Selain berfungsi sebagai alas dan pelindung kaki, sepatu juga merupakan ikon fashion yang tak boleh dilupakan. Seiring berjalannya waktu, jenis dan model sepatu pun makin beragam. Namun, terdapat 4 jenis sepatu yang berfungsi sebagai dasar sebelum kamu memiliki jenis sepatu lainnya untuk menunjang aktivitas harianmu.

1. Sepatu sneakers.

Sneakers adalah jenis sepatu dengan sol fleksibel yang terbuat dari karet atau bahan sintetis dan bagian atas terbuat dari kulit atau kanvas. Seiring perkembangan zaman, sekarang banyak sneakers yang terbuat dari kulit lunak dan juga nilon. Bisa dibilang sneakers adalah sepatu pamungkas, karena sepatu ini nyaman digunakan untuk segala aktivitas yang tak mengharuskanmu berpenampilan formal. Sepatu ini juga mumpuni digunakan untuk berbagai olahraga ringan.

2. Sepatu pantofel.

Bertolak belakang dengan sneakers, sepatu ini berbentuk kaku dan hanya dapat dipakai dalam acara-acara formal. Biasanya bahan yang digunakan adalah sol keras dengan bagian atas menggunakan kulit mengkilap. Untuk kamu yang sehari-hari bekerja di tempat yang mengharuskan berpenampilan formal, ini adalah sepatu yang dapat kamu pakai tiap harinya.Meskipun pekerjaanmu tak mewajibkan penampilan formal, namun kamu tetap wajib memiliki tipe sepatu ini karena sepatu pantofel menjadi sangat esensial ketika kamu ingin tampil memukau di acara formal atau juga dalam pesta.

3. Sepatu kerja casual.

Sepatu kerja kasual tak kaku seperti pantofel, namun juga tak sesantai sneakers. Jenis sepatu ini bermacam-macam, ada yang berbahan kulit lunak dan juga berbahan kain. Modelnya juga ada yang memakai tali atau sekadar slip on. Sepatu ini memang tak dapat kamu pakai untuk acara dengan nuansa formal, juga tak cocok untuk kegiatan santai. Namun, untuk acara-acara semi formal atau pekerjaan yang tak terpaku pada tata busana formal, ini adalah jenis sepatu yang paling cocok untuk digunakan.

4. Sepatuboot.

Boot memang identik dengan petualangan seperti mendaki gunung atau aktivitas dengan medan yang berat. Ketangguhan sepatu ini terlihat dari solnya yang tebal dan bahan atas yang kuat dan tinggi. Namun bukan berarti kamu harus menjadi pendaki terlebih dahulu untuk memiliki sepatu boot. Karena sepatu ini dapat kamu kenakan di bawah celana jeansmu untuk mengendarai motor atau menghadiri konser di akhir minggu.