Brilio.net - Atap rumah memiliki peranan penting untuk menjaga suhu di dalam rumah tetap stabil dan melindungi para penghuninya dari cuaca panas maupun dingin. Bagian atap rumah biasanya dilapisi dengan menggunakan plafon. Biasanya bagian plafon dibuat dengan tinggi 2,5-3 meter dari lantai.

Plafon rumah yang tinggi dapat memberikan ruang kosong vertikal sehingga menciptakan kesan ruangan yang lebih lapang. Selain itu, plafon juga memengaruhi sirkulasi udara di dalam rumah. Plafon rumah yang dibangun dengan tinggi akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Namun, karena belakangan cuaca terasa lebih panas dari biasanya, banyak yang akhirnya menggunakan alat pendingin untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk. Alat pendingin yang biasa digunakan adalah air conditioner (AC) dan kipas angin. Kipas angin banyak dipilih karena harganya yang lebih ekonomis dan daya listriknya tidak terlalu tinggi.

Karena digunakan hampir setiap hari, terkadang kipas angin juga kerap mengalami beberapa permasalahan. Salah satu yang paling sering terjadi adalah baling-baling kipas yang tak mau berputar dan hanya berdengung saat dinyalakan.

Buat kamu yang mengalami masalah serupa, jangan buru-buru membawa kipas angin ke tempat servis karena ternyata ada cara mudah untuk mengatasinya lho. Seperti yang dilakukan oleh akun TikTok @berbagidunia. Ia membagikan trik untuk memperbaiki baling-baling kipas yang tak mau berputar dengan menggunakan satu jenis cairan.

trik atasi kipas angin tak berputar pakai 1 jenis cairan © berbagai sumber

foto: TikTok/@berbagidunia