×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Fauna unik ini mudah ditemui di bawah Laut Bunaken

0

Jalan-Jalan

4 Fauna unik ini mudah ditemui di bawah Laut Bunaken

Surga bawah air yang ada di Pulau Bunaken menawarkan pesona cantik biota lautnya. Pencinta pesona bawah laut wajib mampir nih.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gracey Wakary

09 / 07 / 2019 13:51

Bunaken bukan nama baru bagi dunia pariwisata karena si pulau cantik yang ada di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) ini dikenal memiliki keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa. Sejak ditemukan sekitar akhir tahun 1979 lalu, bawah laut Bunaken langsung menjadi primadona para wisatawan dunia, dan baru baru ini Presiden RI Joko Widodo pun mengakui kecantikannya.

Memang bawah laut Bunaken kaya dengan biota alias flora fauna unik yang menarik selain wall alias dindingnya yang penuh dengan coral sehat. Bagi yang penasaran, ini dia empat fauna unik yang mudah ditemui di dalam Laut Bunaken. Hebatnya lagi mereka juga ikon pesona dari taman laut yang masuk dan diakui sebagai salah satu destinasi berkelas dunia yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan pencinta pesona bawah laut.

1. Si penyu hijau yang santai.

Penyu hijau ini biasanya berada di area soft coral yang ada di wall bawah laut Bunaken. (foto: graceywakary)

Bawah laut Pulau Bunaken kini menjadi salah satu kerajaan Penyu Hijau alias si Green Turtle. Di beberapa spot penyelaman seperti Fukui, Lekuan satu dan Lekuan dua, penyu hijau dengan berdiameter satu meter ini mudah ditemui mulai di kedalaman 15 meter. Aktivitas yang mereka lakukan amat beragam, mulai dari tidur hingga makan aneka coral. Walau mudah ditemui, namun sebagai penyelam tidak dianjurkan untuk memegang alias melakukan kontak langsung dengan si hijau ini, biarkan mereka hidup liar.

Loading...

2. Si Hiu ekor putih.

Jangan takut bertemu dengan hiu ekor putih, mereka adalah hewan bawah laut yang tidak akan menganggu dan mereka senag berada di celah celah wall di bawah laut Bunaken. (foto:graceywakary)

Bawah laut dari Pulau Bunaken dikenal sebagai kawasan sehat, jangan heran hiu pun hidup nyaman di sini. Bagi yang senang menyelam, maka jangan kaget jika bisa bertemu dengan kawanan hiu atau melihat mereka beristirahat di beberapa gua yang ada di spot penyelaman di surga ini. Dan yang paling penting mereka tidak menyerang. Ada kalanya jika bertemu dengan penyelam, para hiu memilih untuk menghindar atau berenang menjauh.

3. Si Nemo yang imut.

Si Nemo imut ini jadi biota yang paling sering ditemui di kawasan perairan Bunaken. (foto: graceywakary)

Si mungil Anemone fish alias si nemo (clown fish) ini sangat mudah ditemui di setiap spot yang ada di pulau yang hanya berjarak sekitar 40 menit dari Kota Manado (menggunakan kapal laut). Menurut salah satu peneliti kelautan asal Swiss, Liana Lasut dalam penelitiannya di tahun 2010 lalu, bawah laut dari Pulau Bunaken memiliki sekitar lima jenis anemone fish dari tujuh jenis yang ada dunia. Kehadiran si nemo ini juga disebut sebagai tanda bahwa area perairan laut tersebut sehat. Dari kedalaman lima meter ikan ikan unik yang berdiam di anemone ini bisa ditemukan dengan ragam warna cantiknya.

4. Lion Fish aneka warna.

Lion Fish ini jadi target untuk dijadikan obyek foto. (foto: gracey wakary)

Ikan cantik dan terlihat memiliki rumbai ini juga menjadi penghuni yang yang amat mudah ditemui. Biasanya ia berdiam mulai di kedalaman 5 meter hingga 15 meter. Warna-warni yang menarik mata mulai dari kuning, oranye, hitam, hingga putih juga punya pesona menjadi objek foto para fotografer bawah laut dengan ukuran yang beragam, dari sebesar jempol kaki hingga seukuran kepala bayi. Dan lagi-lagi tidak disarankan untuk menyetuhnya karena fauna ini juga memiliki racun yang terletak di kepalanya dan rumbainya.

Keempata biota inilah yang mudah terlihat dan pasti ditemui di bawah laut dari kawasan wisata yang disebut paradise underwater. Jika kamu beruntung, ada juga biota unik seperti sunfish alias si mola mola, napoleon, eagle ray juga bisa ditemui di sini, serta kawanan orca alias killer whale (namun ini biasanya terlihat di bulan bulan tertentu). Nah, bagaimana, berminat untuk menikmati keindahan bawah air Bunaken? Selamat jalan-jalan. *(teks dan foto: gracey wakary)






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red