×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Jenis makanan ini bisa meningkatkan daya kreativitasmu lho

0

Kesehatan

10 Jenis makanan ini bisa meningkatkan daya kreativitasmu lho

Mengonsumsi makanan yang tepat dapat memberikan asupan pada otak sekaligus membangkitkan daya kreativitas.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Audy Ramadhani

18 / 09 / 2019 09:59

Kualitas makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap kemampuan kognitif kita. Kemampuan kognitif adalah aktivitas yang terkait dengan kemampuan berpikir, mengingat, berbahasa, dan daya kreatif. Sehingga untuk menjaga kebugaran tubuh dan kualitas otak yang baik, kita perlu memakan makanan yang baik pula.

Buat kamu yang ingin meningkatkan daya kreativitas, ada banyak cara untuk melakukannya. Karena setiap orang memiliki kreativitasnya masing-masing asalkan kita selalu berusaha untuk mengasahnya. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang merupakan asupan otak sekaligus dapat membangkitkan daya berkreasi. Yuk, kita intip apa saja makanan yang bisa melejitkan sisi kreatifmu!

1. Bayam.

bayam dan olahannya

foto: pexels.com

Loading...

Selain supaya kuat seperti Popeye, untuk meningkatkan kreativitas juga bisa dengan memakan bayam. Sayuran ini mengandung zat besi untuk memberi energi pada tubuh.

Selain itu, bayam mengandung asam folat dan vitamin B6 yang membantu menyeimbangkan nutrisi tubuh sehingga suasana hati menjadi nyaman. Bayam dan berbagai olahannya serta sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, dan selada juga bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif otak.

2. Kentang.

kentang

foto: pixabay.com

Olahan kentang manis akan menstabilkan mood dan memudahkan kita menagkap ide-ide cemerlang. Hal ini karena kentang kaya akan asam folat yang bisa menstabilkan gula darah. Jika gula darah normal maka kita tidak mudah mengantuk, otak fresh dan suasana hati menjadi nyaman.

3. Ikan.

ikan salmon

foto: pexels.com

Untuk meningkatkan kreativitas kita perlu makan makanan yang mengandung protein, salah satunya ikan. Ikan yang disarankan adalah ikan laut, seperti tuna, makarel, dan salmon. Penyajiannya bisa di-baked atau dikukus.

Ikan-ikan tersebut memiliki omega 3 tinggi yang baik bagi otak untuk meningkatkan daya konsentrasi serta memperlambat proses penuaan otak. Otak yang sehat tentu saja akan membuat daya kreativitas kita meningkat.

4. Telur.

telur

foto: pexels.com

Protein selain ikan adalah telur, terutama di bagian kuning telur. Mengonsumsi kuning telur satu hari satu kali masih terbilang aman. Kuning telur sendiri mengandung kolin yang dapat berpengaruh terhadap memori, kecepatan otak, dan memproses sensoris.

Selain itu, zat seng yang terdapat pada telur dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Kamu juga tidak perlu khawatir karena ada berbagai olahan telur yang bisa dinikmati agar tidak bosan.

5. Kacang-kacangan.

kacang-kacangan

foto: pexels.com

Kacang-kacangan juga termasuk sumber protein bagi tubuh. Mengonsumsi kacang bisa meningkatkan mood karena memiliki kandungan selenium. Selain itu kacang mengandung berbagai vitamin A, E, C, dan B6 serta serat yang bisa meningkatkan fungsi otak.

Kacang bisa dikonsumsi pada siang hari sehingga akan bekerja optimal pada sore hari di mana kerja otak dalam merangkai ide-de berada di puncaknya. Selain itu kacang bisa diolah dan dimasak dengan cara apa pun sehingga kita tidak mudah bosan.

6. Green tea.

green tea

foto: pexels.com

Mengonsumsi green tea secara rutin akan membuat tubuh kita terasa nyaman. Green tea dapat berfungsi untuk meningkatkan keterhubungan antara semua bagian tubuh. Selain itu ia juga mengandung anti oksidan yang dapat melindungi membran sel saraf dalam otak.

7. Yogurt.

yogurt

foto: pexels.com

Yogurt mengandung protein dan vitamin B yang tinggi yang berpengaruh dalam pertumbuhan jaringan otak dan menjadi sumber energi bagi otak. Selain itu yogurt juga mengandung kalsium yang berfungsi sebagai pengatur kecemasan. Hal ini berpengaruh terhadap kreativitas karena untuk menangkap ide-ide kita membutuhkan suasana hati yang tenang.

8. Buah-buahan.

berries

foto: pexels.com

Pada dasarnya semua buah-buahan mengandung vitamin yang baik bagi tubuh dan dapat membantu meningkatkan kreativitas. Namun, buah beri-berian seperti blueberry, blackberry, dan stroberi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Antioksidan ini bisa membantu melawan sel radikal bebas yang dapat merusak kerja otak. Selain itu, buah-buahan berpengaruh terhadap penerimaan sinyal otak. Sehingga informasi dan inspirasi akan mudah masuk.

9. Air putih.

mineral water

foto: pexels.com

Air putih sangat penting bagi tubuh karena 80% tubuh kita adalah air. Cairan tubuh kita harus selalu terpenuhi agar tidak mudah lemas dan membantu membuang racun dalam tubuh. Apabila banyak mengonsumsi air putih maka otak kita akan lebih sehat dan kreativitas pun meningkat.

10. Dark chocolate.

dark chocolate

foto: pexels.com

Dark chocolate mengandung antioksidan dan flovanol yang tinggi. Flovanol sendiri dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak sehingga bisa meningkatkan memori, konsentrasi, keterampilan pemecahan masalah, dan lain sebagainya. Namun, harus diingat untuk meningkatkan kreativitas adalah dark chocolate di mana setidaknya mengandung 70% kakao untuk mendapat manfaat dari cokelat.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red