Brilio.net - Fosil yang berikut ini mungkin adalah fosil paling jelas yang mungkin sobat brilio.net pernah lihat. Kalau biasanya fosil yang ditemukan adalah tulang belulang, yang kemudian direka perkiraan bentuknya menggunakan komputer, kali ini, fosil yang ditemukan adalah bentuk kepala dinosaurus utuh. Walaupun telah ditemukan 2011 silam, fosil ini baru dipajang untuk umum Mei 2017 lalu. Jadi penasaran kan?

Dikutip dari National Georgraphic, Shawn Funk, seorang operator alat berat tidak pernah mengira bahwa dirinya akan menemukan 'naga' di hari kerja normalnya di Pertambangan Mellennium, Kanada, 2011 lalu. Ketika sedang menggali menggunakan eskavator, Shawn terkejut ada benda keras yang berbeda dari biasanya. "Ini harus segera diperiksa", kata Mike, rekannya. Ketika berhasil melihat apa yang mengganggu kerjaan mereka, Shawn mengaku "Kami belum pernah hal semacam ini sebelumnya."

Mereka menemukan fosil Nodosaurus, salah satu spesies dinosaurus pemakan tumbuhan yang telah berumur 110 juta tahun. Fosil yang ditemukan ini hampir utuh. "Kami tidak hanya memiliki tengkorak dinosaurus. Kami (betul-betul) memiliki dinosaurus" ungkap Caleb Brown seorang peneliti pada Museum Royal Tyrrell.

Selain bentuk kepala bentuk punggung dari Nodosaurus ini juga terawetkan secara utuh. Sayangnya ketika diambil dari kuburannya, beberapa bagian dari dinosaurus ini sempat rapuh dan patah.

Bentuknya seperti apa? seorang fotografer dari National Georgraphic, Robert Clark telah mengabadikan fosil dinosaurus ini. Berikut brilio.net kumpulkan foto-foto2 karyanya dilansir dari National Geographic.

Loading...

1. "Mirip naga di Game of Thrones"- Robert Clark.

Fosil Naga © 2017 brilio.net

2. Detailnya bikin takjub!

Fosil Naga © 2017 brilio.net

3. Lehernya memiliki banyak tanduk lho

Fosil Naga © 2017 brilio.net

4. Ternyata tanduk-tanduknya mengandung zat yang sama dengan kuku manusia! Keratin.

Fosil Naga © 2017 brilio.net

5. Ada bekas tulangnya di tempurung pelindung, lho.

Fosil Naga © 2017 brilio.net

6. Sumpah, keren banget kayak di film!

Fosil Naga © 2017 brilio.net

Asli! Keren banget kan sobat brilio? Sampai saat ini fosil ini adalah yang paling baik yang pernah terkumpul dari jenisnya lho.