×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Faktor yang perlu diperhatikan terkait Idul Adha di tengah pandemi

0

N/A

4 Faktor yang perlu diperhatikan terkait Idul Adha di tengah pandemi

Diperlukan protokol kesehatan yang berbeda untuk kurban dalam kondisi pandemi saat ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Shendy Pratama

28 / 07 / 2020 12:05

Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah telah ditentukan dalam sidang isbat oleh Kemenag, Selasa (21/7/2020). Ditetapkan 1 Dzulhijjah 1441 Hijriah jatuh pada Rabu, 22 Juli 2020. Lalu, Idul Adha bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 2020 jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. Sidang dipimpin langsung oleh Menteri Agama RI, Fachrul Razi.

Source : https://www.matakepri.com/images/data/news-pic/20171029231050-IMG-20171030-WA0026.jpg

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, banyak hal yang harus dipersiapkan umat agar dapat berjalan dengan baik, salah satunya adalah pelaksanaan kurban. Persiapan harus lebih matang dari tahun-tahun sebelumnya mengingat kondisi saat ini masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) telah menerapkan protokol pelaksanaan kurban 2020, Senin (6/7/2020). Banyak hal yang harus diperhatikan demi terjadinya pelaksanaan yang baik dan menghindari penyebaran Covid-19. Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam protokol yang dianjurkan, sebagai berikut:

1. Sumber Daya Manusia (SDM).

Loading...

Source : https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/2A4TGGwAdgFSq6HtPfWFVheSc9Q=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2866447/original/032795900_1564380551-20190728-Hewan-Kurban-di-Depok-Diperiksa-Kesehatannya-ANTONIUS-2.jpg

Baznas melakukan pembatasan jumlah panitia dan pekerja pelaksanaan kurban. Tentu dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini juga diharuskan melakukan physical distancing serta memakai peralatan APD (Alat Pelindung Diri) seperti masker, sarung tangan, sepatu boots, apron, dan kacamata safety.

2. Pemilihan hewan kurban.

Source : https://sapiqurbanbandung.com/wp-content/uploads/2015/07/SAPI-METAL-SUPER.jpg

Faktor ini nampaknya tidak terlalu berbeda dengan kondisi normal saat kurban tahun-tahun sebelumnya. Pemilihan hewan kurban harus memperhatikan standar yang sesuai persyaratan syariat Islam seperti berciri hewan jantan, gemuk, cukup umur (matang), sehat, tidak cacat, serta secara administrasi juga harus tersedia surat Keterangan Kesehatan Hewan dengan didukung pemeriksaan hewan kurban oleh dokter hewan atau petugas berwenang.

3. Tempat pelaksanaan kurban.

Source : https://www.cakrawalamedia.co.id/wp-content/uploads/2019/07/Penyembelihan-Hewan-Kurban-di-RPH-Kota-Tasik.jpg

Penyembelihan hewan kurban biasanya menjadi perhatian banyak orang, terutama masyarakat setempat biasanya akan beramai-ramai turut menyaksikan. Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini pelaksanaan kurban dalam kondisi pandemi Covid-19.

Baznas sangat menganjurkan agar penyembelihan hewan kurban dilakukan tanpa melibatkan dan mengundang perhatian banyak orang guna menghindari penyebaran virus Covid-19. Seperti biasa juga harus dilakukan di tempat layak, bersih, serta dilakukan di tempat penyembelihan hewan kurban yang tertutup seperti Rumah Potong Hewan (RPH) atau Tempat Pemotongan Hewan (TPH) yang terpisah dari pemukiman warga.

4. Pembagian daging kurban (distribusi).

Source : https://wikisopo.files.wordpress.com/2011/11/pc070052.jpg

Seperti biasa, setelah dilakukan penyembelihan, daging kurban dikemas dengan baik secara layak. Lalu, pembagian daging kurban dilakukan dengan metode push approach yaitu secara door to door mendatangi rumah warga yang telah terdata dalam data penerima daging kurban. Maka, tidak ada lagi pembagian kupon kepada masyarakat atau mengumpulkan massa yang ramai saat pembagian daging kurban. Ini tentu cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Walaupun sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu dalam kondisi pandemi Covid-19, semoga Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tetap berjalan dengan baik, lancar, dan bermakna seperti tahun-tahun sebelumnya. Serta tiap warga pun dapat menaati protokol kurban yang telah dianjurkan agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red