Jika kamu berpikir bahwa generasi yang hidup sebelum komputer ditemukan memiliki kehidupan yang membosankan. Baik bangsawan dan petani selalu siap bersenang-senang dan cara hiburan mereka tidak selalu manusiawi dan aman seperti milik kita. Berikut 10 aktivitas menyenangkan yang disukai generasi sebelumnya. Banyak dari mereka masih ada saat ini dalam bentuk yang sedikit berubah sementara yang lain lenyap dan musnah entah ke mana.

1.Permainan papan

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Permainan papan pertama ditemukan di zaman kuno. Misalnya, permainan papan dari Mesir kuno yang disebut Senet adalah salah satu game tertua di dunia dengan gameboard dan bidak.

Rincian aturan tidak diketahui, rupanya, permainan ini dimainkan oleh 2 orang, seperti catur modern.

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Menurut legenda, Senet diciptakan oleh Thoth, dewa kebijaksanaan, yang menantang Khonsu, dewa Bulan, dan memenangkan beberapa hari ekstra untuk tahun ini. Thoth melakukannya untuk Nut, dewi langit, yang tidak bisa melahirkan anak pada setiap hari sepanjang tahun karena kutukan Ra.

Karena kemenangan Thoth, tahun itu diperpanjang 5 hari ekstra dan orang-orang Mesir mendapatkan permainan baru.

2.Pertarungan gladiator

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Hanya sedikit dari kita yang tahu bahwa tidak hanya pria yang bertengkar satu sama lain dan juga binatang liar di arena, juga ada wanita di antara gladiator.

Namun, mereka biasanya dipandang sebagai gladiator paegniarius (main) yang kebanyakan penghibur dan bukan pejuang sejati.

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Perkelahian yang mematikan sangat populer sehingga semua usaha untuk melarang mereka gagal sampai tahun 404 ketika seorang biarawan Kristen dari Timur, Telemachus, mencoba untuk menghentikan pertarungan antara gladiator. Tindakan ini menghabiskan nyawanya, dia dilempari batu sampai mati oleh orang-orang yang marah.

Pengorbanannya tidak sia-sia, Kaisar Honorius sangat terkesan dengan kemartiran rahib bahwa dia melarang permainan gladiator.

3.Hoop bergulir

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Versi penggulung lingkaran populer di Yunani Kuno dan berbagai variasinya juga tersebar luas di banyak bagian dunia termasuk Eropa, China, Amerika, dan Afrika.

Yang paling populer memiliki peraturan sebagai berikut: pemain harus mengangkat sebuah lingkaran di udara dengan tongkat dan menangkapnya dengan tongkat yang sama. Dalam beberapa variasi, ada 2 pemain yang bergiliran menangkap ring.

4.Permainan stick-pulling

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Permainan penarik tongkat adalah hobi umum di Eropa selama abad XIII-XIV. Ada dua varian utama:

-Tongkat kayu berfungsi sebagai penghalang antara peserta. Kemenangan tersebut dinyatakan saat salah satu kontestan berhasil membuat yang lain menekuk lutut mereka.

-Para peserta mencoba menarik lawan mereka melewati papan horizontal di antara mereka, dan orang yang berhasil melakukannya terlebih dahulu adalah pemenangnya.

5.Sesi frenologi

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Phrenology, studi yang menyatakan bahwa struktur tengkorak menentukan karakter seseorang, telah diperlakukan sebagai pseudosains sejak penampilannya, begitu pula astrologi dan spiritisme.

Namun, frenologi adalah gerakan populer yang meluas pada periode 1850-an sampai tahun 1890-an. Karena popularitasnya, banyak ahli frenologi bepergian, dan mereka selalu menarik perhatian besar di antara orang-orang yang yakin bahwa frenologi dapat memberikan penjelasan biologis mengenai proses mental.

6.Giant steps

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Meski sangat tidak aman, hiburan jenis ini sangat populer di kalangan kaum muda di AS dan Rusia pra-revolusioner. "Giant Steps" terdiri dari sebuah pos dengan cincin bergerak di bagian atas yang beberapa potong tali diikat. Para pemain menangkap tali, berlari, dan mengelilingi tiang itu.

Terkadang konstruksi begitu besar sehingga anak-anak membuat "langkah" yang sangat besar dan jika ada pemain yang terjatuh, kemungkinan cedera serius.

7.Freak shows

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Pertunjukan aneh bahkan lebih populer daripada acara TV modern karena generasi sebelumnya menyukai orang-orang yang cacat fisik dan dengan sedih, mengolok-olok mereka.

Pertunjukan ini memberi keuntungan besar bagi peserta mereka, orang-orang aneh bisa menghasilkan banyak uang dengan menunjukkan kekurangan mereka di setiap penjuru dunia. Misalnya, Julia Pastrana dari Meksiko adalah pemain dan penyanyi yang sangat populer di abad ke-19.

8.Pameran bayi prematur

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Tujuannya adalah untuk menarik perhatian massa karena pada waktu itu rumah sakit tidak dilengkapi dengan inkubator bayi khusus untuk merawat bayi dengan benar, dan fasilitas medis tidak ingin memebeli.

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Orang-orang akan mengunjungi pameran bayi di kotak kaca dengan penuh minat, dan uang yang terkumpul dibelanjakan untuk gaji perawat dan modernisasi inkubator.

Akibatnya, ribuan nyawa diselamatkan, dan setiap rumah bersalin mendapat inkubator bayi mereka sendiri.

9.Pertunjukan "Headless Girl"

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Pertunjukan yang tidak biasa dengan "wanita tanpa kepala yang hidup" muncul di AS dan Eropa pada akhir 1930an. Wanita-wanita itu dikenal sebagai Olga, Tina, dan Mademoiselle Yvette. "Para dokter" mencoba meyakinkan penonton bahwa wanita-wanita tersebut kehilangan kepala mereka dalam beberapa kecelakaan namun mereka masih dapat bergerak dengan bantuan teknologi yang tidak dapat dijelaskan.

Jelas, gadis-gadis itu memiliki kepala mereka sendiri di tempat yang tepat, dan ilusi ketidakhadiran mereka diciptakan dengan cermin dan sudut refleksi tertentu.

10.Bilik telepon isian

10 Cara bersenang-senang orang jadul ini absurd abis

Tren yang tidak biasa muncul di tahun 1950an di seluruh dunia, anak-anak muda mencoba memasukkan diri mereka ke dalam bilik telepon satu per satu sampai tidak ada orang lain yang bisa menyesuaikan diri.

Mereka melakukan hal yang sama dengan mobil, misalnya dengan Volkswagen Beetle kecil. Sulit untuk mengatakan dari mana asal usul ini, tapi cukup menyenangkan bagi para peserta.