Brilio.net - Dewasa ini sudah banyak lembaga sosial yang memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda serta bergerak di berbagai bidang. Tak jarang dengan adanya lembaga sosial dapat membantu masyarakat untuk mengakses hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik.

Lembaga sosial atau yang sering disebut dengan lembaga kemasyarakatan, merupakan lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antarmanusia ketika menjalani kehidupan sosial dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.

Dalam artian lain, lembaga sosial memiliki anggota yang terdiri dari masyarakat untuk berkumpul menjadi satu karena memiliki tujuan dan visi misi yang sama. Maka dari itu, setiap anggota yang tergabung dalam lembaga sosial akan terikat pada peraturan yang dibuat dan wajib dipatuhi.

Secara umum, lembaga sosial yang terbentuk dalam kehidupan bermasyarakat akan selalu berbeda dengan lembaga lainnya. dari perbedaan ini menjadi suatu latar belakang yang melandasi terbentuknya lembaga sosial.

Lebih lanjut, untuk memahami lembaga sosial lebih dalam kamu juga perlu menyimak fungsi dan cirinya, berikut telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/6).