Sampai menjelang akhir 2017, sosok superherosemakin banyak diangkat ke versi layar lebar, baik secara individu maupun bersama-sama. Namun, sosok Superman tampaknya masih memiliki pesona yang tak tergantikan. Selain ganteng, gagah, dan sangat kuat, figur Superman memang diperlukan untuk menyelamatkan dunia dari kekacauan besar.

Berikut ini 5 alasan kenapa sosok Superman penting di film Justice League. Yuk, langsung simak ulasannya berikut ini.

1. Sejak Superman mati, tak ada figur pembasmi kejahatan yang ditakutioleh para penjahat

5 Alasan penting di balik kebangkitan Superman di Justice League

Bagian awal dari filmJustice Leaguemenunjukkan hal itu dengan jelas. Para penjahat tak lagi takut berbuat sesuka hati, sekalipun masih ada polisi yang ditugaskan untuk membasmi tindak kejahatan. Parabegundalitu berani karena mereka tahu kalau Superman nggak akan datang untuk menangkap atau menghajar mereka. Ya, melalui monumen kematian Superman, rasa kehilangan tak cuma dirasakan oleh penduduk bumi yang ada di film itu, tetapi juga cukup sukses "menghadirkan" rasa kehilangan di hati para penonton.

2. Nggak ada yang mampu menandingi kekuatan musuh

5 Alasan penting di balik kebangkitan Superman di Justice League

Dalam film Justice League terlihat jelas gimana sangar dan kuatnya sosok Steppenwolf yang ingin mengumpulkan tiga Mother-Boxuntuk memuluskan rencana jahatnya menghapus kehidupan manusia dari muka bumi ini. Lima jagoan yang coba menghentikan aksi Steppenwolf (Batman-Wonder Woman-Aqua Man-Cyborg-The Flash) rupanya nggak cukup kuat buat menghentikan aksi brutal dan sadis dari makhluk yang berasal dari Apokolips itu. Entah gimana nasib mereka dan nasib bumi ini kalau Superman nggak bangkit dan bertempur bareng mereka.

3. Lois Lane nggak ada semangat hidup dan berkarya

5 Alasan penting di balik kebangkitan Superman di Justice League

Terlihatjelas dalam salah satu adegan ketika Lois Lane terlihat kurang semangat dalam bekerja sejak ditinggal pergi oleh Superman. Lihatlah juga gimana sorot matanya kembali tajam dan semangat hidupnya menyala pas lihat Superman ada di hadapannya, dalam kondisi hidup! Kasihan banget Lois Lane seandainya tokoh Superman tetap dibiarkan mati. Relasi antara dua manusia juga menjadi semacam bumbu penyedap dari film-film tentang Superman selama ini.

4. Cuma Superman yang bisa pisahkanmother-box

5 Alasan penting di balik kebangkitan Superman di Justice League

Menjelang akhir pertarungan enam jagoan protagonis melawan Steppenwolf dan pasukannya, kita bisa lihat kekuatan Superman membuat mother-box yang sudah mulai menyatu, bisa dipisahkan lagi. Kalau sampai nggak ada Superman, rencana dari Stepenwolf bakal berjalan mulus dan kehancuran dunia ini tak bisa dicegah.

5. Cuma Superman yang bisa kalahkan "Si Licik" Lex Luthor

5 Alasan penting di balik kebangkitan Superman di Justice League

Sosok Lex Luthor memang nggak ditampilkan sebagai "pengisi film" secara penuh, tetapi hanya muncul pada adegan post-credityang kedua. Namun, percakapan singkat antara Lex Luthor dengan sosok manusia-super di sebuah kapal mewah, menyiratkan pesan bahwa musuh bebuyutan Superman ini akan membentuk "liga saingan" untuk menghadapi "Liga Keadilan" (Justice League) yang dibentuk oleh Superman dan kelima teman supernya. Sebagai musuh lama, Superman tentu paling tahu kelemahan Lex Luthor dan cara untuk menghadapinya. Luthor nggak bisa dilawan sama Batman, The Flash, atau Wonder Woman, tetapi hanya oleh Superman!