Brilio.net - Seiring berjalannya waktu, peralatan elektronik seperti mesin cuci bisa mengalami masalah. Adapun salah satu masalah yang kerap dialami adalah mesin tidak berfungsi alias tidak mau berputar.

Melansir dari laman Aquaelektronik.com, Senin (23/10), ada banyak faktor mengapa mesin tidak mau berjalan. Misalnya, terdapat komponen yang rusak, kapasitor terbakar, kabel listrik terputus, dan motor mesin yang rusak, sampai kepada permukaan lantai tidak rata.

Saat kerusakan belum terlalu parah, kamu masih bisa memperbaikinya dengan mengganti beberapa komponen yang mungkin rusak. Cara memperbaikinya pun saat ini mudah, dengan bantuan teknologi seperti YouTube, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa panggil tukang.

Brilio.net menghimpun dari YouTube Aguy kurniawan, berikut ini salah satu cara mengatasi mesin cuci yang tidak mau berputar dan hanya berdengung saja.

mesin cuci tidak berputar © YouTube

mesin cuci tidak berputar
YouTube/Aguy kurniawan

"Di sini ada sebuah mesin cuci yang rusak, yaitu putarannya tidak mau putar hanya berdengung saja. Di sini saya akan pecahkan masalahnya," kata Aguy.

Lepas penutup mesin cuci di bagian belakang menggunakan obeng. Pastikan kabel mesin cuci dalam keadaan tercabut atau mati (tidak dialiri listrik).

mesin cuci tidak berputar © YouTube

mesin cuci tidak berputar
YouTube/Aguy kurniawan

Lakukan pengecekan mesin seperti apakah dinamonya terbakar atau tidak. Jika dinamo tidak terbakar atau aman, kamu bisa mengecek bagian kapasitor mesin cuci. Dalam kasus ini, di bagian dalam mesin cuci terdapat dua kapasitor (untuk pengering dan penggiling) yang digabungkan menjadi satu.

Ada empat kabel di kapasitor tersebut. Jika bagian penggiling/pencucinya yang rusak, maka kamu bisa mengecek kabel pencuci dengan membaca tulisan di bagian kapasitor.

mesin cuci tidak berputar © YouTube

mesin cuci tidak berputar
YouTube/Aguy kurniawan

"Kabelnya ada empat warna. Di sini karena pencucinya yang rusak. Jadi, di sini untuk pencucinya ada (kabel warna) red dan blue. Red dan blue 11 mikro farad untuk pencuci," jelas Aguy.