Brilio.net - Pasar bebas merupakan suatu fakta yang harus dihadapi oleh seluruh negara di dunia. Dengan adanya pasar bebas, berbagai hambatan terhadap kegiatan bisnis dihapuskan atau dikurangi baik hambatan tarif maupun nontarif. Kehadiran pasar bebas juga berperan sebagai pemecah masalah karena dengan adanya pasar bebas, jarak antara produsen dan konsumen semakin dekat, sehingga konsumen dapat memiliki barang yang berkualitas tinggi secara langsung dari produsennya. Dengan hadirnya pasar bebas, perjanjian internasional pun mulai banyak terbentuk. 

Pasar bebas juga menjadi ancaman bagi negara berkembang. Perdagangan bebas membuat negara merasa dituntut untuk siap secara mental dan perekonomian. Pelaku usaha lokal negara tersebut harus siap bersaing dengan para pelaku usaha di dunia. 

Di samping itu, meningkatnya aktivitas perdagangan pasar bebas, membuat perkembangan teknologi, komunikasi, dan transportasi. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai pasar bebas, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (25/8).

Pengertian pasar bebas

pengertian, ciri, dan tujuan pasar bebas © berbagai sumber

foto: Unsplash/Diego Catto

Istilah perdagangan bebas merupakan konsep di mana perdagangan yang tidak dibatasi oleh kebijakan pemerintah terutama terkait sektor ekspor dan impor. Perdagangan bebas antar negara memainkan peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara, di mana pengaruh dari perdagangan ini adalah peningkatan permintaan barang dari luar negeri. Perdagangan bebas juga dapat dipahami sebagai konsep teoritis yang mengandaikan berlakunya sistem perdagangan internasional yang dibebaskan dari hambatan yang disebabkan oleh ketentuan pemerintah dalam suatu negara baik yang disebabkan karena pengenaan tarif maupun nir-tarif. 

Pasar bebas berawal dari pengembangan pasar terbuka. Perkembangan budaya banyak dipengaruhi oleh transaksi perdagangan.

Istilah pasar bebas juga merujuk pada konsep perpindahan barang dan jasa di antara negara-negara tanpa rintangan politik atau ekonomi. Pasar bebas dipraktikkan di dunia karena tidak akan ada negara yang dapat memproduksi semua produk yang diinginkan dan dibutuhkan oleh rakyatnya. Terdapat beberapa definisi pasar bebas menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Adam Smith mengemukakan bahwa pasar bebas akan berfungsi sebagaimana mestinya sebagai sebuah sistem sosial yang paling utama untuk menjalin interaksi bisnis di kalangan pelaku ekonomi. Pasar bebas juga merupakan perwujudan kebebasan kodrati dan keadilan, atau merupakan perwujudan hukum kodrat dalam bidang ekonomi. Sistem pasar bebas merupakan sistem sosial harmonis yang menyerupai tatanan kosmis.

2. Menurut Friedrich A Von Hayek, pasar bebas adalah sebuah tatanan spontan yang tidak pernah dapat dikendalikan oleh satu tujuan tunggal. Pasar melayani beragam tujuan yang terpisah-pisah dan bahkan tidak dapat diperdamaikan satu dengan yang lainnya.

3. David Ricardo menjelaskan bahwa pasar bebas adalah suatu kegiatan perdagangan luar negeri yang melibatkan lebih dari dua negara yang masing-masing di antaranya akan melakukan perdagangan tanpa ada masalah dari pihak pemerintah.