Penataan kampung kumuh menjadi kampung epik warna-warni memang sedang tren sejak beberapa tahun belakangan. Kampung tersebut biasa disebut sebagai Kampung Pelangi. Dibalik keceriaan mural dan tembok yang dicat warna-warni, siapa sangka kalau banyak di antaranya dulu merupakan tempat kumuh atau masuk ke dalam pemukiman kumuh.

Setelah berubah menjadi cantik, kampung-kampung ini langsung diburu wisatawan dan tentunya sangat cocok untuk berfoto ria. Instagrammable banget!

Nah, kampung mana sajakah itu? Ini 14 Kampung Pelangi yang dulunya merupakan tempat kumuh, dilansir dari berbagai sumber.

1. Kampung Pelangi Katulampa, Bogor.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget foto: medium.com

Kampung Pelangi Katulampa dulunya merupakan daerah yang cukup kumuh. Hingga kemudian ada sekelompok warga dari golongan muda yang mempunyai inisiatif untuk mengubah kampungnya menjadi lebih bersih dan cantik. Akhirnya tercetuslah ide untuk membuat kampung warna-warni. Dengan biaya dari hasil kumpulan dana masyarakat sekitar, kampung ini disulap menjadi mencolok penuh warna. Setelah cantik, para wisatawan pun berdatangan untuk berfoto ria.

2. Kampung Cibunut, Bandung.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget foto: Youtube.com

Kampung Pelangi Cibunut merupakan area pemukiman yang padat penduduk. Kampung ini dulunya merupakan area kumuh. Untuk mengurangi atau menghilangkan imej kumuh di tempat yang sempit ini, maka dinding-dinding rumah, pagar, dan tembok lain di kampung ini diwarnai dengan cat warna-warni. Tak lupa juga digambar beberapa mural yang bisa menambah keindahan.

3. Kampung Pelangi Jodipan, Malang.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget foto: queenapple.co.id

Kampung Pelangi Jodipan sangat hits tak hanya di Malang, tapi juga di mancanegara lho. Dulunya, tempat yang berada di bantaran sungai Brantas ini merupakan pemukiman yang kumuh. Awal tercetusnya ide membuat kampung warna-warni ini berasal dari golongan mahasiswa dan dilaksanakan dengan bantuan masyarakat, komunitas mural, seniman, tentara, serta produsen cat. Nggak nyangka kalau sekarang bisa jadi jadi destinasi wisata yang sangat indah, ya.

4. Kampung Pelangi Code atau Kali Code, Yogyakarta.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget foto:iklantravel.com

Kampung Code, Yogyakarta bertransformasi dari perkampungan kumuh menjadi kampung pelangi yang indah.Kampung yang berada di Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta ini berada di bantaran sungai Kali Code. Dulunya tempat ini sering banjir dan tak tertata dengan rapi. Sekarang, Kampung Kali Code sudah menjadi kampung warna-warni yang elok dipandang mata.

5. Kampung Pelangi Pondok Cina, Depok.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget

foto:depokrayanews.com

Untuk menata kembali wajah kampung menjadi lebih indah, komunitas corat-coret Genk (Corenk) bersama warga Kelurahan Pondok Cina, Depok, bergotong royong mengecat tembok dan jalanan yang dulu kumuh menggunakan cat warna-warni. Hasilnya? Indah dan rapi. Kamu bisa berfoto ria berlatar dinding bergambar.

6. Kampung Pelangi Sindulang, Manado.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget

foto: merdeka.com

Tak hanya di pulau Jawa, tren kampung-warna-warni juga ada di pulau luar Jawa. Di kota Manado, tepatnya di Kelurahan Sindulan, dulunya merupakan tempat kumuh. Hingga akhirnya pemerintah dan masyarakat mempunyai inisiatif untuk mengubah kampungnya ini menjadi kampung pelangi yang epik.

7. Kampung Pelangi Teluk Seribu, Balikpapan.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget foto: kompas.com

Kampung Pelangi Teluk Seribu di Balikpapan sebelumnya juga merupakan kampung kumuh hingga kemudian disulap menjadi magnet untuk berwisata. Berkunjung ke tempat ini, kamu akan disambut dengan gang-gang penuh lukisan yang banyak di antaranya merupakan lukisan 3D. Rumah-rumah warga juga dicat warna-warni lho. Keren!

8. Kampung Pelangi Sabang, Aceh.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget foto: acehterkini.com

Berbeda dengan kampung pelangi yang disebutkan di atas yang biasanya berada di tepi sungai atau di tempat yang sempit. Kampung Pelangi Sabang, Aceh, terletak berdekatan dengan pantai dan berbatasan dengan teluk Sabang. Penataan kampung ini menjadi warna-warna karena terinspirasi dari keberhasilan kota lain yang mengubah imej kumuh kampung menjadi bersih dan meriah. Jadi spot wisata baru di ujung Nusantara, nih!

9. Kawasan Sekanak, Palembang.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget

foto: sindonews.com

Tak mau ketinggalan, Palembang juga membenahi wajah kotanya lho. Sekanak dulunya merupakan sungai yang tercemar. Pemerintah Kota memperhatikan pemukiman di kawasan Sekanak ini hingga sekarang mulai membaik. Saat ini, kawasan Sekanak, terutama pinggiran sungai dan tembok diwarnai dan digambar dengan padu padan yang apik dan mencolok sehingga menarik perhatian masyarakat, jadi spot wisata baru nih!

10. Kampung Rawa Bambu, Bekasi.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget foto: Kompas.com

Kampung Pelangi Rawa Bambu, Bekasi, dulunya merupakan tempat yang cukup kumuh. Melalui program pemerintah, tembok-tembok dan gang-gang yang dulu kumuh dicat menggunakan warna cerah dan tulisan-tulisan yang epik.

11. Kampung Pelangi Wonosari, Semarang.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget foto: rockingmama.id

Kampung pelangi yang berada di Wonosari, Semarang, Jawa Tengah ini dulunya merupakan tempat yang sangat kumuh. Pemerintah bersama warga mulai mewarnai dan membersihkan sungai kumuh di tempat ini dengan dana dari Pemerintah dan perusahaan. Setelah indah, kampung ini menjadi tujuan wisata dan pembicaraan di mana-mana, bahkan katanya terkenal hingga mancanegara loh.

12. Kampung Pelangi Bekelir, Tangerang.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget

foto:baca.co.id

Kampung Bekelir yang berlokasi di Babakan, Tangerang ini dulunya merupakan tempat yang kumuh. Setelah dilakukan renovasi, siapa pun akan takjub melihat dinding-dinding rumah warga dengan mural dan lukisan 3 dimensinya yang bertemakan kearifan lokal dan pesan untuk lingkungan. Pokoknya instagrammable abis!

13. Kampung Pelangi Jatijajar, Madiun.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget foto: jawapos.com

Untuk menghilangkan kesan kumuh, warga kampung di Jatijajar, Madiun bergotong royong menyulap lingkungannya dengan lukisan dan warna mencolok warna-warni layaknya kampung pelangi yang lainnya. Ini menjadi daya tarik warga lokal dan luar untuk berkunjung dan berfoto dengan latar lukisan yang keren.

14. KampungKali Werno, Semarang.

14 Kampung Pelangi ini dulunya kumuh, sekarang cantik banget

foto: Lagilibur.com

KampungKali Werno, Semarang terbelah oleh sungai Kalipanjang. Mulanya, sungai ini kotor karena masyarakat sering membuang sampah di sini. Lalu, ada keinginan untuk menjadikan lokasi ini dikenal sehingga warga mulai memperhatikan pemukiman di kawasan ini dan mewarnainya. Saat ini, kawasan KampungKali Werno terutama pinggiran sungai dan tembok rumah warga diwarnai dengan berbagai motif berwarna meriah. Kampung ini pun sempat viral di medsos loh.