Brilio.net - Kulit memang harta yang tidak ternilai bagi kita. Kulit merupakan perlindungan pertama bagi tubuh. Jadi, mau tidak mau kamu harus merawatnya.

Selain itu, kulit sehat juga menjadikan penampilanmu semakin cantik. Untuk perawatan kulit, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Cara paling simpel dan murah adalah dengan menggunakan susu kedelai. Gampang bukan?

Meskipun murah, ternyata susu kedelai sangat bagus untuk kebutuhan kulit. Berikut adalah empat manfaat susu kedelai bagi kulitmu dikutip oleh brilio.net dari buzzle.com, Sabtu (2/5).

1. Menjaga kulit tetap awet muda
Kandungan dalam susu kedelai sangat bagus untuk meningkatkan jumlah kolagen pada kulit. Semakin tinggi jumlah kolagen pada kulit, maka tingkat elastisitasnya juga tinggi. Hal inilah yang membuat kamu tetap awet muda. Caranya sangat sederhana, kamu tinggal mengoleskan susu kedelai ke kulit kamu dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 15 menit kemudian bersihkan. Manfaat lainnya adalah bisa mengurangi kerutan pada kulit.

2. Menjaga kelembapan kulit
Sebuah riset telah membuktikan bahwa minum susu kedelai mampu menjaga kelembapan kulit. Kandungan dalam susu kedelai mampu membuat kulit menjadi lembut. Selain itu, susu kedelai juga mampu mencegah kekeringan pada kulit.

3. Hilangkan kulit mati pada wajah
Untuk membersihkan kulit pada wajah kamu bisa menggunakan lulur dari susu kedelai. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan gula, minyak zaitun, dan susu kedelai. Butiran gula akan bekerja untuk meyingkirkan sel-sel kulit mati. Cara pemakainnya adalah lumuri dan gosok muka kamu dengan lulur tersebut. Tunggu hingga tiga menit kemudian bilas dengan air dingin. Dijamin deh wajah kamu makin bening.

4. Melindungi kulit dari UV
Penelitian mengungkap bahwa krim dengan ekstrak susu kedelai mampu menekan risiko sinar ultaviolet (UV) untuk merusak pada lapisan epidermis. Hal ini bisa mencegah kamu terkena kanker kulit. Selain itu, susu kedelai juga bisa mengurangi peradangan pada kulit.