Jika sudah mengetahui warna kabel pencucinya, selanjutnya potong dua kabel tersebut sampai terputus. Untuk mengecek apakah kapasitornya masih sehat, kamu bisa menggunakan alat tes kapasitor dengan mikro farad yang lebih kecil dibanding yang ada di kapasitor mesin cuci.

mesin cuci tidak berputar © YouTube

mesin cuci tidak berputar
YouTube/Aguy kurniawan

"Sudah saya tes (kabelnya) menggunakan kapasitor 3 mikro farad. Cukup kecil karena tidak sesuai dengan permintaannya disini awalnya menggunakan 11 mikro farad, saya pakai menggunakan 3 mikro farad dan hasilnya pun bagus, hanya saja tenaganya kecil," tulisnya dalam unggahan tersebut.

Dalam video ini, sudah ditemukan titik masalahnya yaitu berada di kapasitor mesin cuci. Oleh karena itu, kapasitor lama diganti dengan yang baru model satu tabung.

mesin cuci tidak berputar © YouTube

mesin cuci tidak berputar
YouTube/Aguy kurniawan

"Jadi saya membeli ulang kapasitor yang mirip dengan ini (kapasitor lama). Ini kapasitornya 12 mikro farad dan di sini (kapasitor lama) awalnya 11 mikro farad," ungkapnya.

mesin cuci tidak berputar © YouTube

mesin cuci tidak berputar
YouTube/Aguy kurniawan

Sambungkan kabel kapasitor baru dengan kabel mesin cuci. Plester bagian yang tersambung menggunakan lakban tebal. Setelah terpasang, tes mesin cuci dengan memutar bagian penggiling.

"Sekarang kita coba mesin cucinya. Oke berputar dengan baik, jadi seperti tadi," pungkasnya.

Video yang ditonton lebih dari 1,8 juta kali itu diunggah pada 2019 dengan komentar beragam dari warganet.

"Terima kasih ilmunya pak yg sangat bermanfaat buat orang banyak semoga sehat selalu dan lancar rejeki ya," kata @ellyadi426.

"Terima kasih ilmunya Kak, luar biasa bermanfaat untuk banyak orang. Sudah saya praktekan ke mesin cuci saya, dan benar udah bagus lagi. Tak perlu panggil tukang, ini cara perbaiki mesin cuci tak berputar dan bunyi berdengung dengan mudah Tak perlu panggil tukang, ini cara perbaiki mesin cuci tak berputar dan bunyi berdengung dengan mudah ," ungkap @MbakLia86.

"Singkat, padat, jelas, tepat dan manfaat Tak perlu panggil tukang, ini cara perbaiki mesin cuci tak berputar dan bunyi berdengung dengan mudah ," ujar @ramadhanus8137.

"Terimakasih bang ,saya sangat senang dengan penjelasan nya," timpal @zainolarifi5133.