Brilio.net - Untuk pertama kalinya, hiu hantu atau biasa disebut chimaera tertangkap kamera. Secara kebetulan, spesies itu tertangkap kamera para peneliti Monterey Bay Aquarium Research Institute yang dipasang di bawah laut lepas pantai California Selatan, California tengah dan Kepulauan Hawaii.

Pada tahun 2009, institut itu mengirimkan mesin berkamera atau Remotely Operated Vehicle (ROV) pada kedalaman 6.700 kaki di bawah permukaan laut di California dan Hawaii. Kamera itu tak dimaksudkan untuk menangkap wujud hiu. "Pengambilan video itu benar-benar ahli geologi dan untuk kepentingan penelitian," kata Dave Ebert, Direktur Pacific Shark Research Center di Moss Landing Marine Laboratories seperti dilansir brilio.net dari National Geographic, Senin (19/12).

hiu hantu Chimaera © 2016 brilio.net

Tapi ternyata terdapat penampakan aneh pada video itu. Terlihat seperti sebuah hiu tapi bersirip ikan biasa. Untuk membantu menganalisisnya, Monterey Bay Aquarium Research Institute meminta bantuan Dave Ebert dan para peneliti hiu. Hasilnya, hewan itu memang hiu hantu atau disebut juga chimaera dengan nama lain Hydrolagus trolli.

Chimaera adalah kerabat hiu yang hidup sangat jauh di kedalaman yak tak dapat dijangkau oleh sinar matahari. Sangat sedikit yang tahu tentang spesies ini. dan sinar dan feed pada moluska, worm dan makhluk laut lainnya. Chimaera disebut-sebut hidup sejak 300 juta tahun lalu dan lebih tua dari dinosaurus.

Loading...

hiu hantu Chimaera © 2016 brilio.net

Penemuan di belahan bumi utara itu disebut kebetulan karena secara umum Chimaera diketahui hidup di Samudera Pasifik Selatan. "Hydrolagus cf. trolli sebelumnya hanya dikenal ada di Samudra Pasifik Selatan dari Australia, Selandia Baru, dan Kaledonia Baru," laporan Monterey Bay Aquarium Research Institute.

Nah, buat melihat jelas gimana penampakan hiu hantu itu, langsung saja tonton video berikut.