com

Industri animasi adalah industri yang membutuhkan kreativitas. Karena itu, yang bisa bekerja di dalamnya tentu saja kumpulan orang-orang kreatif. Jadi, dengan adanya industri animasi, para generasi muda pun akan berlomba-lomba untuk menjadi kreatif supaya kelak mereka bisa bekerja di industri animasi tentunya.

5. Menambah kecintaan terhadap kebudayaan bangsa sendiri.

5 Alasan mengapa Indonesia harus punya industri animasi

Foto:id.techinasia.com

Sebagaimana kita tahu, film-film animasi yang beredar saat ini kebanyakan berasal dari luar negeri. Karena kualitasnya yang bagus, kebanyakan dari kita pun menggemari bahkan tergila-gila dengan animasi buatan negara lain itu. Setidaknya, sedikit demi sedikit kecintaan terhadap budaya bangsa sendiri pun menurun. Tapi, mungkin akan lain ceritanya kalau Indonesia punya industri animasi. Dengan kisah film animasi yang dibalut kearifan lokal bisa jadi akan meningkatkan kecintaan terhadap budaya bangsa sendiri.

Nah, itulah kiranya beberapa alasan yang menunjukkan bahwa negara kita memang perlu industri animasi. Karena ada banyak hal positif jika ini bisa direalisasikan. Kalau menurutmu, bagaimana?