×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Pertimbangan penting guna memilih sekolah bagi anak, tak bisa asal

0

Orangtua

4 Pertimbangan penting guna memilih sekolah bagi anak, tak bisa asal

Orang tua perlu semakin cerdas dan teliti ketika memilih sekolah yang tepat untuk anaknya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

AnLee

19 / 01 / 2022 15:50

Di masa milenial ini terdapat begitu banyak sekolah dengan berbagai basis pembelajaran. Memilih sekolah yang tepat memang menjadi begitu penting bagi orang tua, sebab hasil dari pilihan tersebut akan menentukan kualitas pendidikan yang akan diterima dan tentu saja berdampak pada masa depan sang anak.

Kunci utama untuk menentukan sebuah sekolah yang tepat adalah dengan melihat apa yang dibutuhkan oleh sang anak, yaitu melengkapi kecakapan hidup (life skills) bagi anak didik. Salah satu pilihan sekolah yang dapat menjadi pertimbangan adalah sekolah yang tidak hanya melatih keterampilan dan kemampuan analisa berpikir, namun juga mengintegrasikan kemampuan tersebut dengan membangun karakter yang mulia melalui pola pembelajaran yang sesuai dengan pencapaian usia tumbuh kembang anak.

Nah, berikut ini merupakan empat pertimbangan guna memilih sekolah yang tepat bagi anak.

1. Perhatikan visi dan misi sekolah.

Carilah informasi visi dan misi sekolah yang terbaik menurutmu melalui media sosial atau langsung berkunjung ke website sekolah tersebut. Pelajari dan cermati dengan seksama filosofi yang mendasari kegiatan pendidikannya. Sekolah terbaik tidak semata-mata mengejar hasil nilai yang bagus, tetapi juga mempersiapkan life skills anak. Artinya anak dididik untuk bisa menghadapi tantangan dan mencari solusi dari setiap masalah.

2. Cermati metode pembelajarannya.

Pendidikan di masa serba digital menuntut agar pembelajaran lebih kreatif, menyenangkan, dan bermakna. Cara ini berguna untuk mencegah terjadinya burnout pada siswa akibat terlalu banyaknya tugas sekolah yang tidak jelas arah tujuan akhirnya. Berdiskusilah dengan pimpinan sekolah secara terperinci mengenai segala hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran, agar sebagai orang tua dapat menilai setiap kegiatan pendidikan selama siswa berada di sekolah.

Loading...

3. Cari tahu sekolah yang mengutamakan kebutuhan siswa.

Sekolah yang mendidik dengan benar pasti akan mengutamakan kebutuhan siswa sebagai goal pembelajarannya (student centered learning). Cara ini penting agar monitoring perkembangan siswa baik secara akademis maupun non akademis dapat dilakukan secara realistis dan sesuai kebutuhan siswa.

4. Pastikan besaran biaya yang dibutuhkan.

Dalam memilih sekolah berkarakter terbaik adalah memastikan besaran biaya yang dibutuhkan. Poin ini penting sebagai bagian dari mempersiapkan masa depan anak. Sebab biaya tersebut akan dipergunakan untuk menunjang segala aktivitas anak selama bersekolah. Tanyakan adakah keringanan pembiayaan yang difasilitasi oleh sekolah. 

Itulah mindset yang diperlukan oleh para orang tua guna menyediakan kebutuhan pendidikan melalui sekolah yang diyakini terbaik bagi putra-putrinya. Carilah informasi mengenai sebuah institusi pendidikan dengan metode pembelajaran berbasis proyek dan metode mengasah kemampuan analisa berpikir siswa. Tujuannya agar siswa dididik menjadi para pemimpin yang selalu mampu menganalisa setiap peristiwa dan mencari solusi terbaik.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red