×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
 9 Hewan ini bisa terbang meski tak punya sayap, dari ular hingga ikan

View Image

0

BRILIO » Binatang

9 Hewan ini bisa terbang meski tak punya sayap, dari ular hingga ikan

Ada yang mengandalkan kekuatan otot untuk meloncat.

09 / 02 / 2018

Brilio.net - Terbang ialah kemampuan khusus para burung. Mereka memiliki sayap yang bisa dikepakkan untuk menjelajah udara.

Ternyata selain burung, ada lho hewan yang bisa terbang. Uniknya lagi hewan-hewan ini tidak memiliki sayap. Kok bisa ya?

Ternyata beberapa jenis hewan dapat melayang dengan mengandalkan anggota tubuh selain sayap. Sebagai contoh ada yang mengandalkan kekuatan otot untuk meloncat. Ada juga yang memanfaatkan kulit pipihnya agar bisa melayang ringan di udara.

Nah penasaran hewan apa saja yang bisa terbang meski tak punya sayap? yuk simak informasinya berikut ini dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (9/2).

1. Laba-laba loncat.

Loading...

miber © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: tought.co

Laba-laba loncat ternyata juga bisa melayang di udara lho. Ia bisa menjelajah udara dengan jarak tertentu.

2. Laba-laba balon.

miber © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: fredsullivan.com

Seperti namanya, laba-laba balon juga bisa melayang. Mereka biasanya menjangkau puncak pohon. Ketika ada angin kencang, laba-laba balon membiarkan tubuhnya terbang dibawa angin. Jaring yang mereka punyai dimanfaatkan untuk menentukan arah terbang.

3. Cumi-cumi terbang.

miber © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: bbc.com

Cumi-cumi terbang kerap muncul di atas permukaan laut. Mereka meloncat dan melayang di atas air ketika melakukan perjalanan. Bagi cumi-cumi terbang, lebih efektif melakukan perjalanan dengan melayang di atas permukaan laut daripada berenang.

4. Cumi-cumi terbang raksasa.

miber © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: owlcation.com

Sama dengan cumi-cumi terbang yang berukuran kecil, hewan yang satu ini juga kerap melayang di permukaan laut. Bahkan mereka bisa melompati perahu besar lho.

5. Ikan terbang.

miber © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: endlessocean.wikia.com

Ikan terbang hidup di dekat permukaan laut. Untuk menghindari predator, ikan terbang memilih muncul ke permukaan dan melayang di atas laut. Sirip panjang dan lebar mempermudahnya melayang. Siripnya mirip dengan sayap lho.

6. Tupai loncat.

miber © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: discovermagazine.com

Tupai loncat bisa melayang di udara walau tak punya sayap. Mereka loncat dari pohon ke pohon. Caranya cukup membuka lebar tubuhnya yang tampak pipih. Melayang dan melompati pohon merupakan cara aman bagi tupai loncat untuk mencari makanan.

7. Kukang loncat.

miber © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: lazerhorse.org

Kukang loncat termasuk binatang yang langka. Mereka memiliki kulit pipih lebar di bawah lengan yang dapat membantu terbang. Walau dinamakan kukang loncat, mereka berbeda dari kukang yang ada di Madagascar.

8. Tupai glider.

miber © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: wildbrisbane.blogspot.com

Sama sepeti tupai loncat, tupai glider dapat meluncur di udara dengan jarak lumayan jauh. Kemampuan loncatnya tidak diragukan lagi.

9. Ular terbang.

miber © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: snakevenomcream.co.uk

Chrysopelea atau banyak dikenal sebagai ular terbang adalah termasuk keluarga Colubridae. Ular ini memiliki bisa tapi tak sekuat ular lainnya. Habitatnya tersebar di wilayah Asia Tenggara, terutama Vietnam, Kamboja dan Laos. Juga di Kepulauan Sunda Kecil, Maluku dan Filipina. Ular ini juga ditemukan di China, India dan Sri Lanka.

Ular ini berpindah tempat dengan lompat ke satu pohon ke pohon lain. Otot tubuhnya cukup kuat dan elastis untuk digunakan meloncat. Ular ini bisa meloncat sejauh 100 meter lho.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    13%

  • Ngakak!

    6%

  • Wow!

    69%

  • Sedih

    13%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more