×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

0

Kesehatan

10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

Jerawat merupakan salah satu musuh terbesar bagi sebagian orang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Jack Moend

28 / 03 / 2018 11:42

Banyak sekali cara dilakukan untuk terhindar dari musuh terbesar sebagian orang yaitu jerawat. Diantaranya merubah gaya hidup, penggunaan produk kecantikan dan perawata tertentu sesuai kondisi kulit. Siapa pun yang pernah mengalami jerawat pasti tak asing dengan berbagai isu-isu miring dan kesalah pahaman tentang masalah yang sudah umum ini. Berikut ini beberapa mitos terbesar jerawat yang sering dipercaya sebagian besar orang yang mengalaminya.

1. Jerawat hanya terjadi pada remaja

10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

Meskipun jerawat pada remaja sering terjadi, bukan berarti orang dewasa tidak akan terkena jerawat. Tidak sedikit orang semasa dibangku SMA kondisi kulit bersih dan mulus, tiba-tiba mengalami perubahan pada kulit mereka di usia 20 dan 30 tahun-an. Beberapa bahkan dapat terjadi di usia 40-an dan 50-an. Jerawat pada orang dewasa lebih sering dialami oleh wanita daripada pria dan kebanyakan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

 

2. Komedo disebabkan oleh pori-pori yang kotor

10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

Komedo atau bintik-bintik kecil yang tidak nyaman dipandang, kerap bermunculan akibat pori-pori tersumbat yang dipenuhi dengan kotoran. Minyak, sel kulit mati, dan bakteri pun dapat menghalangi dan menyumbat pori-pori, hingga menyebabkan tumbuhnya bintik komedo.

 

3. Tidak boleh menggunakan moisturizer atau pelembab

10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

Kesalahpahaman yang umum adalah tidak boleh menggunakan pelembap apapun pada kulit yang berminyak, karena ini akan memperparah kondisi jerawat. Justru ketika kulit tidak mendapatkan sentuhan moisturizer, ia akan menghasilkan minyaknya sendiri, yang menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak. Dokter kulit sekalipun tetap akan menyertakan pelembab khusus dalam racikan perawatan kulitnya, tentunya dengan bahan yang tepat untuk kondisi kulit tertentu.

 

4. Harus sering-sering untuk mencuci muka

10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

Keinginan untuk mencuci muka sesering mungkin pasti kerap terlintas, tetapi jangan pernah lakukan hal ini. Mencuci wajah terlalu sering dapat menghilangkan kelembaban alami kulit, yang akan menyebabkan kelebihan produksi minyak dan pastinya akan berdampak pada kulit yang semakin berminyak.

 

5. Pasta gigi mempercepat pengeringan jerawat

10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

Mungkin ini menjadi solusi termudah bagi sebagian orang untuk mengeringkan jerawat membandel, tetapi menurut pakar ahli kulit, jangan lakukan ini. Pasta gigi mengandung bahan kasar yang mampu mengiritasi kulit. Namun, para ahli masih membahas beberapa aspek mengenai mitos ini. Faktanya adalah beberapa pasta gigi mengandung triclosan, suatu antimikroba yang membunuh bakteri yang memungkinan pasta gigi mampu membantu, namun tidak seharusnya untuk dilakukan.

 

6. Memencet jerawat memudahkan jerawat keluar

10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

Mengekstrak jerawat adalah pekerjaan yang paling tepat dilakukan oleh tangan ahlinya, dokter kulit. Mereka memiliki alat yang tepat dan sesuai standar steril untuk memastikan ekstraksi tanpa efek samping yang makin buruk. Ketika memencet jearwat, bakteri pada jari dan kuku yang kotor dapat menyebabkan infeksi dan bahkan memperburuk kondisi jerawat.

 

7. Tabir surya atau sunscreen akan membuat jerawat makin buruk

10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

Meskipun bahan yang terkandung dalam beberapa tabir surya tidak selalu cocok untuk semua jenis kulit, bukan berarti aman untuk terkena sinar matahari tanpa perlindungan apa pun. Sedikit paparan sinar matahari dapat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, paparan sinar matahari langsung selama berjam-jam justru tidak baik untuk kesehatan. Jika memiliki kondisi kulit yang begitu sensitif, baiknya konsultasi pada dokter kulit untuk merekomendasikan tabir surya yang cocok.

 

8. Lakukan eksfoliasi sebanyak mungkin

10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

Pengelupasan kulit adalah langkah penting dalam setiap tahap perawatan kulit, tetapi seharusnya tidak terjadi secara berlebihan. Produk perawatan kulit yang kasar dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan dan iritasi kulit, yang justru dapat memperburuk kondisi jerawat.

 

9. Masalah kesehatan tertentu pemicu jerawat

10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

Beberapa faktor gaya hidup seperti diet dan hormon memiliki dampak pada kulit, jerawat tidak selalu harus memiliki penyebab yang mendasar. Jerawat pasti bisa menjadi gejala yang tidak menyenangkan dari suatu kondisi seperti polycystic ovary syndrome (PCOS), tetapi jangan segera berasumsi buruk. Amati jerawat selama beberapa bulan dan kemudian cari perawatan lebih lanjut untuk memastikan kemungkinan apa yang mendasari jerawat itu timbul.

 

10. Obat satu-satunya pilihan perawatan tepat

10 Mitos jerawat yang seharusnya jangan dipercaya

Tidak semua kasus jerawat sama parahnya dan tidak ada satu tolak ukur yang pas untuk semua perawatan untuk jerawat. Jika seseorang cocok dan mendapat manfaat dari pengobatan terntentu, itu tidak berarti orang lain juga akan merasakan hal yang sama. Konsultasikan dengan dokter kulit bagiamana kondisi kulit sendiri, dan perawatan apa yang cocok dengan kondisi kulit tersebut.

Source







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red