Brilio.net - Iptek merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Iptek merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang perkembangan teknologi berdasarkan pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan teknologi harus berjalan beriringan untuk menghasilkan kemajuan dalam perkembangan global. Perkembangan Iptek memiliki dampak besar pada pengembangan sistem produksi, transportasi, dan komunikasi.

Karena itu, perkembangan Iptek menjadi sebuah keharusan bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan manusia yang berkualitas. Hal tersebut menyadarkan kita bahwa belajar tidak hanya cukup di sekolah, tetapi juga dapat ditempuh di luar pendidikan sekolah. 

Perkembangan Iptek tidak terjadi tanpa usaha yang konsisten dan terus-menerus. Untuk memahami lebih jauh mengenai Iptek dan perkembangannya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (30/6).

Pengertian Iptek

perkembangan IPTEK © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) merupakan cabang ilmu yang harus dikuasai untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Iptek juga merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh terhadap segala bidang kehidupan manusia. Berdasarkan Keputusan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Nomor 75 Tahun 2001, pusat peragaan Iptek daerah dikembangkan dengan mengajak pemerintah daerah, pengusaha, dan perguruan tinggi di daerah.

Contoh perkembangan Iptek

perkembangan IPTEK © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan pengaruh yang besar untuk masyarakat. Selain itu, perkembangan Iptek juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengeksplor hal baru melalui perangkat komunikasi dan teknologi yang telah diperbarui. Beberapa contoh perkembangan Iptek adalah sebagai berikut:

1. Adanya ponsel

Dahulu, masyarakat hanya menggunakan telepon rumah sebagai alat komunikasi. Namun, pada perkembangannya sarana komunikasi semakin berkembang dan terciptanya ponsel yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti belajar, mengakses informasi, dan masih banyak lagi.

2. Keberadaan satelit

Indonesia memiliki satelit bernama Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa yang digunakan untuk mengakses informasi dari perangkat elektronik seperti radio, televisi, dan ponsel.

3. Perangkat komputer dan internet

Kemajuan Iptek melahirkan teknologi komputer yang dapat tersambung dengan koneksi internet untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan manusia seperti keperluan bisnis, telekomunikasi, dan pendidikan.

4. Transportasi

Perkembangan Iptek juga berperan dalam kemajuan transportasi seperti terciptanya transportasi pesawat, kapal laut, kereta api, bus, dan lainnya.