Brilio.net - Secara umum, kearifan lokal dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana, serta penuh kearifan yang bernilai baik dan tertanam serta diikuti oleh anggota masyarakatnya. Istilah kearifan lokal secara bebas dapat diartikan sebagai nilai-nilai budaya yang baik yang ada di dalam suatu masyarakat.

Oleh karena itu, untuk mengetahui suatu kearifan lokal di suatu wilayah, kita harus dapat memahami nilai-nilai budaya yang baik yang ada di dalam wilayah tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kearifan berarti kebijaksanaan atau kecendekiaan sebagai sesuatu yang dibutuhkan dalam berinteraksi. Sedangkan kata lokal berarti tempat atau pada suatu tempat.

Secara substansial, kearifan lokal adalah nilai-nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat. Nilai-nilai yang diyakini kebenarannya dan menjadi acuan dalam bertingkah laku sehari -hari oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, kearifan lokal merupakan entitas yang sangat menentukan harkat dan martabat manusia dalam komunitasnya.

Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai kearifan lokal, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Jumat (26/8).