Wabah Covid-19 kian merebak. Untuk menanggulanginya, Pemerintah menyerukan kepada masyarakat agar belajar, bekerja dan beribadah di rumah saja. Kini masyarakat memiliki banyak waktu untuk berada di dalam rumah.

Salah satu aktivitas untuk mengatasi kejenuhan berada di dalam rumah adalah bercocok tanam di dapur. Hal ini membuat tanaman cantik tumbuh di dapur sekaligus dapat langsung dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Akun Facebook resmi milik Kementerian Pertanian RI mengunggah bahwa terdapat tiga tanaman yang dapat ditanam di dapur. Ketiga tanaman tersebut merupakan bahan makanan.

1. Selada.

Dengan cara menempatkan bagian akar putih selada dalam botol kaca yang diisi air. Jangan lupa selalu ditambah air dan terkena sinar matahari yang cukup. Selada dapat digunakan untuk mencegah panas dalam perut, melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi, serta memproduksi hemoglobin dalam darah.

2.Cabai.

Cukup sebarkan biji yang sudah dikeringkan, lalu disiram berkala di bawah sinar matahari sampai tumbuh dan berbuah. Cabai bersifat stomakik, yaitu mampu menambah nafsu makan. Kandungan capcaisin dalam cabai berkhasiat menghilangkan pegal dan ngilu akibat rematik.

3.Seledri.

Potong bagian bawah seledri, lalu letakkan pada mangkok yang berisi air hangat. Kemudian biarkan terkena sinar matahari langsung. Adapun manfaat seledri bagi kesehatan di antaranya; menurunkan kadar kolesterol darah, memperlambat proses penuaan dan mengobati alergi pada tubuh.

Selamat mencoba!