×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Cara mudah memenuhi kebutuhan vitamin D bagi tubuh

0

Kesehatan

3 Cara mudah memenuhi kebutuhan vitamin D bagi tubuh

Vitamin D saat ini sangat dibutuhkan tubuh guna menangkal berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu menghindarkan dari wabah Corona.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Jafa

04 / 06 / 2020 16:22

Pandemi Covid-19 hingga sekarang tak kunjung usai. Masyarakat diimbau agar tetap di rumah saja, hal ini guna memutus rantai penyebaran virus ini. Entah sampai kapan saja harus berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktivitas fisik yang berarti. Belum lagi jika tidak ada aktivitas fisik tubuh akan cepat lemas dan ingin rebahan. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk kesehatan karena dapat menurunkan kekebalan tubuh dan menyebabkan mudah terserang penyakit.

Cahaya Matahari Sumber Vitamin D Penangkal Virus

 

Kelompok peneliti di Northwestern University menggunakan data statistik dari rumah sakit yang didistribusikan di beberapa negara, antara lain Cina, Prancis, Jerman, Italia, Iran, Korea Selatan, Spanyol, Swiss, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.

Hasil penelitian ini menemukan fakta para pasien yang berasal dari negara-negara dengan tingkat kematian tinggi dari Covid-19 memiliki tingkat vitamin D rendah. Negara tersebut antara lain Italia, Spanyol, dan Inggris Raya. Vitamin D diharapkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mencegah sistem imun terlalu aktif. Orang yang memiliki vitamin D yang cukup dapat terhindar dari berbagai gangguan, termasuk kematian akibat pandemi Corona.

Loading...

Kecukupan asupan vitamin D bagi tubuh dapat menghindarkan tubuh dari penyakit rheumatoid arthritis, tuberkulosis, multiple sclerosis, diabetes tipe 1, dan osteomalacia. Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat menyebabkan penyakit rakitis. Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat mengurangi risiko infeksi Corona meskipun hal ini masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut.

Makanan Bergizi Yang Mengandung Vitamin D

Vitamin D memang sangat baik untuk tubuh, namun bukan berarti kita harus memborong suplemen dan vitamin di toko atau apotek, ya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, khususnya vitamin D.

1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Yang Kaya Akan Vitamin D

Makanan yang mengandung banyak vitamin D seperti susu sapi, susu kedelai, yogurt, jamur, kuning telur, dan minyak ikan. Selain itu bisa juga menggunakan sumber makanan laut seperti ikan sarden dan tuna yang juga merupakan sumber vitamin D dan baik untuk dikonsumsi. Makanan tersebut sangat gampang untuk ditemui di pasar. Kamu tidak perlu membeli semuanya, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan anggaran. 

2. Berjemur di bawah sinar matahari.

Sinar matahari mengandung sinar UV dan vitamin D gratis yang bisa dinikmati semua orang. Berjemur di bawah sinar mata hari juga memberikan manfaat pada kulit. Selain itu sinar matahari juga dapat membantu berbagai penyakit khusus jamur.

Berjemur juga harus ada aturannya. Berjemur di bawah sinar matahari yang baik adalah pukul 6-9 pagi. Yang terpenting lakukan sebelum pukul 10 pagi. Kamu dapat berjemur selama 20-30 menit, satu minggu sekali atau dua kali.

3. Mengonsumsi suplemen vitamin D.

Sekarang ini banyak suplemen dan vitamin yang dijual di toko-toko terdekat. Kamu dapat membeli dan mengonsumsi dengan mudah. Namun perlu dipertimbangkan jika mengonsumsi suplemen tidak boleh berlebihan sebab bukan sehat yang didapat malah penyakit baru yang mendekat.

Itulah beberapa cara mendapatkan vitamin D yang cukup bagi tubuh. Selain menghindarkan dari berbagai penyakit juga memberikan kesehatan tulang yang kokoh. Menambah asupan vitamin D juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin D seperti penjelasan di atas.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Kita pun selalu dalam kondisi sehat serta pandemi Corona yang melanda dunia bisa cepat pulih serta aktivitas bisa berjalan dengan normal.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red