Brilio.net - Sudah lama warga Indonesia beralih dari kompor minyak ke kompor gas. Selain lebih praktis, kompor gas memang lebih awet dibanding kompor minyak. Tapi, hal ini nggak tanpa kendala lho ya. Meskipun terlihat lebih mudah, modern dan elegan, tapi pakai kompor gas juga harus hati-hati.

Kadang-kadang ada kebocoran tabung gas yang bisa menyebabkan kebakaran pada kompor atau tabung. Lebih parahnya lagi, kalau kebakaran ini mengenai benda yang mudah terbakar, bisa membuat rumah atau ruangan dapur kamu jadi terbakar.

Karena itu, sebaiknya antara kompor dan tabung gas diberi jarak. Kalau di zaman sekarang, udah da juga rumah yang tabung gasnya ditaruh di area luar. Tapi kalau memang tabung gas kamu terpaksa ditaruh di dalam rumah, sebaiknya kamu berhati-hati dan teliti ya.

Jika tercium aroma gas atau terdengar bunyi mendesis dari tabung, sebaiknya segera diperiksa untuk mengantisipasi hal tak terduga. Seperti yang dialami oleh ibu-ibu berikut ini. Diunggah oleh akun TikTok @banglutt777, tampak sebuah tabung gas terbakar waktu ibu-ibu sedang masak.

ibu-ibu padamkan tabung gas terbakar © berbagai sumber

foto: TikTok/@banglutt777

(brl/far)