Brilio.net - Sebelum membangun sebuah hunian, biasanya para pemilik rumah akan menentukan dan memilih material yang akan digunakan untuk membuat struktur bangunan. Ada yang memilih untuk menggunakan material kayu untuk membangun hunian karena terkesan natural.

Jenis kayu yang biasa digunakan sebagai material rumah adalah kayu jati, kayu kamper, hingga kayu ulin. Material kayu banyak digunakan karena dapat dibentuk sesuai dengan keinginan. Selain itu, kayu juga mudah didapat, lebih ekonomis, dan memiliki daya tahan yang baik terhadap listrik dan bahan kimia.

Material kayu kerap digunakan sebagai bahan pembuat daun pintu, lubang sirkulasi udara, kusen jendela, kusen pintu, dan masih banyak lagi. Namun, seiring bertambahnya usia bangunan, material kayu juga akan mengalami keropos. Salah satu penyebabnya adalah hewan rayap.

Material kayu yang dimakan oleh rayap akan terlihat berlubang dan tampak rapuh. Kayu yang keropos dimakan rayap pun bisa membuat kayu menjadi lapuk. Kalau sudah begini, mau nggak mau kayu harus diganti dengan yang baru. Tapi, kalau kamu ingin mencoba memperbaiki bagian kayu yang dimakan rayap tanpa mengganti dengan yang baru, kamu bisa mencoba trik satu ini lho.

Trik mudah tersebut dibagikan oleh @bysimey melalui akun TikTok miliknya. Melalui unggahan video, ia memperlihatkan langkah-langkah menambal kusen pintu di rumahnya yang keropos karena rayap dengan menggunakan tambahan 1 bahan perekat.

trik bikin kusen pintu keropos jadi kokoh lagi bak baru © berbagai sumber

foto: TikTok/@bysimey