Brilio.net - Bermain-main dengan perkembangan mode bisa jadi hal yang menyenangkan. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa jeans ketat (skinny jeans) bisa menyebabkan kerusakan saraf. Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa skinny jeans bisa membuat laki-laki mandul. Wah!

Penasaran pilihan fashion lainnya yang bisa membahayakan kesehatan? Dilansir brilio.net dari Time, Selasa (30/6), berikut 5 pilihan fashion yang justru membahayakan kesehatan:

1. Skinny jeans

5 Gaya fashion ini ternyata benar-benar membahayakan kesehatan, duh!

Studi yang dipublikasikan pada Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry menceritakan kisah menyedihkan dari seorang wanita berusia 35 tahun yang kakinya tiba-tiba mati rasa ketika dia menggunakan skinny jeans.

"Kaki dan pergelangan kakinya sangat bengkak, sehingga petugas gawat darurat harus merobek skinny jeans-nya. Pergelangan dan jari kakinya sangat lemah, namun bagian atas tubuhnya bekerja secara normal," kata Alice Park, pemimpin penelitian.

Ternyata, saraf yang mengatur kaki bagian bawah dan telapak kaki perempuan tersebut tersumbat karena terlalu lama berjongkok saat mengenakan skinny jeans. Celana jeans ketat mungkin sudah lama menjadi tren bagi pria dan wanita. Namun, tampilan mode terbaik tidak ada artinya jika membahayakan kesehatan. Bahkan bahaya celana ketat telah dicatat oleh para ahli kesehatan sejak tahun 1993, seperti yang dilaporkan Wall Street Journal.

2. Sepatu hak tinggi

5 Gaya fashion ini ternyata benar-benar membahayakan kesehatan, duh!

Para ahli mengatakan semakin tinggi hak pada sepatu maka semakin berat beban yang ditumpu kaki, yang bisa menyebabkan rasa sakit. Sebuah review di tahun 2014 menyimpulkan bahwa sepatu hak tinggi bisa mengubah posisi alami kaki dan akhirnya menyebabkan 'reaksi berantai' yang dapat mengganggu kesehatan tulang belakang. Para peneliti menyarankan agar wanita mengurangi pemakaian sepatu hak tinggi sehingga mencegah risiko cedera kaki, seperti dilansir dari New York Times.

3. Korset
Pilihan fashion yang membahayakan kesehatan lainnya adalah korset. Beberapa wanita tergila-gila menggunakan korset untuk membentuk lingkar pinggang mereka, contohnya adalah 'The Kardashian'. Padahal, pada dasarnya menggunakan korset malah bisa menyakitkan dan jadi susah bernapas. Menurut beberapa ahli, tidak ada hasil signifikan setelah menggunakan korset dan mungkin dapat mengakibatkan kerusakan tulang rusuk. Tuh, mau?

4. Dasi

5 Gaya fashion ini ternyata benar-benar membahayakan kesehatan, duh!

Sebuah penelitian kecil menyatakan penggunaan dasi yang terlalu ketat bisa meningkatkan tekanan intraktanial dan juga meningkatkan level tekanan darah pada mata ke tingkat yang tidak aman. Beberapa studi tidak berarti membuat dasi jadi faktor risiko untuk masalah kesehatan, tapi untuk orang yang memilih untuk tidak menggunakan dasi mungkin ingin memberikan ruang bernapas.

5. Tindik tubuh
Studi di tahun 2012 yang dilakukan Northwestern Unicersity melaporkan bahwa 20% infeksi bakteri disebabkan oleh tindik tubuh. Menurut penelitian tersebut, masalah lain yang bisa muncul meliputi gangguan prosedur kesehatan dan alergi. Menggunakan alat tindik yang terjamin kebersihannya bisa mencegah dampak tersebut.

Nah, itulah 5 pilihan fashion yang ternyata bisa membahayakan kesehatan. Jadi, mulai sekarang kita bisa lebih berhati-hati dalam mengikuti perkembangan fashion. Pastikan tren tersebut tidak membahayakan kesehatan ya. Selamat berdandan!

BACA JUGA:

Biar nggak dehidrasi, kamu mesti pilih 4 makanan ini saat pancaroba

Cara mudah dan alami memutihkan lutut hitam, silakan dicoba!

Zaman dulu adu kecantikan wanita diuji saat mengendarai vespa

9 Manfaat baking soda untuk kecantikan

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

Susu kedelai simpan khasiat untuk kecantikan kulit

8 Standar unik kecantikan wanita di dunia

Ini 11 bahaya dehidrasi yang bisa ganggu kesehatan kamu, fatal lho!

Rahasia kecantikan 7 bintang top Hollywood yang bikin kamu heran