Brilio.net - Setiap kisah asmara tentu memiliki keunikan sendiri. Ada yang berujung bahagia, namun ada pula yang harus kandas. Namun jika menengok pada sejarah dan kisah masa lalu, ada begitu banyak kisah cinta yang tak lekang oleh waktu. Sebut saja kisah asmara Romeo dan Juliet atau kisah Laila dan Majnun.

Meski belum bisa dipastikan keasliannya, namun nyatanya kisah itu tetap ada meski zaman telah berganti. Bahkan, ada yang menyebut kisah cinta mereka merupakan simbol cinta abadi. Berikut brilio.net rangkum kisah-kisah cinta yang berakhir tragis, baik fiksi maupun nyata yang menjadi legenda sepanjang masa, Selasa (9/8).

1. Romeo dan Juliet.

Kisah cinta tragis sepanjang masa © 2016 brilio.net

foto: georgetowncollege.edu

Romeo dan Juliet merupakan kisah cinta paling tragis dan terkenal di dunia. Kisah karya William Shakespeare ini mengisahkan hubungan asmara dua sejoli yang tidak direstui keluarga. Keduanya akhirnya nekat mengakhiri hidup mereka yang justru membuat keluarga mereka bersatu.

BACA JUGA: Postingan Instagram bisa ungkap profesi terbaikmu, ini cara mengetahui

2. Peter Abelard dan Heloise.

Kisah cinta tragis sepanjang masa © 2016 brilio.net

foto: medievalists.net

Kisah cinta antara Peter Abelard dan Heloise juga tak kalah memilukan. Abelard yang berprofesi sebagai guru jatuh cinta kepada muridnya yang bernama Heloise. Mereka kemudian diam-diam menikah dan memiliki anak. Saat paman Heloise tahu, ia meminta Abelard dikebiri dan diasingkan. Konon nasib mereka berakhir tragis setelah dikubur bersama-sama di Paris.

3. Shah Jahan dan Arjumand Banu Begum.

Kisah cinta tragis sepanjang masa © 2016 brilio.net

foto: brokenmystic.files.wordpress.com

Kisah cinta Shah Jahan dan Arjumand Banu Begum terjadi pada abad ke-17, di India. Shah Jahan ditinggal mati istrinya yang masih berusia 39 tahun saat melahirkan anak ke-14 mereka. Untuk mengenang istrinya, ia kemudian membangun Taj Mahal. Kisah pilu Jahan berlanjut ketika putranya memasukkan dirinya ke penjara dan menghabiskan sisa hidupnya di Taj Mahal.

4. Guinevere dan Lancelot.

Kisah cinta tragis sepanjang masa © 2016 brilio.net

foto: vignette3.wikia.nocookie.net

Kisah cinta mereka bermula ketika Lancelot jatuh cinta kepada Ratu Guinevere, istri Raja Arthur. Suatu ketika, Lancelot kepergok sedang bermesraan degan Guinevere. Lancelot berhasil melarikan diri. Sedangkan Guinevere tertangkap pasukan kerajaan. Namun akhirnya Lancelot menyerahkan diri. Ia kemudian diasingkan, sementara Guinevere dipaksa menjadi biarawati seumur hidupnya.

5. Laila dan Majnun.

Kisah cinta tragis sepanjang masa © 2016 brilio.net

foto: vingerworld.files.wordpress.com

Laila berasal dari keluarga kaya dan terhormat di tanah Arab. Ia jatuh cinta kepada seorang pemuda sederhana bernama, Qays. Qays pun bermaksud menikahi kekasihnya dengan menemui keluarga Laila. Namun karena dinilai tidak sederajat serta latar belakang suku mereka yang bertentangan, cinta mereka tidak direstui. Patah hati, Qays pun pergi ke gurun pasir untuk menyendiri seperti orang gila (Majnun).

6. Robert dan Elizabeth Barrett Browning.

Kisah cinta tragis sepanjang masa © 2016 brilio.net

foto: s-media-cache-ak0.pinimg.com

Kisah cinta Robert dan Elizabeth Barrett Browning terjadi pada abad ke-17 di Inggris. Elizabeth Barrett adalah seorang pujangga yang jatuh cinta kepada Robert. Namun cinta mereka tidak direstui ayah Barrett. Namun mereka tetap nekat menikah secara diam-diam dan dikaruniai anak. Ayahnya pun tidak pernah berbicara lagi dengannya.  
7. Tristan dan Isolde

Kisah cinta tragis sepanjang masa © 2016 brilio.net

foto: cloudfront.net

Kisah cinta segitiga antara Tristan-Isolde-King Marke ini merupakan legenda yang ditulis oleh Thomas pada tahun 1165. Cerita ini mengisahkan seorang ksatria yang merelakan kekasihnya untuk sang raja. Meski mereka tidak bisa bersatu, Tristan dan Isolde konon tetap menjaga kesetiaan cinta mereka satu sama lain.

8. Cleopatra dan Mark Antony

Kisah cinta tragis sepanjang masa © 2016 brilio.net

foto: 4.bp.blogspot.com

Kisah percintaan Cleopatra dan Mark Antony ini konon menjadi salah satu cerita paling memilukan sepanjang masa. Mark Antony yang merupakan seorang prajurit tangguh Romawi jatuh cinta dengan Cleopatra, Sang Ratu Mesir. Namun  hubungan keduanya ditentang keras oleh kedua kerajaan. Pada akhirnya, ada berita burung yang menyebut Cleopatra telah tiada. Sedih mendengar kabar tersebut, Mark Antony mengakhiri hidupnya dengan menusuk dirinya sendiri. Cleopatra yang mendengar kabar tewasnya Mark juga tidak bisa menahan kesedihannya. Ia tewas setelah dirinya digigit ular berbisa.

9. Jayaprana dan Layon Sari

Kisah cinta tragis sepanjang masa © 2016 brilio.net

foto: anehtapinyata.net

Kisah asmara berujung tragis antara sepasang suami istri Jayaprana dan Layon Sari sangat terkenal di pulau Dewata. Sang raja yang kepincut dengan kecantikan istri Jayaprana memerintahkan dirinya untuk pergi berperang. Namun saat berada dalam perjalanan, Jayaprana ditusuk sampai meninggal. Sang raja pun kemudian terang-terangan menyatakan keinginannya untuk memperistri Layon Sari. Namun Layon Sari memilih untuk mengakhiri hidupnya ketimbang harus menikah dengan sang raja.

10. Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang

Kisah cinta tragis sepanjang masa © 2016 brilio.net

foto: uniqpost.com

Bandung Bondowoso yang tertarik dengan kecantikan Putri Kerajaan Baka, Roro Jonggrang berniat menikahinya. Namun karena Roro Jonggrang tidak mau dinikahi Bandung Bondowoso, ia membuat syarat yang sangat sulit agar pernikahan itu batal terjadi. Roro Jonggrang meminta dibuatkan seribu candi dalam semalam sebagai wujud cinta Bandung Bondowoso.

Namun ternyata sang pangeran Kerajaan Pengging gagal memenuhi permintaan tersebut. Bahkan ia menuding Roro Jonggrang penyebab di balik gagalnya pembuatan seribu candi itu. Bandung Bondowoso kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu.