Pada saat sekarang ini, bukan perkara mudah untuk mencari sebuah pekerjaan yang nyaman. Terkadang kita disudutkan dengan berbagai masalah dalam pekerjaan, yang membuat kita menjadi stres dan jenuh sendiri. Karena sebagian orang merasa bahwa pekerjaan yang mereka tekuni ini bukanlah sesuatu yang mereka inginkan dari hati, atau kita biasanya menyebut dengan istilah "Salah Jurusan" - mungkin.

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah pekerjaan yang dilakukan dari hati, apalagi yang berhubungan denga hoby kita sendiri. Tidak jarang hoby ini justru menjadi pundi-pundi penghasilan kita. Bahkan bisa dikatakan dapat mengalahkan gaji pekerja-pekerja kantoran sekalipun. Nah, dibawah ini ada beberapa jenis pekerjaan dari hoby yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

1. Blogger

4 Hobi sederhana yang bisa menghasilkan rupiah, bisa jadi jutawan

Tentunya kalian sudah mengetahui apa itu Blogger. Blogger adalah sebutan bagi orang yang hobi menulis di Blog - sebuah aplikasi web berisi tulisan & gambar yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Nah, Blogger juga ada macam-macam, ada Travel Blogger, Food Blogger, dan masih banyak lagi.

Blogger ini didasari oleh orang-orang yang hobi menulis, entah itu cerpen, artikel, berita, dan biasa dibarengi dengan hal lain , baik itu jalan-jalan ke berbagai tempat maupun negara, makan di cafe dan restoran ternama, maupun hanya sekedar nongkrong dan seru-seruan bersama teman-teman.

Lalu apa yang membuat kita dapat berpenghasilan dari pekerjaan ini?

Pertanyaan ini mungkin sederhana, tapi buat para Blogger yang sudah aktif sekian lama, biasanya Blog mereka mempunyai Viewers yang lumayan banyak.

Dari Viewers inilah nantinya pundi-pundi rupiah akan datang. Pada dasarnya website Blog adalah milik raksasa Google. Nah, Google lah yang bertanggung jawab untuk memberi penghasilan kepada si Blogger melalui fitur AdSense yang ada di Google itu sendiri. Namun bukan hanya dari itu saja. Para Blogger juga bisa mendapatkan penghasilan dari Endorsment maupun sponsor.

2. Youtuber

4 Hobi sederhana yang bisa menghasilkan rupiah, bisa jadi jutawan

Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya YouTube. YouTuber adalah sebutan bagi para penggunanya. YouTube pada hakekatnya sama seperti Blog, mereka masih milik raksasa Google. Yang membedakannya dari Blog yaitu, YouTube berisi konten-konten video.

Nah, bagi para videografer, YouTube adalah media bagi mereka untuk memperlihatkan hasil kerja mereka kepada orang banyak, bukan hanya didaerah lokal, tapi secara Global. Disinilah segala macam kreatifitas kita dapat dilihat oleh dunia. Tidak jarang YouTuber ini menjadi terkenal karena video-video mereka yang menjadi viral di dunia. YouTube itu kurang lebih sama seperti Blog, YouTube bisa kita gunakan untuk memberikan informasi, edukasi, apapun itu yang dapat memberikan manfaat maupun hanya sekedar Joke ataupun untuk seru-seruan.

Jadi, YouTube itu adalah blog yang berupa Blog. YouTuber juga bisa mendapatkan penghasilan dari sponsor-sponsor, tidak jarang juga mereka memberi barang untuk mempromosikan produk-produk mereka. Di YouTube, kreatifitas kita harus lebih ditekan, agar dapat menampung lebih banyak Viewers dan Followers.

Sistem kerja YouTube juga bisa dikatakan sama dengan Blog. Karena mereka masih ada dibawah kendali Google, google lah yang bertanggung jawab untuk memberi penghasilan kepada seorang YouTuber, tentunya dengan syarat-syarat tertentu.

Setidaknya kita harus memiliki minimal 10.000 viewers, dan channel YouTube kita harus terhubung dengan AdSense agar Google dapat menempatkan beberapa iklan di video-video kita. Dengan fokus dan konsisten, serta mau bekerja keras, pundi-pundi rupiah nantinya akan mengalir ke kita. Bukan hanya itu, kita juga bisa mendapatkannya dari pihak luar yang mengapresiasi karya kita.

3. Visual Art

4 Hobi sederhana yang bisa menghasilkan rupiah, bisa jadi jutawan

Nah, hobi yang satu ini bisa dikatakan anak muda banget. Visual Art seperti Graffity, Mural, HandWriting/Typography, dan Graphic Design sudah ada sejak dulu. Penggunaan media seperti cat, canvas, kuas, bahkan dinding sekalipun mempunyai keseruan tersendiri. Namun nyatanya baru sekarang ini Visual Art mulai diminati oleh banyak orang dengan munculnya komunitas-komunitas baru. Visual Art adalah seni yang luas, siapa saja bisa aktif dan ikut didalamnya, tentunya dengan usaha yang keras dan waktu yang tidak sebentar.

Namun bagi orang yang hobi dengan menggambar dan design, mereka mungkin tidak butuh waktu lama untuk belajar tentang Visual Art. Hanya sedikit usaha mereka bisa menjadikan ini sebagai suatu pekerjaan, bukan lagi sekedar hobi. Fakta menariknya, tarif untuk sekali melakukan proyek ini bisa dibilang cukup wah.

Karena seperti yang kita tahu, pekerjaan yang dilakukan dengan otak itu lebih mahal ketimbang dengan otot. Apalagi pada saat sekarang ini, perusahaan-perusahaan besar sudah mulai terbuka dan mau merangkul komunitas-komunitas visual art di kota-kota besar. Ini lah yang membantu para artist-artist ini untuk mempunyai penghasilan lebih dari hobi mereka sendiri.

4. Fotography/Cinematography

4 Hobi sederhana yang bisa menghasilkan rupiah, bisa jadi jutawan

Siapa disini yang hobi foto dan main video? Bagi kalian yang memiliki hobi ini, tentunya sudah mengerti bagaimana hobi ini bisa menghasilkan. Hobi ini salah satu hobi yang cukup menyenangkan dan memiliki cakupan yang luas. Hanya dengan memiliki sebuah kamera, kita dapat mengasah ilmu kita agar lebih maksimal.

Jika sudah mendapatkan hasil yang maksimal, orang-orang dapat menghargai karya kita dan tidak jarang pula orang-orang mengapresiasi karya kita dengan membelinya, dan bisa juga menggunakan jasa kita untuk melakukan suatu pekerjaan, tentunya yang berhubungan dengan hobi kita tadi ya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kita juga dapat membuat studio kita sendiri. Dengan begitu, orang-orang lebih dapat percaya dan lebih mudah menerima karya kita.

Itulah beberapa hobi yang cukup sederhana yang penulis kira dapat memberi kita penghasilan lebih. Hobi-hobi ini akan dapat membantu kita mencari penghasilan lebih jika kita lakukan dengan serius dan tentunya dengan kerja keras.

Apakah kalian punya hobi lain yang bisa menghasilkan selain yang disebutkan diatas? Jika ada, sebutkan dikolom komentar ya.