Brilio.net - Kepercayaan bagi setiap orang memang sangatlah penting. Pasalnya, kepercayaan adalah keyakinan bahwa seseorang dapat diandalkan untuk melakukan atau mengatakan sesuatu yang telah disepakati. Namun, pernahkah kamu merasa dikecewakan atau dikhianati hingga akhirnya menimbulkan perasaan takut dan sulit untuk membangun rasa percaya lagi pada seseorang?

Trust issue adalah situasi ketika seseorang mengalami rasa sulit percaya pada orang lain yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu, seperti dikhianati, dikecewakan, diabaikan, dimanipulasi, dan lain sebagainya. Trust issue adalah ketidakmampuan untuk percaya bahwa seseorang dapat mengandalkan orang lain (teman, pasangan, keluarga, dan lainnya).

Memang pada dasarnya, jika tidak adanya rasa kepercayaan, maka hubungan tidak bisa dilanjutkan. Namun, awal mula rasa kepercayaan hilang terjadi ketika seseorang tidak bisa menepati janji atau tidak berkata yang sesuai. Lebih mirisnya, orang tersebut berbohong dan menyembunyikan sesuatu hal, sehingga membuat orang lain sulit untuk mempercayai.

Masalah trust issue kerap terjadi atas pengalaman pribadi di masa lalu yang sulit untuk dilupakan. Jika kondisi trust issue sudah menguasai diri, biasanya hal ini akan tampak bebarengan dengan pikiran-pikiran yang negatif. Terlepas dari apa yang terjadi, trust issue dapat dihadapi dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Nah, berikut ini telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (25/8), penyebab dan cara mengatasi trust issue.