Dilansir brilio.net pada Jumat (17/11), untuk membuatnya, kamu nggak perlu banyak alat dan bahan. Kamu hanya perlu menggunakan satu bahan minuman yang mudah dijumpai di sekitar rumah. Dalam video tersebut, bahan minuman yang digunakan adalah es batu.

Trik bikin kipas angin sedingin AC © berbagai sumber

foto: TikTok/@andiputri_batara

Selain es batu, kamu perlu menyiapkan bahan dan alat lain seperti styrofoam box dan pisau cutter. Jika semua bahan sudah siap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah lubangi bagian tengah tutup styrofoam-nya. Kemudian lubangi salah satu sisi styrofoam box.

Sang pemilik akun melubangi bagian samping atas box styrofoam. Lubang tersebut nantinya akan berfungsi sebagai lubang angin. Potong styrofoam hingga membentuk persegi panjang.

Trik bikin kipas angin sedingin AC © berbagai sumber

foto: TikTok/@andiputri_batara

Setelah bagian tutup box dan bagian samping dilubangi, masukkan beberapa buah es batu ke dalam styrofoam. Kamu bisa gunakan sekitar 10 es batu agar dingin dari kipas bertahan hingga 4-5 jam. Setelah itu, tutup styrofoam dan pasang kipas kecil tepat di atas lubang pada tutup styrofoam.

Dengan begitu, kipas angin yang sebelumnya anginnya kecil jadi semakin dingin karena ditambah dengan menggunakan es batu. Cara ini bisa kamu gunakan untuk menghemat pemakaian alat pendingin di rumah. Cukup mudah, kan?

 

@andiputri_batara Kadang2 tiba dirumah klien yg ga ada AC, ya kita buat AC sendiri #diyac #acbuatan #ac #kipasanginbuatan #kipasangin original sound - Aura Eca