Menjadi orang nomor satu di Indonesia memang harus tampak selalu menjaga kewibawaan di depan publik. Namun sisi kemanusiaan seperti kisah percintaan, kecemburuan terhadap pasangan dan kisah-kisah romansa lainnya terkadang seperti dilupakan.

Kali ini kisah kecemburuan 4 pemimpin Indonesia sejak zaman Soekarno hingga Joko Widodo terhadap pasangannya masing-masing terungkap ke publik. Walaupun menjadi orang nomor satu di Indonesia, mereka masih tetap manusia biasa bukan? Berikut kisah kecemburuan para pemimpin bangsa Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Presiden Soekarno.

4 Kisah 'kecemburuan' Presiden Indonesia, dari Soekarno hingga Jokowi

Ir. Soekarno atau yang dikenal sebagai Bung Karno, memang flamboyan. Salah seorang istrinya bernamaYurike Sanger pernah menceritakan kisah asmaranya bersama sang presiden.

Kala itu Yurike menceritakan bagaimana Ir Soekarno merasa cemburu kepada salah soerang dokter muda. Dalam sebuah bukunya, Yurike menggambarkan sang dokter dengan nama Arifin, dokter dari rumah sakit Husada.

Kala itu sang dokter pernah membawakan sebuah majalah pertemuan Soekarno dengan bintang asal Italia,Gina Lollobrigida. Melihat kedekatan sang istri bersama sang dokter, Presiden Soekarno pernah marah besar. Duh, ternyata Presiden Soekarno pernah cemburu juga ya.

2. Soeharto.

4 Kisah 'kecemburuan' Presiden Indonesia, dari Soekarno hingga Jokowi

Dalam sebuah buku berjudulPak Harto: The Untold Storieshalaman 484, salah seorang ajudan Pak Harto bernamaEddie Marjuki Nalapraya, pernah mengungkapkan kisah kecemburuan istri Presiden Soeharto, Bu Tien. Kala itu, Pak Harto yang akan pergi memancing dengan ajudannya didatangi oleh Bu Tien. Bu Tien ketika itu membisikkan kata-kata kepada sang ajudan. "Jangan memancing ikan yang rambutnya panjang, ya," begitu kata-kata Bu Tien saat itu.

Walaupun demikian Pak Harto tidak pernah sekalipun mencoba mengkhianati Bu Tien. Bahkan ada pada suatu kesempatan Pak Harto mengatakan bahwa satu-satunya nyonya Soeharto adalah Bu Tien, tidak ada yang lain.

3. B.J. Habibie.

4 Kisah 'kecemburuan' Presiden Indonesia, dari Soekarno hingga Jokowi

Presiden ketiga Indonesia ini memang terkenal dengan kisah asmaranya bersama almarhumah Ainun Habibie, sang istri. Kisah awal mula perkenalan mereka hingga kisah hidup keduanya bahkan pernah diangkan kesebuah film layar lebar. Meski begitu, tidak banyak tampak kecemburuan dari Presiden Habibie kepada sang istri.

Satu-satunya kata cemburu yang pernah terucap dari Presiden Habibie adalah melalui sebuah kata-kata kutipan darinya "Cinta dapat terlihat melalui teleskop, sedang cemburu hanya terlihat melalui mikroskop.Pak Habibie so sweet sekali ya.

4. Joko Widodo.

4 Kisah 'kecemburuan' Presiden Indonesia, dari Soekarno hingga Jokowi

Presiden ketujuh Indonesia ini juga kelihatan adem-ayem dikehidupan rumah tangganya bersama Ibu Iriana Jokowi. Bahkan tidak jarang keduanya memperlihatkan kemesraan mereka.

Namun pada sebuah kesempatan, atau tepatnya pada saat Presiden Jokowi sedang dalam sebuah pertemuan tingkat ASEAN, saat itu Presiden Jokowi menampakkan kisah kecemburuannya kepada Bu Iriana.

Dalam sebuah foto, tampak Bu Iriana sedang berbincang dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Yang menjadi unik adalah tatapan Jokowi disebelahnya yang tampak seperti orang yang menahan rasa cemburu.

"Bahkan makan malam kebetulan jejer dengan istri saya, ngajak ngomong istri saya terus, terus sepanjang makan malam ngajak ngomong Bu Jokowi. Saya juga lihatin terus itu," tutur Jokowi saat itu.