Brilio.net - Di masa lalu banyak hewan yang bentuknya aneh. Orang-orang dapat melihat penampakan hewan-hewan tersebut melalui ilustrasi dari beberapa ilmuwan.

Menurut National Geographic, hewan purba hidup sekitar 4,5 juta miliar tahun lalu. Saat itu 90 persen hewan menghuni bumi. Awalnya hewan-hewan tersebut hidup di air. Seiring berkembangnya tahun mereka berevolusi. Ikan yang ada di laut mulai memiliki empat kaki dan berjalan ke daratan.

Pengaruh adaptasi dengan lingkungan hidup serta evolusi membuat bentuk hewan-hewan tersebut tidak umum. Bentuk mereka bisa dibilang seperti monster atau alien. Pokoknya ngeri banget deh. Berikut foto penampakan hewan purba dilansir brilio.net dari litverse.com, Jumat (5/1).

1. Deinotherium

hewan purba bentuk aneh ©litverse.com

Loading...

Gajah pada masa purba memiliki dua dagu kuat yang terhubung dengan gading, tepat di bawah mulutnya. Fungsi gading yang terletak di posisi sedikit aneh tersebut untuk menggali akar tanaman. Gading tersebut pendek namun sangat kuat. Selain itu gajah purba juga sangatlah besar dengan tinggi 2,5 - 4,5 meter.

2. Therizinosauridaes

hewan purba bentuk aneh ©litverse.com

Therizinosauridaes ialah kelompok dinosaurus theropoda. Tidak seperti kebanyakan theropoda yang makan daging, therizinosauridaes ialah pemakan tumbuhan. Hewan ini memiliki leher sangat panjang. Selain itu kukunya aneh, besar banget!

3. Helicoprion

hewan purba bentuk aneh ©litverse.com

Helicoprion ialah sejenis hiu yang memiliki gigi aneh. Tak seperti kebanyakan hiu, ikan ini memiliki gigi menggulung di bagian mulut bawah. Gulungan tersebut juga amat panjang. Selain itu giginya juga sangat tajam.

4. Deinocheirus

hewan purba bentuk aneh ©litverse.com

Kebanyakan dinosaurus tidak memiliki lengan. Namun deinocheirus memilik sepasang lengan yang sangat panjang lengkap dengan kuku besar super tajam. Konon kegunaan lengan ini untuk pertahanan diri dari dinosaurus yang lebih besar serta untuk memanjat pohon.

5. Stethacanthus

hewan purba bentuk aneh ©litverse.com

Hiu yang satu ini bentuknya absurd banget. Stethacanthus yang hidup 400 juta tahun lalu ini memiliki sirip besar dengan permukaan rata. Tak hanya itu, di atas sirip juga ada semcam tanaman mirip lumut tumbuh disana. Tanaman aneh itu juga tumbuh tepat di kepala hiu ini yang juga rata.

6. Sharovipteryx

hewan purba bentuk aneh ©litverse.com

Kebanyakan sayap hewan ada di tangan mereka. Namun reptil purba ini memiliki sayap tepat di kakinya. Sayap tersebut digunakan untuk terbang dan meloncat ke tempat yang jauh.

7. Tanystropheus

hewan purba bentuk aneh ©litverse.com

Reptil yang satu ini juga cukup aneh. Panjang tubuhnya mencapai 6 meter, dengan leher sepanjang 3 meter. Hewan ini pemakan ikan. Ia menggunakan lehernya yang panjang untuk menyelami lautan sedangkan tubuhnya tetap di daratan.

8. Microraptor

hewan purba bentuk aneh ©litverse.com

Microraptor ialah perpaduan antara burung dan dinosaurus. Hewan ini memiliki sayap di setiap kaki dan tangannya. Sayap-sayap tersebut mempermudah microraptor untuk loncat dari satu tempat ke tempat lain.

9. Epidexipteryx

hewan purba bentuk aneh ©litverse.com

Sebelum memiliki sayap untuk terbang, ternyata letak sayap burung purba ada di ekornya. Jenis burung ini belum bisa terbang, hanya bisa memanjat tebing. Namun seiring perkembangan zaman, sayap tersebut berevolusi dan bisa digunakan terbang. Epidexipteryx termasuk burung purba terkecil di dunia dengan ukuran 25 cm.

10. Epidendrosaurus

hewan purba bentuk aneh ©litverse.com

Epidendrosaurus ialah jenis dinosaurus yang mirip burung. Hewan ini berhabitat di pepohonan. Kuku tangannya aneh sekali, sangat panjang dan mirip ranting pohon.