×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
15 Cara menikmati hari Senin ini bisa jadi 'moodbooster'

0

Life

15 Cara menikmati hari Senin ini bisa jadi 'moodbooster'

Foto: pixabay/Isucc

Hari Senin seolah jadi 'musuh' bagi banyak orang. Kamu termasuk?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DwiS

17 / 09 / 2019 10:09

Kalau sudah hari Senin, banyak dari kita yang mengunggah “I Hate Monday” di media sosial saking merasa malas untuk memulai aktivitas. Terutama buat para pekerja kantoran, pelajar sekolah, ataupun mahasiswa. Seolah Senin adalah hari yang paling tidak mengenakkan, padahal toh ketemu juga tiap seminggu sekali.

Menikmati liburan akhir pekan Sabtu dan Minggu (atau Minggu saja) rasanya tak cukup, waktu terasa cepat berlalu. Ketika Minggu malam tiba, kita mulai gelisah mengingat besoknya adalah Senin. Kamu merasa seperti itu? Tenang, kamu tak sendiri.

Bagaimanapun malasnya kita dengan hari Senin, tetap saja harus terima kenyataan. Lagipula, kalau dipikir-pikir lagi, apakah benar kita sebenci itu dengan yang namanya hari Senin? Memang salahnya di mana? Atau, kita sebenarnya hanya ikut-ikutan saja mentang-mentang orang lain banyak menulis kata-kata itu.

15 Cara menikmati hari Senin ini bisa jadi 'moodbooster'

Weekend rasanya cepat berlalu dan tibalah hari Senin yang sering bikin kita tidak semangat. (foto: pixabay/lumpi)

Loading...

Semua hari tentu istimewa. Kita tidak pernah tahu ada peristiwa atau kejutan apa yang menanti kita di hari Senin. Bagaimanapun, kita harus tetap bersyukur karena masih bisa menjalani hari dengan normal, masih bisa hidup dan bernapas.

Coba deh bayangkan, orang yang sedang sakit serius dan terbaring di rumah sakit. Mungkin mereka akan berdoa dan berharap masih bisa berjumpa dengan hari esok, ya Senin, Selasa, dan seterusnya. Mengapa kita yang masih sehat harus membenci hari Senin? Mungkin mindset kitalah yang perlu diubah, walau tak mudah.

Ada sebuah studi yang diterbitkan oleh Telegraph, dilansir dari id.jobgoody.com, mengatakan tidak ada senyum dari para pekerja sebelum jam 11.16 siang. Psikolog Klinis Professor Alex Gardner berkata bahwa pekerja butuh waktu di hari Senin pagi untuk berkomunikasi dan bergabung dengan rekan kerjanya. Walau terpisah akhir pekan yang hanya dua hari itu, seorang pekerja butuh kepastian kalau dia masih bagian dalam tim dan memastikan bahwa lingkungan tempat kerjanya aman. Jadi, aktivitas mengobrol di Senin pagi bersama rekan kerja itu termasuk dari proses sosialisasi. Hmm… gimana menurutmu, guys?

Nah, supaya tidak lagi membenci hari Senin, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan semangat di awal pekan. Terutama nih, buat kamu yang memang rutin beraktivitas dari Senin hingga Jumat.

Mau tahu? Ini nih, 15 hal yang bisa kamu praktikkan sebagai moodbooster dan mulai mencintai hari Senin. Well, setidaknya tidak membenci hari Senin.

1. Tidur cukup.

15 Cara menikmati hari Senin ini bisa jadi 'moodbooster'

Atur waktu supaya bisa tidur cukup di malam hari dan tidak terlambat beraktivitas besok paginya. (foto: pixabay/Modman)

Di hari Minggu setelah melakukan banyak aktivitas bersama keluarga dan teman, saatnya kamu pulihkan tenaga dengan istirahat yang cukup, tidur malam setidaknya 8 jam. Jangan malah begadang yang akhirnya bikin badan gak fit dan mood buruk di hari Senin. Persiapkan diri dengan baik agar segala kerjaan lancar di hari Senin dan kamu pun puas dengan hasil yang dicapai.

Professor Leon Lack dari Flinders University, seorang ilmuwan ahli dan pengamat tidur, dilansir dari id.jobgoody.com, menguji sampel orang-orang selama akhir pekan untuk tidur lebih malam dari jadwal biasanya dan bangun dua jam lebih siang. Ia membandingkan sampel air ludah dan hormon. Hasilnya menunjukkan waktu pada tubuh para partisipan tertunda 45 menit.

Artinya, kita tidak terlalu mengantuk pada Minggu malam yang berakibat akan lebih merasa ngantuk di esok harinya. Dengan penelitian di hari-hari lain, hasil untuk yang ini jauh berbeda. Penyebabnya adalah ritme atau pola circadian manusia yang menentukan tingkat lelah menimbulkan efek seperti jet lag. Saat pertengahan pekan, kebanyakan orang sudah mulai di trek yang benar dengan siklus bekerja di pagi hingga sore, tidur di jam yang rata-rata sama saat malam. Tapi saat akhir pekan, orang-orang seolah tak ingin melewatkan malam satu menit pun, dan siklus ini terus berulang.

Jadi guys, dari kitalah yang harus mengatur waktu tidur dengan bijak agar tidak merugikan diri di keesokan harinya.

 2. Sarapan favorit.

Untuk memulai hari, bangun pagi untuk membuat sarapan kesukaan kamu. Cukup yang simpel saja seperti roti bakar atau pancake dengan olesan selai kacang favorit. Jangan lupa minum air putih yang cukup supaya tidak dehidrasi. Kalau bisa, pilih menu sarapan yang sehat supaya tubuhmu tetap fit dalam menjalankan aktivitas.

3. Meditasi.

Luangkan waktu 5 menit atau lebih untuk menenangkan pikiran dengan melakukan meditasi di pagi hari. Bisa di dalam atau di halaman rumah sambil menghirup udara segar.

4. Jalan kaki.

Untuk menghilangkan rasa malas, kamu bisa mencoba jalan kaki di sekitar rumah. Sambil menikmati udara pagi yang masih segar dengan suara kicauan burung di pepohonan, tentunya bikin pikiran rileks, badan sehat, dan turunkan stres. Jalan kaki di sekitar kompleks rumah dan saling tegur dengan para tetangga sekaligus bisa menjaga silaturahmi.

5. Lakukan hal favorit.

Ketimbang kamu mengeluh dengan hari Senin, lakukan hal yang bisa bikin hatimu senang. Bangun lebih awal, lakukan olahraga ringan, yoga, bermain sebentar dengan adik, dan sebagainya.

Dengan melakukan hal-hal menyenangkan di Senin pagi, bisa menambah semangat untuk melanjutkan aktivitas di kantor maupun di kampus.

6. Dandan.

Untuk menyemangati diri memulai hari Senin, cobalah untuk tampil beda dari biasanya. Dandan agak beda tentu tidak salah dong, selama tidak berlebihan. Coba make up baru dengan lipstik yang berbeda warna dari sebelumnya, rambut ditata, kenakan pakaian yang rapi dan wangi, jangan lupa tersenyum di depan cermin. Tetap percaya diri, yakin bahwa kamu istimewa dan siap menjalani hari dengan penuh semangat.

7. Pakai barang baru.

Kadang kita jadi lebih semangat kalau punya sesuatu yang baru. Misal, kamu baru saja beli jam tangan baru saat jalan-jalan bareng pacar di akhir pekan, nah, pakai itu untuk hari Senin. Hal kecil seperti itu bisa menambah semangat untuk memulai aktivitas. Gak hanya jam tangan, bisa perhiasan, tas, handphone, laptop, pakaian, kendaraan baru dan sebagainya.

15 Cara menikmati hari Senin ini bisa jadi 'moodbooster'

Lakukan hal menyenangkan untuk membangkitkan semangat menyambut hari Senin. (foto: pixabay/lavnatalia)

8. Tantangan.

Memulai hari Senin, kamu bisa menantang diri sendiri untuk melakukan hal seru dan kreatif. Misal, kamu harus menyelesaikan tugas kantor dengan waktu yang lebih cepat dari sebelumnya, tentu dengan hasil yang tepat tanpa kesalahan. Atau, kalau bosan dengan kantor tempatmu bekerja, kamu bisa mencoba melamar pekerjaan baru di hari Senin. Mau yang lebih santai? Kamu bisa mengajak temanmu untuk bermain game seru sepulang kantor atau kuliah. So, tidak ada alasan lagi untuk membenci hari Senin.

9. Buat rencana.

Kamu bisa membuat daftar rencana ke depan di hari Senin. Menulisnya bisa di rumah atau saat di kantor. Buatlah tujuan atau harapan-harapan logis yang ingin kamu wujudkan, sadari bahwa apa yang kamu lakukan di hari Senin adalah proses untuk mencapainya. Dengan begitu, kamu makin semangat dalam menyelesaikan segala tugas dan tak ada waktu buat mengeluh.

10. Meja kerja rapi.

Supaya tetap semangat selepas weekend, kamu perlu merapikan meja kerja di hari Jumat sebelum jam pulang. Luangkan waktu sebentar untuk merapikan meja kerjamu agar tidak berantakan yang bisa bikin mood jadi buruk. Kalau semua rapi, kamu pun tiba di kantor pada Senin pagi dengan hati tenang dan lebih semangat menyelesaikan tugas dari atasan.

11. Hindari tugas menumpuk.

Jangan biarkan semua tugas kantor/kampus menumpuk pada hari Senin, hal itu bisa bikin mood buruk dan malas untuk memulai hari. Atur waktu dan selesaikan semua tugas tepat waktu, jangan suka menunda-nunda.

Tugas yang menumpuk bikin kamu tergesa-gesa, kurang fokus yang justru bikin hasil kerjaanmu berantakan alias banyak terdapat kesalahan. Akhirnya, kamu dimarahi atasan, terpaksa harus menyelesaikannya ulang dari awal. Gak mau, kan? So, kerjaan semua tugas dengan teratur ya, guys.

12. Lagu favorit.

Sebagai penambah semangat, dengarkan saja lagu-lagu dari band atau musisi kesayanganmu. Kamu pasti punya musisi idola, kan? Nah, putar lagu-lagu mereka untuk menemanimu beraktivitas, boleh deh, sambil ikut bernyanyi-nyanyi kecil. Walau suaramu pas-pasan, yang penting hati senang.

13. Hadiah untuk diri.

Kamu gak perlu harus menunggu akhir pekan untuk bersenang-senang. Belilah benda yang bikin kamu terhibur. Seperti ke toko kue sepulang kantor untuk membeli sepotong blackforest kesukaanmu, makan malam bersama gebetan, nonton film seru di bioskop, perawatan tubuh ke spa, dan sebagainya.

14. Berangkat bersama.

Kalau biasanya kamu pergi ke kampus atau ke kantor sendiri, hari Senin berangkatlah bareng teman atau pacar. Entah itu naik kendaraan umum atau pribadi, mengobrol dan berbagi cerita di perjalanan bersama orang-orang yang kita sayang tentu terasa lebih menyenangkan, bukan?

Tapi tetap harus hati-hati ya, guys. Jangan sampai karena keasyikan ngobrol di jalan, kalian jadi tidak fokus saat berkendara, bisa bahaya! Di kendaraan umum pun harus lihat situasi dan kondisi, supaya gak kecopetan di jalan.

15. Janjian makan siang.

Menghilangkan rasa bosan di kantor atau di kampus saat hari Senin, banyak caranya. Salah satunya dengan kamu janjian makan siang bareng teman atau pacar di luar kantor. Walau dengan waktu yang singkat, kamu bisa menikmati momen kebersamaan apalagi ditemani orang-orang kesayangan.

Kalau sudah begitu, tentunya kamu jadi lebih semangat menunggu siang dan berusaha menyelesaikan tugas di kantor/kampus dengan cepat dan tepat. Ya, kan?

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red