Ada yang akan menikah dalam waktu dekat? Atau baru saja dilamar si dia? Wah, selamat ya! Akhirnya kamu bisa jadi ratu sehari di pernikahanmu nanti.

Pada umumnya, calon pengantin wanita sangat fokus dalam tiga hal ini di pernikahannya, gaun, make up,dan dokumentasi. Hal yang wajar sebenarnya mengingat kita semua menginginkan peristiwa penting ini terekam dengan baik di album foto yang akan kita pamerkan ke anak cucu nanti.

Walaupun penggunaan pakaian tradisional (dengan sedikit modifikasi) masih menjadi primadona di jagat pesta pernikahan di Indonesia, tidak sedikit pengantin menggunakan gaun internasional saat resepsi pernikahannya dilangsungkan. Mungkin, ketika kecil kita selalu bermimpi menggunakan gaun yang lebar seperti Putri Diana saat dinikahi Pangeran Charles. Atau pakai gaun yang lebih sederhana seperti Kate Middleton.

Nah, jangan sampai salah pilih. Ketahui dulu jenis gaun yang cocok dengan bentuk badanmu yang dilansir dari laman web wedding wire dan timeless bridal wear berikut.

1. Bentuk badan buah pir Empire Style.

4 Jenis gaun pengantin internasional berdasarkan bentuk tubuh

Contoh gaun dengan empire style (credits : Jonathan Borba dari Pexels)

Salah satu tipe siluet gaun pengantin yang bisa kamu pertimbangkan adalah empire style. Salah satu cirinya adalah lingkar atau garis potongan gaun yang seharusnya di pinggang (waistline), dipindahkan ke bagian tepat di bawah dada (bust).

Gaya empire akan membuat kamu lebih menonjolkan bagian atas badan kamu dan menutupi kekurangan bagian perut ataupun pinggulmu. Gaun model ini juga cocok untuk pemotretan kehamilan dan akan memberikan kesan lebih tinggi untuk pengantin berbadan kecil. Kamu bisa tambahkan mutiara ataupun manik-manik pada bagian waistline tersebut dan mengreasikan bagian bahu sesuka hatimu.

2.Semua bentuk badan Gaun A-Line.

4 Jenis gaun pengantin internasional berdasarkan bentuk tubuh

Contoh gaun pengantin dengan model A-Line ( credits : Mihai Stefan Photography)

Gaun jenis ini cukup populer karena tidak terlalu sederhana dan juga tidak terlalu merepotkan untuk digunakan. Dinamakan A-line karena gaun jenis ini pas di badan namun di bagian bawahnya melebar, membentuk huruf A. Gaun jenis ini juga cocok untuk segala tipe badan karena dapat menutupi kekurangan bagian bawah tubuh seperti pinggul besar dan juga cocok untuk segala jenis pesta, baik pesta di dalam maupun di luar ruangan.

3.Semua tipe badan, terutama langsing dan pir Ball gown.

4 Jenis gaun pengantin internasional berdasarkan bentuk tubuh

Contoh gaun internasional untuk wanita berhijab dengan tipe ball gown (credits : Kareem Mansour dari Pexels)

Tipe gaun ini tidak kalah popular dengan model A line. Mayoritas selebritas dan selebgram, sebut saja Tasya Farasya, Sandra Dewi dan Chelsea Olivia menggunakan gaun pernikahan tipe Ball Gown untuk pemberkatan ataupun resepsi pernikahannya.

Bisa dibilang gaun model ini akan memakan banyak biaya dibanding tipe lain. Bukan tanpa sebab, gabungan torso (yang biasanya didesain khusus mengikuti bentuk tubuh pengantin) dan rok yang bertumpuk-tumpuk tentu lebih susah untuk dikerjakan dan membutuhkan lebih banyak bahan. Pada umumnya semua tipe badan cocok dengan gaun ini, terutama yang memiliki lingkar pinggang kecil ataupun kamu yang ingin menyembunyikan pinggul besar.

4.Tipe Badan Atletis dan Hourglass- Model Column, Mermaid dan Trumpet.

4 Jenis gaun pengantin internasional berdasarkan bentuk tubuh

Contoh gaun pengantin model mermaid (credits : pixabay dari pexels)

Tiga model gaun pengantin seperti trumpet, mermaid ataupun column pada dasarnya memiliki kemiripan. Model yang cukup terkenal yaitu mermaid, yaitu gaun yang pas di badan sampai bagian lutut, setelah itu dilanjutkan dengan rok mengembang sampai menyentuh lantai menyerupai putri duyung.

Sedangkan pada model trumpet, gaun akan pas badan sampai bagian pinggul, selanjutnya akan mengembang namun tidak seheboh model mermaid, melainkan akan membentuk model terompet. Dan yang terakhir model column, dicirikan dengan modelnya yang pas badan dari atas sampai bawah, sehingga tidak ada ruang untuk menutupi kekurangan badanmu.

Ketiga model ini akan cocok digunakan pengantin yang percaya diri dengan badannya, terutama pengantin bertipe badan hourglass dan atletis, serta dapat memberikan kesan lebih tinggi pada pengantin.