×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kupu-kupu ternyata usianya lebih tua dari bunga, ini penjelasannya

0

BRILIO » Binatang

Kupu-kupu ternyata usianya lebih tua dari bunga, ini penjelasannya

Kamu pasti kaget, sebab selama ini bunga adalah sumber penyedia makanan kupu-kupu.

12 / 01 / 2018

Brilio.net - Kamu pasti berpikir bahwa kupu-kupu merupakan hewan yang indah. Sebab, kupu-kupu memiliki warna cantik dan pola yang beragam. Di benakmu pasti tak terpikirkan kalau ternyata kupu-kupu ini merupakan salah satu serangga yang sudah ada sejak zaman jurasik, lho.

Baru-baru ini peneliti menemukan sebuah fosil sayap kupu-kupu di Jerman. Setelah dilakukan pemeriksaan, sayap ini merupakan fosil dari zaman triasik dan jurasik. Dari penemuan ini peneliti mengungkapkan prediksi baru bahwa kupu-kupu dan ngengat sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu. Ini 70 tahun lebih awal dari hasil penemuan sebelumnya.

kupu-kupu bunga © advances.sciencemag.org

foto: advances.sciencemag.org

Artinya Lepidoptera, jenis serangga yang merupakan nenek moyang dari kupu-kupu dan ngengat serta sudah eksis di bumi 70 juta tahun sebelum bunga tumbuh di bumi. Lalu bagaimana kupu-kupu mendapat makanan jika bunga belum ada pada waktu itu?

Dilansir dari laman CNN, Jumat (12/1), peneliti Bas van de Schootbrugge mengatakan kupu-kupu dan serangga lain mendapatkan makanan berupa nektar manis dari tanaman non-bunga bernama gymnosperms. Tanaman ini tumbuh sangat banyak pada 200 juta tahun yang lalu.

Ini termasuk penemuan besar karena kupu-kupu dan ngengat sendiri merupakan hewan yang rapuh. Artinya, sangat jarang ditemukan bukti fosil dari kupu-kupu. Selama ini peneliti menggunakan DNA serangga modern untuk mencari bukti evolusi dari kupu-kupu ini.




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    25%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more