Brilio.net - Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu.

Teknologi informasi juga dapat diartikan sebagai studi atau peralatan elektronika terutama komputer untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja termasuk dalam bentuk kata-kata, bilangan, dan gambar.

Teknologi informasi muncul sebagai akibat dari globalisasi dalam kehidupan organisasi sehingga persaingan bisnis semakin keras dan meningkatnya tuntutan selera konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.

Nah untuk mengetahui ulasan yang lebih rinci mengenai teknologi informasi, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (25/8).

Pengertian teknologi informasi

Pengertian, tujuan, dan manfaat teknologi informasi © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Secara etimologi, kata teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu "techne" yang berarti seni, kerajinan, atau keterampilan. Sedangkan informasi adalah data yang sudah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi pengguna dan dimanfaatkan pada saat pengambilan keputusan atau untuk mendukung sumber informasi sehingga teknologi informasi adalah suatu alat hasil ciptaan manusia yang dapat membantu mencari informasi, mengelola informasi, serta menyampaikan informasi kepada seseorang atau khalayak umum sebagai ilmu pengetahuan atau untuk pengambilan keputusan. Teknologi informasi berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Dengan adanya teknologi informasi dapat mempermudah manusia untuk mendapatkan informasi apa pun yang diinginkan dan juga mempermudah manusia dalam mengelola informasi yang akan mereka sampaikan kepada orang lain ataupun untuk kepentingan dirinya sendiri. Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang pengertian teknologi informasi yaitu sebagai berikut:

1. Information Technology Association of America (ITAA) mengemukakan bahwa teknologi informasi adalah ilmu yang mempelajari tentang desain, pengembangan, implementasi, manajemen sistem informasi yang berbasiskan komputer, khususnya aplikasi software dan hardware.

2. Menurut O'Brien, teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

3. Menurut William dan Sawyer, teknologi informasi merupakan sebuah bentuk umum yang membantu menghasilkan, memanipulasi, mengkomunikasikan, dan atau menyampaikan informasi.

4. Mc'Leod berpendapat bahwa teknologi informasi adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam hal ini yang dimaksud adalah perubahan informasi yang sudah diproses dan dilakukan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.

5. Menurut Whitten, teknologi informasi adalah sebuah istilah yang menjelaskan kombinasi dari teknologi informasi komputer.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi merupakan serangkaian tahapan penanganan informasi yang meliputi penciptaan sumber informasi, pemeliharaan saluran informasi, penerimaan informasi, serta penggunaan informasi.