×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Tips menyamarkan kulit tangan dan kaki yang belang

0

Cewek

3 Tips menyamarkan kulit tangan dan kaki yang belang

Ada cara untuk menyamarkan kulit belang, bahkan bisa hilang jika dilakukan secara rutin dan telaten.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

17 / 10 / 2019 13:55

Musim panas memang cocok digunakan untuk aktivitas outdoor karena cuaca dan lingkungan yang mendukung. Namun tak jarang ada beberapa orang yang malah enggan keluar saat musim panas karena tak tahan dengan teriknya matahari maupun takut kulit menjadi belang.

Kulit belang merupakan salah satu masalah yang sering dialami banyak orang, entah belang di tangan, kaki, dan terkadang pada wajah. Lalu mengapa bisa menjadi belang? Kulit memiliki zat warna gelap (cokelat atau hitam) alami yang disebut melanin.

Saat beraktivitas di luar, kulit akan terpapar sinar matahari dan membuat kulit melepaskan melanin untuk mengurangi radiasi sinar ultraviolet (UV). Nah, jika terlalu sering dan lama kulit terpapar matahari, maka semakin banyak melanin yang diproduksi dan akhirnya membuat kulit menjadi lebih cokelat atau hitam dibandingkan dengan area yang tidak terpapar sinar matahari. Namun walau begitu kita tetap bisa menyamarkan kulit belang dan membuat kulit tersebut warnanya rata. Berikut rangkuman tipsnya.

1. Sebelum rutin mengaplikasikan serum maupun masker alami, lakukanlah eksfoliasi.

3 Tips menyamarkan kulit tangan dan kaki yang belang

Loading...

Eksfoliasi yaitu mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit kusam maupun yang terdapat pada kulit belang. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan cara scrub. Tak perlu sering-sering karena terlalu sering tereksfoliasi justru membuat kulit tipis dan lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Kalian bisa scrub dengan bahan alami atau produk kecantikan di toko-toko. Kulit akan mengelupas, namun tak perlu khawatir sel kulit yang baru akan segera tumbuh. Jika proses pengelupasan sudah selesai, kalian bisa memakai serum atau masker alami secara rutin. Karena sel kulit baru pasti lebih mudah menyerap daripada sebelum dieksfoliasi.

2. Mengaplikasikan serum maupun masker alami secara rutin.

3 Tips menyamarkan kulit tangan dan kaki yang belang

Gambar: shefinds.com

Sekarang ini banyak sekali produk serum pencerah yang beredar dan bisa dimanfaatkan. Jika rutin memakainya, secara perlahan kulit yang belang akan samar, berangsur menghilang, dan warna kulit tangan maupun kaki pun rata kembali.

Jika ingin yang alami, kalian pun bisa memanfaatkan bahan berikut ini.

Lidah buaya.

Lidah buaya memang terkenal baik untuk rambut dan kulit. Penggunaan lidah buaya bisa membuat kulit tetap lembap. Cara membuat masker ini, cukup oleskan gel lidah buaya dan minyak almond ke bagian kulit yang lebih gelap selama 15-20 menit kemudian dibilas. Selain itu kalian juga bisa memadukannya dengan mentimun. Campur mentimun yang sudah diblender dengan dua sendok makan gel lidah buaya hingga adonan menjadi pasta. Lakukan secara rutin hingga belang berangsur samar.

Madu.

Madu juga baik untuk kulit. Cara membuat masker ini dengan campurkan madu, sirup lemon, dan glesorin. Oleskan pada bagian yang belang dan lakukan secara rutin hingga belangnya mulai samar.

Kunyit.

3 Tips menyamarkan kulit tangan dan kaki yang belang

Gambar: womensok.com

Menurut sebuah studi, kunyit dapat membantu melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari jika dibuat menjadi krim. Caranya, parut kunyit lalu campurkan dengan sedikit air. Diamkanlah hingga mengendap lalu ambilan sari endapan kunyit tersebut untuk dicampur dengan tepung beras. Oleskanlah dan tunggu hingga lulur mengering sambil dipijat, kemudian bilas dengan air hangat. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya secara rutin.

Dengan catatan kalian harus rutin dan sabar karena bahan alami butuh waktu agak lama untuk bekerja, namun tidak menimbulkan efek samping.

3. Perawatan yang baiknya dihindari.

3 Tips menyamarkan kulit tangan dan kaki yang belang

Perawatan dengan masker lemon, jeruk nipis, dan buah sitrus sejenisnya memang bisa membantu mengangkat kuli mati, tapi tidak bisa mengurangi produksi melanin. Pemakai yang kemudian membiarkan kulit terpapar sinar matahari justru akan menyebabkan kulit terbakar karena kandungan dalam buah sitrus membuat kulit lebih peka terhadap sinar UV.

Selain itu juga jangan sembarangan memakai serum maupun lotion karena bisa jadi mengandung merkuri atau steroid yang berbahaya. Selalu pilih produk yang sudah mendapat izin edar dari Badan POM, Kemenkes.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red