Meskipun begitu, wanita ini merasa berkat didikan sang ibu dia menjadi manusia yang kuat di manapun ia berada. Dia sangat menjunjung tinggi sang ibu, sebab bukan cuma membesarkan anak-anaknya tapi juga menyekolahkan sampai tamat.

gaji 3 juta beli rumah © TikTok

foto: TikTok/@ibunya.abyaz 

Gaya hidup hemat yang diajarkan sang ibu ternyata membawa dampak positif ke anak-anaknya. Konsep itu terus dibawa dan diterapkan oleh pemilik akun @ibunya.abyaz hingga dia berumah tangga.

Efek dari gaya hidup hemat yang diajarkan itu membuat wanita ini bisa punya rumah impian di usia pernikahan baru 1 setengah tahun. Padahal pemasukannya saat itu hanya Rp 3,5 juta dan dia merupakan generasi sandwich yang harus membiayai keluarganya. 

gaji 3 juta beli rumah © TikTok

foto: TikTok/@ibunya.abyaz 

Untuk mendapatkan rumah dua lantai, bukan perjalanan mudah. Sebelum memiliki rumah tersebut, wanita ini dan suaminya tinggal di sebuah rumah kontrakan milik mertua. Namun, karena satu dan lain hal, mereka akhirnya memutuskan untuk membeli rumah sendiri. 

"awal nikah mulai gencar covid, gajih suami dipotong jadi 3,5-bahkan kembali ke gajih training 2juta," katanya. 

"tapi tinggal di tanah mertua yg sebelumnya di renopasi suami, ga bayar tapi dibayar dengan mental. Sering LDR tasik-bdg krna demi menjaga mental seorang ibu," imbuhnya. 

gaji 3 juta beli rumah © TikTok

foto: TikTok/@ibunya.abyaz 

Dari kejadian tersebut, wanita ingin menunjukkan bahwa dia tidak hanya merepotkan suami saja. Ibu muda itu akhirnya memulai buka usaha ketika dirinya hamil 4 bulan. Usaha yang dirintis selama setahun membuahkan hasil yang cukup bagus. 

Wanita ini pun mulai mencari rumah yang dijual dan bisa dibayar berangsur. Pasangan suami istri ini tidak mengambil KPR karena tidak siap dengan bunga banknya. Dari situlah dia kemudian bisa membeli rumah sendiri. 

"Akhirnya nemu owner yg mau bayar berangsur. Senengg banget krn emng g mau KPR mengingat bunga banknya yg tinggi bgt," ungkapnya.

gaji 3 juta beli rumah © TikTok

foto: TikTok/@ibunya.abyaz 

Video perjalanan membeli rumah dari hasil keringat sendiri,serta gaya hidup hemat yang diajarkan sang ibu itu menuai atensi dari warganet. Beragam respons ditinggalkan pengguna TikTok di kolom komentar. 

"ibuku jg frugal living,bkn pingin banyak tabungan,tp ya krn ada uangnya ngepres,semua beli yg murce,sayur pun banyak ambil di kebun," komentar Al.

"ortuku frugal living buat kehidupan,,, tapi barbar living untuk pendidikan,,, dan aku juga gitu,,, gaya hidup minim,,, tapi buat sekolah anak," ujar Queenzabayu Putri.

"smngat yah kk.aku jg di psisi ini.bner ngji mntal jg mteri," timpal hontas262.

"aku tau frugal living br skrg,ortuku biasa aja mau jajan apa2 kebutuhan smnya ada,jd aku skrg biasa aja yg pnting bs nabung.." tambah Lindandy Budhi S Martus.

@ibunya.abyaz Masyaalloh,. Baru secuil kisah ajjh sisanya banyak airmata berjatuhan #iburumahtangga #ceritaiburumahtangga #rumahminimalis #rumahsederhana #rumahsederhanaku #gaji3jutamanacukup1bulan #frugallife #ceritaibuibu #membangunrumahimpian Nanti Kita Seperti Ini - BATAS SENJA