Brilio.net - Cerita fantasi adalah sebuah cerita yang berbentuk khayalan, angan-angan, dan imajinasi pengarang. Cerita fantasi juga dapat dipahami sebagai cerita yang menampilkan tokoh, alur, atau tema yang derajat kebenarannya diragukan baik menyangkut seluruh maupun hanya sebagian cerita. Cerita fantasi dibuat dengan penuh kreativitas dengan pengembangan jiwa khayalan pengarang dan termasuk ke dalam salah satu bentuk teks narasi. dalam cerita fantasi terdapat sebuah keajaiban, kemisteriusan, dan keanehan yang tidak biasa dijumpai dalam dunia nyata. Dengan kata lain, cerita fantasi merupakan sebuah karya tulis yang dibangun menggunakan alur cerita yang normal namun memiliki sifat imajinatif atau khayalan.

Pada umumnya cerita fantasi memiliki unsur-unsur cerita seperti tema, sudut pandang, setting, alur, penokohan, konflik, ending, dan lain-lain. Unsur tersebut dibuat dengans edikit berlebihan dan terkesan tidak akan pernah terjadi di dunia nyata. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai cerita fantasi, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Minggu (28/8).

Pengertian cerita fantasi

pengertian, ciri, dan struktur cerita fantasi © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Cerita fantasi merupakan karangan yang memaparkan terjadinya peristiwa dalam bentuk cerita yang bukan sebenarnya terjadi, melainkan peristiwa rekaan pengarang. Cerita fantasi memunculkan isi cerita yang tidak sesuai dengan dunia nyata. Meski begitu, di dalam cerita fantasi terdapat hubungan realita dengan khayalan sehingga secara sederhana cerita fantasi merupakan cerita yang berisi peristiwa fiktif berdasarkan imajinasi pengarang.

Definisi cerita fantasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Nurgiyantoro mengemukakan bahwa cerita fantasi adalah cerita yang menampilkan tokoh, alur, atau tema yang derajat kebenarannya diragukan baik sebagian cerita maupun seluruh cerita. Cerita fantasi terdiri dari unsur-unsur pembangun yang bersifat khayalan. Biasanya imajinasi penulis berperan penting dalam cerita fantasi sehingga ceritanya cenderung tidak masuk akal.

2. Menurut Taum, cerita fantasi adalah cerita fiksi bergenre fantasi yang berkisah mengenai hal yang tidak mungkin dijadikan hal biasa. Cerita fantasi memiliki cerita yang kebenaran yang diragukan dan tidak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata.

3. Kosasih menyatakan bahwa cerita fantasi merupakan cerita yang sepenuhnya dikembangkan berdasarkan khayalan, fantasi dan imajinasi.

Berdasarkan beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa cerita fantasi adalah cerita fiksi yang bergenre imajinatif dan kebenaran ceritanya diragukan. Menulis cerita fantasi dapat melatih kreativitas seseorang karena banyak menggunakan imajinasinya.