×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tempat yang wajib kamu kunjungi di Zanzibar, Tanzania

0

Jalan-Jalan

4 Tempat yang wajib kamu kunjungi di Zanzibar, Tanzania

Keindahan alam serta eloknya flora dan fauna yang dimiliki Tanzania wajib menjadi bucket list liburan kamu!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Akhila Malika

25 / 10 / 2020 12:55

Benua Afrika menjadi salah satu destinasi wisata yang masih jarang masuk ke dalam daftar liburan wisatawan dari Indonesia. Selain jaraknya yang jauh, kendala dalam pembuatan visa dan tingginya biaya traveling ke benua yang biasa disebut The Dark Continent, menjadi alasan utamanya. Namun, jangan salah, dengan segala kesulitan tersebut, jika kamu berhasil melewatinya, semua akan terbayar dengan moleknya alam yang dimilikinya. Salah satu negara milik Afrika yang akan membuatmu tercengang adalah Tanzania, tepatnya di Kepulauan Zanzibar. 

Jernihnya air laut, putihnya pasir di pantai, uniknya kebudayaan lokal, warna-warni ikan yang bertebaran di laut luas yang dangkal, serta hewan raksasa berwajah lucu menjadi keunikan yang selalu dicari para wisatawan asing yang berkunjung ke Kepulauan Zanzibar ini.

Berikut empat tempat yang wajib kamu kunjungi demi menikmati jutaan ciptaan Tuhan yang sungguh juwita.

1. Prison Island.

Prison Island adalah salah satu pulau kecil yang dahulu dipakai untuk karantina para penduduk yang terkena penyakit yellow fever. Oiya, jangan lupa, bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Tanzania ini harus membawa dan sudah punya buku berwarna kuning yang menunjukkan bahwa kamu sudah melakukan vaksin yellow fever ini, ya!

Loading...

Lanjut, di Prison Island ini kamu bisa menikmati fauna unik nan cantik. Siapa yang sudah pernah dengar hewan bernama Galapagos? Yup, kura-kura raksasa yang beratnya bisa mencapai 200 kilogram. Apabila sudah menegakkan kakinya, mereka bisa berlari kencang! Nah, di pulau ini kamu bisa melihat ratusan Giant Turtle atau Galapagos dan memberi makan mereka secara langsung.

galapagos at prison island

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Juli 2019

galapagos feeding at prison island

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Juli 2019

Nah, Giant Turtle terbesar milik Prison Island mencapai 196 kg. Kamu bisa memberi makan secara langsung sebab mereka tersebar bebas dan bersatu dengan wisatawan yang berkunjung. 

Selain galapagos, kamu juga bisa memanjakan matamu dengan hewan lain yang nggak kalah elok. Kamu pasti tahu kan burung merak? Burung merak adalah burung yang sangat cantik yang sebenarnya bisa kamu temui di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, di pulau ini kamu bisa melihat satwa menakjubkan ini secara dekat dan bebas juga, lho! Mereka juga terbiasa dengan wisatawan, sehingga tidak akan kabur jika didekati. Jika beruntung, kamu akan melihat ekor si pejantan yang sedang terbuka lebar dan super rupawan. Sebagai tambahan informasi, burung merak jantanlah yang memiliki ekor amat elok, dan ia akan memekarkan ekornya ketika ingin menarik perhatian betina di sekitarnya. Berikut potret jantan luar biasa milik Prison Island.

burung merak di prison island tanzania

Foto: Dokumentasi pribadi penulis Juli 2019

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Prison Island ini merupakan pulau kecil yang dapat dijangkau dengan perahu dari Zanzibar City. Pulau ini memiliki jembatan panjang yang cukup instagramable dan pasir putih yang nyaman untuk sunbathing.

2. Mnemba Island.

Mnemba Island terletak cukup jauh dari Zanzibar City. Kamu perlu menempuh sekitar dua jam untuk mencapai tempat tersebut. Namun jauhnya perjalanan akan terbayar lunas dengan indahnya alam dari private island yang memiliki hamparan pasir putih luas, jarang dijamah para wisatawan asing, sepi, syahdu, damai, dan memiliki lautan bening yang dangkal.

mnemba island

Foto: Mnemba Island Juli 2019 / Dokumentasi pribadi penulis

Yup, Mnemba Island adalah pulau pribadi di mana orang-orang tertentu saja yang dapat masuk ke sana. Namun bagi wisatawan asing yang tidak mau masuk ke pulau pribadi tersebut, kamu bisa bermain-main di sekitarnya dan masih bisa menikmati keindahan laut yang sama menakjubkannya.

Di sekitar pulau ini kamu bisa melakukan snorkling dengan kedalaman laut hanya sekitar dua meter saja, lho! Dasar laut yang beralaskan pasir putih terlihat jelas di siang hari dengan sinar matahari yang mencapai ke kedalamannya. Berjuta ikan kecil warna-warni bertebaran dan berkumpul di sekitar orang yang melakukan snorkling. Dijamin, dua jam pun tidak akan cukup untuk membuat kamu puas. 

bintang laut mnemba island

Foto: Dokumentasi pribadi penulis / Mnemba Island, Juli 2019

mnemba island

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Juli 2019

3. Stone Town.

Stone Town merupakan pusat kota dari Zanzibar. Di Stone Town ini banyak sekali yang bisa kamu nikmati. Pertama, kamu bisa menyewa penginapan pinggir pantai yang cukup terjangkau selama berlibur di Zanzibar. Kemudian menonton budaya lokal seperti loncat indah remaja-remaja pria Afrika di sore hari sambil menikmati street food lokal yaitu pizza ala Afrika, sate seafood, berbagai macam sup khas Tanzania, dan masih banyak lagi. 

stone town

Foto: Remaja Afrika pada sore hari / Dokumentasi pribadi penulis, Juli 2019

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari sejarah Zanzibar di museum yang tersedia di Stone Town ini dan melalui papan keterangan pada benteng peninggalan sejarah yang terbuka untuk umum. Apabila ingin membeli souvenir untuk oleh-oleh keluarga di rumah, lukisan keren yang langsung digambar di depanmu, atau aksesori kenang-kenangan khas Afrika bisa kamu beli di Forodhani Market. Pasar lokal ini bisa kamu manfaatkan untuk berbelanja sampai berfoto ria sebab desain tempatnya unik dan sangat instagramable

forodhani market

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Juli 2019

4. Baraka Natural Aquarium.

Baraka Natural Aquarium adalah kolam penyu alami yang terletak di Nungwi. Di kolam natural ini kamu bisa berenang bersama dengan ratusan penyu dalam kolam menyerupai danau namun dengan air laut asli. Kamu perlu menempuh jarak selama kurang lebih dua jam untuk sampai ke tempat tersebut. Tempat ini cukup ramai dikunjungi wisatawan dan dibutuhkan sebesar $10 untuk biaya tiket masuk. Tambahan informasi, tempat wiata, penginapan, dan segala hal di Tanzania ini mayoritas mematok harga menggunakan kurs USD bagi para wisatawan asing. 

baraka natural aquarium nungwi

Foto: Dokumentasi pribadi penulis, Juli 2019

Kolam ini cukup dangkal, penuh dengan pepohonan dan bebatuan, serta tentunya penyu yang akan berkerumun di sekitar wisatawan. Disediakan juga rumput laut untuk memberi makan penyu-penyu tersebut sehingga mereka akan terus berkumpul di sekitarmu. Kamu bisa menikmati serunya bersatu dengan alam sepuasnya, alias tidak ada batasan waktu.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red