Naik kereta api, tut tut tut. Siapa hendak turut?

Siapa yang mau ikut jalan-jalan naik kereta api saat pandemi usai? Kamu pernah nggak sihbepergian dengan naik kereta api? Atau mungkin malah sering naik kereta?

Bepergian dengan kereta itu asyik banget, lho. Salah satu moda transportasi massal ini menawarkan keseruan yang nggak dimiliki oleh transportasi massal lainnya. Seasyik apa, sih? Baca saja ulasannya di bawah ini.

1. Proses boarding nggak ribet.

4 Alasan mengapa naik kereta api itu menyenangkan banget

Foto: http://bumn.go.id/keretaapi/berita/1-Aplikasi-KAI-Permudah-Masyarakat-Cari-Tiket-Lebaran

Sebelum naik ke kereta, kamu cukup menunjukkan boarding pass yang telah dicetak dan KTP ke petugas check-in. Kalau kamu menginstal aplikasi KAI Access di ponsel, kamu bisa check-in di aplikasi itu dan menunjukkan e-boarding pass ke petugas. Yup, kamu nggak perlu cetak boarding pass lagi.Setelah menunjukkan boarding pass cetak atau e-boarding pass, kamu tinggal mencari peron tempat kereta berhenti, menunggu kereta datang, dan enjoy the trip.

Nggak ribet, kan, proses boarding-nya? Bandingkan saat kamu naik pesawat. Sebelum ke konter check-in, kamu mesti menaruh barang-barang di mesin x-ray. Pun kamu akan diperiksa dan harus mencopot jam tangan plus sabuk dan memindahkan ponsel ke tas kalau masih berada di saku celana atau baju.

Begitu pemindaian selesai, kamu masih harus mengemasi barang-barang, terus baru deh mengantre di konter check-in. Yup, prosesnya memang seribet itu. Beda jauh dengan proses boarding ke kereta yang praktis. Cukup menunjukkan boarding pass dan KTP tanpa perlu melalui pemindaian barang bawaan.

2. Lebih nyaman.

4 Alasan mengapa naik kereta api itu menyenangkan banget

Foto: https://firstmareza.com/ka8-gmr-slo/

Dibandingkan bus atau pesawat, jarak antar kursi penumpang di kereta lebih lebar sehingga ruang gerak penumpang lebih lapang. Pun, penumpang bisa menyelonjorkan kaki dan meletakkannya di atas pijakan kaki. Ini tentu membuat penumpang nggak merasa capek meski perjalanan memakan waktu berjam-jam.

Selain jarak antar kursi yang lebih lebar, kenyamanan lain naik kereta bersumber dari lengkapnya fasilitas. Sebagai contoh, untuk kereta kelas eksekutif ke atas, di tiap kursi disediakan bantal kecil beserta stopkontak lengkap dengan tatakan mini untuk meletakkan ponsel.

Bukan itu saja, untuk perjalanan di malam hari, penumpang mendapat selimut tebal yang dibagikan oleh staf yang bertugas. Selimutnya wangi, lho. Jadi makan nyaman deh digunakan untuk menutupi tubuh saat kedinginan.

Ngomong-omong tentang dingin, sekarang seluruh kelas kereta baik itu luxury, bisnis, eksekutif, bahkan ekonomi, telah dilengkapi AC. Nggak perlu khawatir kepanasan lagi, deh.

3. Nggak akan bosan selama perjalanan.

4 Alasan mengapa naik kereta api itu menyenangkan banget

Foto: https://arenalte.com/berita/industri/4-produk-terbaru-hp-untuk-tingkatkan-produktivitas-kerja-modern/

Saat bepergian dengan kereta, kamu bisa bebas menggunakan peralatan elektronik (ponsel, laptop, dll) dan mengakses internet tanpa risau mengganggu keamanan. Jadi, selama perjalanan, kamu nggak akan mati gaya karena kebosanan.

Lebih asyiknya lagi, kursi di kereta kelas tertentu bisa diputar sehingga kamu bisa berhadapan dengan penumpang di belakang. Maksudnya, kalau kamu pergi ramai-ramai bersama keluarga atau teman-temanbisa memanfaatkan fasilitas kursi yang bisa diputar itu.

Dengan demikian, kamu bisa lebih leluasa bercakap-cakap dengan anggota keluarga atau teman yang duduk di belakangmu. Entah itu untukngobrol atau bermain gim-gim yang seru untuk membunuh waktu selama perjalanan. Jadinya, sekali lagi, kamu nggak akan bosan deh selama perjalanan.

4. Pemandangannya juara!

4 Alasan mengapa naik kereta api itu menyenangkan banget

Foto: https://mediaindonesia.com/read/detail/261814-naik-kereta-api-di-hari-istimewa-kereta-api (by Istimewa/KAI)

Ini nih yang banyak disukai orang saat naik kereta. Yup, pemandangan di luar yang bisa dinikmati selama perjalanan memang juara! Coba sajabuka tirainya,kamu langsung dibuat terkesima oleh pemandangan alamnya yang menyejukkan mata.

Sebagai contoh, saat naik kereta Argo Parahyangan (Jakarta - Bandung), kamu disuguhi pemandangan pegunungan. Kalau naik kereta Argo Bromo Anggrek (Jakarta - Surabaya), kamu bisa melihat laut di jalur utara Jawa. Lalu, untuk kereta Malabar (Bandung - Malang), pemandangan Gunung Sadakeling siap memesona kamu.

Dijamin, deh, pemandangan-pemandangan tersebut akan membuatmu semakin menikmati perjalanan. Bagi yang jago fotografi, jangan lewatkan kesempatan untuk memfotonya, ya!