×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di dunia

0

Serem

10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di dunia

Bikin bulu kuduk merinding.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Norvin Patrick

04 / 03 / 2018 07:33

Kalau berbicara tentang makhluk penghisap darah pastinya di era modern ini yang pertama kali teringat oleh kita adalah vampire. Namun ternyata di banyak negara dengan cerita rakyatnya masing-masing juga mempunya sejenis mahluk menyeramkan yang menghisap darah korbannya, baik karena disakiti hatinya sampai yang memang cara satu satunya mereka hidup adalah dengan menghisap darah.

Oleh karena itu penulis berbaik hati membuat 10 daftar makhluk legenda dari berbagai cerita rakyat yang suka menghisap darah korbannya. Penasaran? Ayo kita cek daftarnya yang penulis sudah rangkum dari berbagai sumber.

1. Yara-ma-yha-who

10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di dunia 

gambar: wikia.com

Loading...

Australia terkenal karena menjadi rumah bagi beberapa hewan yang sangat berbahaya. Salah satu yang sering luput dari perhatian orang adalah yara-ma-yha-who. Mahluk mitologi ini seperti vampir yang artinya suka minum darah namun aneh karena lebih suka berburu di siang hari.

Yara-ma-yha-who memiliki tinggi 1,2 meter. Mahluk ini akan mengintai di pohon, akan menunggu seseorang lewat dibawah sebelum melompat keatasnya. Dengan menggunakan pengisap pada tangannya, karena kekurangan gigi, ia minum hampir semua darah dari orang tersebut. Apabila korban masih hidup kemudian ditelan seluruhnya oleh yara-ma-yha-who. Tidak puas dengan makan seseorang satu kali, kemudian akan muntah korban, mungkin untuk memakannya lagi nanti.

Mereka yang diserang berkali-kali oleh yara-ma-yha-who akan mendapati diri mereka menjadi yara-ma-yha-who itu sendiri. Mereka yang ingin melihat yara-ma-yha-who dengan mata kepala sendiri harus berhenti sejenak di bawah pohon ara di Australia.

2. Kappa

10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di dunia

gambar: ancient-origins.net

Kappa adalah monster Jepang dengan beberapa kebiasaan meresahkan. Tidak hanya akan berusaha menghisap semua darah dari seseorang, tapi juga akan menghilangkan jiwa seseorang melalui anus mereka.

Kappa adalah makhluk yang tinggal di dalam air yang dalam kebanyakan gambar menyerupai kura-kura yang mengerikan. Kaki reptil panjang yang menonjol dari cangkang di punggungnya. Tungkai ini memiliki kekuatan luar biasa dan menarik korban manusia dan hewan di bawah permukaan air, di mana kappa menghisap darah mereka.

Untuk mengalahkan kappa (selain suka membunuh, makhluk ini sangat sopan), seseorang harus tunduk padanya. Sambil membungkuk, cairan pemberian hidup mengalir dari kepala kappa, dan mati.

Mereka dikatakan menangkap perenang dan mencuri hati mereka. Untuk melakukan ini, mereka harus mengeluarkan shirikodama dari anus korban. Shirikodama ini dalam mitologi Jepang dikatakan sebagai bola di dalam anus yang berisi jiwa. Juga, ingatlah untuk tidak membungkuk terlalu rendah.

3. Asema

10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di duniaPada siang hari, asema dari Suriname mengambil bentuk orang tua yang jelas tidak mengancam. Namun malam hari, asema akan menanggalkan kulit keriputnya dan berubah menjadi pengisap darah. Alih-alih mengambil bentuk setan yang mengerikan dari, asima berubah menjadi bola bersinar cahaya biru.

Bola biru kemudian melayang di udara untuk mencari korban. Karena tidak lebih substansial dari pada cahaya, ia mampu menyusup ke dalam rumah yang tertutup rapat sekalipun. Setelah menemukan korban yang tertidur, asema menghisap darah mereka. Jika darah korban enak, mereka akan menguras darahnya tanpa sisa, atau cukup darah untuk membiarkan korban sampai dalam keadaan lemah.

Untuk menangkal asema, orang orang di Suriname biasanya mendekorasi rumah mereka dengan bawang putih yang biasanya meniru vampir di Benua Eropa. Jika menginginkan perlindungan ekstra, bisa dengan mengonsumsi ramuan herbal yang akan membuat darah menjadi pahit sehingga asema tidak tergoda untuk menghisap darah.

4. Soucouyant

10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di dunia 

gambar: ning.com

Soucouyant ini memiliki banyak kesamaan dengan Asema di Suriname. Asal muasal Soucouyant ini di pulau pulau karibia. Dalam kasus soucouyant, seorang wanita tua mengubah dirinya menjadi bola api terbang di malam hari dengan menanggalkan kulitnya. Iblis bola api kemudian menyelinap ke rumah tidur melalui celah atau lubang kunci. Siapa pun yang dia temukan di dalam akan mengisap darah mereka.

Ketika rasa hausnya untuk hilang, soucouyant akan kembali ke kulitnya yang ditinggalkan sebelum berubah dan menjadi nenek nenek lagi dan. Hal ini memberi pemburu soucouyant kesempatan mereka untuk menyerang. Jika Anda menemukan setumpuk kulit manusia yang ditinggalkan oleh soucouyant, maka Anda harus memercikkannya secara bebas dengan garam.

Ketika soucouyant menempel di kulitnya setelah malamnya menghisap darah, dia akan menggaruk kayak orang gila karena garam itu membuatnya gatal.

5. Mandurugo

10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di dunia

gambar: pinterest.com

Di Filipina, ada sekelompok wanita muda cantik dengan sayap yang disebut kinnari. Mereka adalah karakter lembut yang dikenal setia kepada manusia yang mereka anggap sebagai kekasih. Jika orang itu cukup bodoh untuk menghancurkan hati kinnari, maka kinnari ini akan berubah menjadi mandurugo yang mengerikan.

Mandurugo menjaga penampilannya seperti siang hari, tapi di malam hari, dia tidur menjadi mandurugo. Dengan menggunakan lidah yang tajam, berduri, dan berongga, dia menusuk leher pria itu dan menyedot darahnya pada saat lelaki itu tidur. Dalam mitos, mandurugo dapat menikah beberapa kali, masing-masing suami secara meninggal secara misterius membuang saat diam-diam disedot darahnya di malam hari.

Dalam banyak cerita, seorang pria pintar yang mencurigai calon pengantin baru menjadi mandurugo akan tidur dengan pisau di tangannya. Ketika dia merasakan lida istrinya menyentuh lehernya, dia akan langsung menghunuskan pisau tepat ke dalam hati istrinya itu.

6. Asanbosam dan Sasabonsam

10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di dunia

gambar: google.com

Asanbosam adalah vampir yang ditemukan di pohon-pohon di Togo dan Ghana. Ia menunggu di cabang pohon, dengan kaki yang melengkung. Bagi seorang yang tidak beruntung yang lewat di bawah pohon akan menemukan diri mereka berada dalam cengkeraman asanbosam dan menghadapi gigi besi tajam makhluk itu yang akan menggigit tenggorokan mereka untuk menyedot darah mereka.

Selain itu ada Sasabonsam yang lebih menyerupai kelelawar, kecuali kaki melengkung mereka. Mereka ini kerabat dekat Asanbosam dan Sasabonsam juga suka bersembunyi di atas pohon untuk menangkap yang tidak waspada di bawah . Wajah mereka bisa menjadi seperti manusia, kecuali taring mereka, tapi lengan mereka sedikit gemuk dibandingkan dengan sayapnya yang besar. Sasabonsam sering digambarkan sangat kurus. Satu-satunya cara untuk memberi makan rasa lapar mereka adalah dengan menghisap darah manusia.

7. Jiangshi

10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di dunia 

gambar: google.com

Kalau di daerah Eropa vampir lebih menyerupai pria yang karismatik dan bisa  menjadi kelelawar atau hidup sebagai mahluk nokturnal dengan tubuh manusia, di China lain lagi, ada Jiangshi yang merupakan makhluk vampir dari mitologi Cina, yang juga dikenal sebagai "vampir melompat."

Seseorang akan menjadi Jiangshi ji mereka terbunuh oleh beberapa cara kekerasan atau telah melakukan bunuh diri dan jiwa mereka tidak dapat meninggalkan tubuh. Kucing yang melompati mayat bisa juga menyebabkan mayatnya menjadi Jiangshi.

Legenda jiangshi mungkin telah berkembang dari kebiasaan mayat yang diusung dari tiang seolah-olah berdiri. Gerakan tiang-tiang itu mungkin membuatnya tampak seolah-olah tubuh itu melompat mengikuti kemauannya sendiri. Metode untuk mengusir penghisap darah ini meliputi cermin, kayu pohon persik, air kencing anak laki-laki perawan, dan seruan seekor ayam jantan.

8. Impundulu

10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di dunia 

gambar: blueglass.co.uk

Impundulu berwujud seekor burung berbulu hitam putih seukuran manusia, dan mampu menciptakan petir dan kilat dengan sayap dan cakarnya. Mahluk ini juga dikenal sebagai burung petir, impundulu merupakan makhluk mirip vampir yang haus akan darah yang tak terpuaskan dan diasosiasikan dengan ilmu sihir yang kadang-kadang dimanfaatkan oleh dukun untuk menyerang orang lain.

Penyihir yang bersekutu dengan impundulu memiliki pilihan yang jelas: Dia bisa mengirimkannya untuk membunuh orang lain atau membiarkannya membunuhnya untuk memberi makan kelaparannya. Makhluk mitologi dalam cerita rakyat suku-suku di Afrika bagian selatan, meliputi suku Pondo, Zulu dan Xhosa.

Terkadang mengambil bentuk seorang pria atau wanita muda yang cantik, impundulu lebih suka meminum darah manusia tapi juga dikatakan memakan ternak. Saat mereka memakan nafas seseorang, mereka dikatakan menyebabkan tuberkulosis. Salah satu metode membunuh seekor impundulu adalah menawarinya susu beracun.

9. Strigoi

10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di dunia 

gambar : pinterest.com

Berasal dari Rumania, ada beberapa klaim yag mengatakan bahwa strigoi adalah vampir asli yang merupakan nenek moyang dari Dracula dan mahluk lainnya dalam tradisi Barat. Strigoi adalah mereka yang mati sebelum waktunya. Karena tidak dapat melanjutkan hidup sampai akhirat, mereka bangkit dari kuburan mereka. Penyebab lain seseorang menjadi strigoi termasuk kucing yang melompati mayat Anda, terlahir dengan rambut, atau menjadi anak ketujuh.

Dalam 40 hari pertama setelah kematian, strigoi dapat meninggalkan makam mereka untuk mencari darah. Mereka mungkin juga muncul sebagai binatang buas atau hantu. Setelah 40 hari berlalu, strigoi bisa menjadi [italic]moroi[italic] yang merupakan mayat berjalan fisik yang menyerang orang hidup. Cara menanggulangi Strigoi adalah dengan menggali badan orang yang menjadi strigoi pada siang hari dan mengambil hatinya. Setelah itu hatinya dibakar dan diberikan kepada orang yang akan didatangi(biasanya sudah bermimpi tentang strigoi lebih dahulu).

10. Penanggalan

10 Makhluk penghisap darah dari berbagai cerita rakyat di dunia 

gambar:wikipedia.com

Penanggalan adalah vampir dari yang berasal Asia Tenggara dan punya banyak nama di berbagai negara. Seringkali bisa ditemukan sebagai wanita muda yang cantik di siang hari. Pada malam hari, kepalanya dan beberapa bagian usus-usus lainnya mengapung jauh dari tubuhnya. Kepala yang lapar ini pergi mencari mangsa, yaitu wanita hamil dan bayi yang baru lahir menjadi korban pilihannya.

Penanggalan mendarat di atap rumah tempat seorang anak yang akan dilahirkan. Dengan lidah yang panjang dan tak kasat mata, menengguk darah yang ditumpahkan wanita saat melahirkan. Saat anak itu lahir, penanggalan menjerit. Mereka yang darahnya dihisap oleh penanggalan akan menderita penyakit yang berat dan hampir pasti akan mati. Saat penanggalan kembali ke rumahnya saat penuh darah dan harus merendam isi perut mereka yang bengkak dengan cuka sehingga mengecil agar bisa masuk kembali ke tubuhnya.

Untuk melindungi ibu hamil dari penanggalan, dedaunan berduri disebar di lantai untuk mengusir lidahnya yang menyelidik. Untuk membunuh penaggalan, perlu ditemukan tubuhnya saat kepala terlepas. Kaca pecah kemudian di isi di leher sehingga penanggalan akan merobek isi perutnya saat mencoba memasang kembali kepalanya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red