Brilio.net - Kupu-kupu merupakan hewan kecil yang rapuh. Sayapnya yang indah akan mudah hancur jika terkena gesekan atau benturan. Jika sayapnya sudah hancur otomatis tak akan bisa terbang lagi.

Keberlangsungan hidup kupu-kupu pun sangat singkat. Mereka hanya bisa bertahan hidup mulai dari 2 minggu sampai 5 bulan saja. Tapi siapa sangka, selain kucing dan anjing atau hewan-hewan peliharaan lainnya, ternyata masih ada yang peduli dan mencintai serangga pengonsumsi nektar ini.

Ialah Romy McCloskey, cewek yang doyan mengoleksi bunga di rumahnya hanya agar banyak kupu-kupu yang datang. Ternyata Romy pernah mendapat pesan dari ibunya sebelum meninggal.

"Romy, kalau kamu melihat kupu-kupu, kamu tahu itu artinya ibu ada di situ bersamamu," kata Romy pada wawancaranya kepada Boredpanda beberapa waktu lalu.

Tak hanya mencintai, ia juga bisa merawat para serangga tersebut. Hebatnya ia bisa melakukan operasi ketika menemukan kupu-kupu yang sayapnya patah. Wow!

Lalu bagaimana Romy bisa mengoperasi hewan kecil seperti kupu-kupu yang memiliki sayap rapuh? Nah, berikut ini caranya seperti brilio.net lansir dari laman Boredpanda, Minggu (14/1).


1. Ini adalah kupu-kupu berusia tiga hari yang ia temukan dalam kondisi sayapnya patah di halaman rumahnya.

operasi kupu © Boredpanda



2. Peralatan operasinya sangat sederhana, hanya membutuhkan handuk untuk alas, gunting kecil, hanger kawat dan yang paling penting adalah sayap pengganti yang didapat dari kupu-kupu lain yang telah mati.

operasi kupu © Boredpanda



3. Hanger ini berguna untuk mengamankan tubuh kupu-kupu agar tak kena potong gunting.

operasi kupu © Boredpanda



4. Setelah menggunting bagian sayap yang hancur, kemudian pasangkan sayap yang baru.

operasi kupu © Boredpanda



5. Hasilnya akan seperti ini.

operasi kupu © Boredpanda



6. Pasien ini harus istirahat dulu semalam sebelum dilepaskan pada keesokan harinya. Lalu apakah kupu-kupu ini tetap bisa terbang?

operasi kupu © Boredpanda



7. Bisa! Wah, hebat ya. Salut buat Romy!

operasi kupu © Boredpanda